Saturday, August 3, 2019

Inilah Cerpen Tentang Silaturahmi Beserta Maknanya

Majalah Lampung – Berikut ini adalah cerpen tentang silaturahmi yang bermakna, memotivasi dan tentunya memiliki nilai dalam islam. Jika ditinjau segi Bahasa, silaturahim berasal dari bahasa Arab, ‘sillah ar-rahim’ (Shillah), artinya hubungan rahim; tali kasih sayang. Jadi kata ‘silaturahim’ ini merujuk pada hubungan kekeluargaan. Ikatan janin, ikatan darah daging. (Dari berbagai sumber).

Ista

Umat islam memandang bahwa silaturahmi adalah bagian penting dalam kehidupan. Allah berfirman dalam Al Quran. “Maka apakah kiranya jika kamu berkuasa kamu akan membuat kerusakan di muka bumi dan memutuskan hubungan kekeluargaan (silaturrahim) “? (QS. Muhammad ayat ke 22). Firman tersebut sebagian contoh dari banyaknya ayat yang mengatakan tentang silaturahmi.

Selain ayat al-quran, banyak juga hadist yang menyebutkan keutamaan menjalin silaturahmi. ”Siapa yang ingin rezekinya diperluas dan umurnya panjang maka hendaknya ia bersilaturrahmi.” (HR. Bukhari. Hadist tersebut menerangkan bagaimana silaturahmi menambah rezeki dan memanjangkan umur.

Pada kesempatan ini, tim Majalah Lampung akan memberikan contoh Cerpen Tentang Silaturahmi. Cerpen ini menceritakan seorang asisten yang mendapat manfaat dari bersilaturahmi. Kemudian ia mendapatkan saudara baru.


“Berkah Silaturahmi”


Pagi yang tak baik, tadi malam aku tak mendapat waktu tidur yang cukup. Begadang sampai jam tiga dini hari dan kudu bangun jam lima subuh. Mata sembab, dan langkah kaki lemasku memulai pagi itu dengan bismillah. Serasa kurang darah akibat kurang tidur, itu diaknosaku terhadap keadaanku.

Tol Jagorawi. Ya , dengan penuh rasa letih itu. Aku sampai juga di Tol Jagorawi. Subuh itu aku dan bosku menuju Puncak Bogor untuk bertemu dengan markom salah satu pabrik air minum yang juga merupakan kakak kandungku sendiri. Sudah lama aku tak bertemu saudaraku. Lebaran sudah sebulan lebih memang, tapi masih bisa lah untuk maaf maafan.

Sayangnya ada laka lantas saat itu. Macet parah, bising suara kendaraan mendambah derita rasa Lelah pagi itu. “Ah, kok bisa-bisanya sih ada kecelakaan. Bikin macet aja” Ucap kesal bos perempuan yang terlihat menekuk wajahnya.

Aku diam saja. Jujur perutku keroncongan. Semalam begadang Cuma minum kopi dan membakar jagung. Perutku kurang bersahabat jika tidak makan dengan nasi. Pagi ini pun aku belum menyempatkan untuk sarapan. Ocehan, keluhan dan juga macet itu menambah rasa kesal.

Hampir dua jam. Belum juga macet ini terurai. Bibirku mulai kering karena AC mobil yang sangat dingin. Tak terasa hingga pukul 8 pagi sudah. “Jam 8 ya, buset deh” teriak bosku yang melihat jam tangannya. “Jam 8 kan harusnya kita dah sampai Bogor ” Jawabnya sendiri. Aku pun menaggapi dengan senyum tipis.

Meski macet sudah terurai. Tapi jalanan ramai. Papan informasi digital di jalan tol pun menuliskan bahwa arah ke Bogor Ramai Lancar. Pedal gas ku injak dalam, aku menyelip. Menyalip zig zag. Bosku terlihat senang dengan gaya menyetirku itu.

Jam 10. Sampai juga. Suasana perusahaan yang sejuk, pegawai yang ramah menyambut kami. Di depan kantor ada bukit yang tinggi, kemudian ada sungai kecil yang melintas dipinggiran perusahaan. Kombinasi itu membuat mata lelahku sedikit terobati. Pak husni menyambutku. Pelukan hangat kuterima. Lebaran lalu aku bermaaf-maafan by phone, kini aku bertemu.

Seperti biasa ruangan 3 kali 3 di kantornya menjadi ruang tamu kami. Secangkir kopi hangat dan sepiring bala bala (bakwan) menemani perbincangan pagi menjelang siang itu. Dan seperti biasa, pak husni menceritakan perusahannya dengan berapi-api. Sampai tercetus ide.

“Saya punya ide, kita bertiga buat perusahaan” Saya dan bos kaget. Dia menjelaskan detail ide. Papan tulis di ruangganya penuh bagan dan konsep. Ia menceritakan bahwa dia punya titik strategis di berbagai wilayah. Wajah muramku berubah jadi sumringah, begitu juga bosku.  Tak lama, kami pulang. Menyisakan grup wa. Sebulan kemudian kami bertiga sepakat mendirikan perusahaan air mineral dengan konsep baru.


----------Selesai---------


Makna cerpen tersebut adalah bukti bahwa silaturahmi itu mendatangkan rezeki. Pertemuan Rifai, seorang asisten dengan markom perusahaan clent bosnya itu. Nah, itulah cerpen tentang silaturahmi beserta maknanya. Semoga bisa mengambil hikmah dari cerita khalayan ini.

Penulis: Fahliman 

Thursday, August 1, 2019

Ini Toko Rusdy Kota Metro Lampung

Majalah Lampung – ( Toko Rusdy Kota Metro Lampung ) Pakaian menjadi kebutuhan primer selaian pangan dan papan. Walau saat ini toko online mejadi primadona, namun yang ofline tetap saja masih digandrungi konsumen. Di Kota Metro, toko-toko pakaian dan grosir maupun penjual di pasar tradisional masih banyak.

Toko Rusdy Kota Metro Lampung
Ist

Segment ofline masih ramai peminat meskipun pasar online terus menyedot konsumen utuk berlangganan. Salah satu penjual ofiline di kota metro adalah Toko Rusdy. Toko Rusdy Kota Metro Lampung adalah salah satu toko atau grosir yang terkemuka di Kota Metro Lampung. Toko ini cukup terkenal dan banyak yang menjadikan sebagai tujuan membeli. Toko Rusdy adalah Grosir Pakaian Jadi, Dewasa dan Anak-Anak, toko ini beralamat di Ruko Megamall Imopuro Metro Pusat Kota Metro.

Sebelumnya, tim majalah Lampung juga pernah membuat daftar grosir baju di Metro Lampung. Toko ini masuk kedalam salah satu list alamat yang direkomendasikan. Toko Rusdy Kota Metro Lampung ini letaknya strategis di pusat kota, sehingga cukup mudah untuk menjangkaunya.  Berikut ini adalah jam buka tokonya:

Sen: 07.30–16.30
Sel: 07.30–16.30
Rab: 07.30–16.30
Kam: 07.30–16.30
Jum: 07.30–16.30
Sab: 07.30–16.30
Min: 07.30–16.30

Info Kotak dan Website

Telepon: 0811-791-406
Website: toko-rusdy (dot) business (dot) site

Untuk memudahkan dalam pembayaran, toko ini menyediakan pembayaran via kartu kredit. Hal ini terlihat dari halaman situs yang mengatakan bahwa “bisa gesek semua kartu tanpa kena biaya tambahan 😁” . Namun dari situnya, kami tidak menemukan harga pakaian yang dijual.

Untuk barang-barang yang dijual berikut ini listnya; hordeng, taplak meja, baju, gamis, busana muslim, jual taplak rempel, tutup saji, tutup kulkas, tutup tv dan lain-lain.

Nah itulah sedikit info mengenai Toko Rusdy Kota Metro Lampung. Anda juga bisa membaca bakso enak di metro atau mie ayam enak di metro. Ulasan lain tentang metro juga bisa and abaca dengan mencari di kolom searc majalah lampung yang ada di pojok kanan atas. 

Wednesday, July 31, 2019

15 Toko Grosir Baju di Metro Lampung Beserta Alamat


Majalah Lampung – Mencari Toko Grosir Baju di Metro Lampung sebenarnya tidak susah. Tapi bisa juga dibilang susah. Jadi, susah susah gampang. Anda bisa melihat daftar alamat grosir baju di metro yang kami referensikan dibawah ini.

Toko Grosir Baju di Metro Lampung
IST

Grosir atau mendistribusikan diartikan sebagai penjualan barang atau merchandise kepada pengecer, pengguna bisnis industri, komersial, institusi atau profesional, atau kepada penggrosir lainnya dan jasa terkait. Membeli di grosir lebih murah disbanding di toko. Namun umumnya ada Batasan minimal pembelian. Bagi anda yang ingin membeli baju di grosir baju Metro Lampung berikut ini adalah alamat, nomor telepon dan nama grosirnya.

Toko Rusdy
Alamat: Ruko Megamall, Imopuro, Kec. Metro Pusat, Kota Metro, Lampung
Telepon: 0811-791-406

Baju Murah Metro
Alamat: Perumahan Prasanti Garden, Jl. Cendana No.1, Metro, Kec. Metro Pusat.
Telepon: 0821-7999-8699

Ayu Hijab Shop
Alamat: Jl. Mr Gele Harun No.29, Metro, Kec. Metro Pusat, Kota Metro.
Telepon: 0857-8372-8372

Toko Rima, Cabang Cendrawasih
Alamat: Pasar Kopindo Ruko no. 20, Hadimulyo Bar., Kec. Metro Pusat, Kota Metro
Telepon: 0813-6901-4960

toko baju batam ningsih
Alamat: Metro, Kec. Metro Pusat, Kota Metro, Lampung 34124
Telepon: (0721) 42142

Mulyosari Boutique
Alamat: Jl. Piagam Jakarta No 27, Mulyosari 16 Polos, Metro Barat, Ganjaragung, Metro Barat.
Telepon: 0857-1211-1115

Toko Grosir Jilbab Murah Ashima Diponegoro
Alamat: Jl. Diponegoro No.37 22, Hadimulyo Tim., Kec. Metro Pusat
Telepon: 0899-2333-083

Toko Anisa
Alamat: Jl. Veteran No.46, Hadimulyo Bar., Kec. Metro Pusat, Kota Metro
Telepon: (0725) 45022

Toko Pakaian MUSTAQIM Grosir & Eceran
Alamat: ruko mega mall, Imopuro, Central Metro, Metro City, Lampung 34125
Telepon: 0815-4084-5810

Grosir Trendy
Alamat: JL. Bandar Marga 11, No. 15B, Metro, RT. 22/ RW. 08, Yosodadi, Metro Tim., Kota Metro, Lampung 34125
Telepon: 0812-1414-3210

Toko Baju Collection
Alamat: Iring Mulyo Jl. Palapa I No.15A, Iringmulyo, Metro Tim., Kota Metro
Telepon: 0857-6810-4974

Grosir Pakaian Wulan 29
Alamat: Jl. Kutilang, Karangrejo, Metro Utara, Kota Metro, Lampung 34114

grosir pakaian arya 29
Alamat: Jl. Kutilang, Karangrejo, Metro Utara, Kota Metro, Lampung 34114

Itulah informasi singkat mengenai 15 Toko Grosir Baju di Metro Lampung Beserta Alamat. Semoga bisa membantu anda sebelum berbelanja. Anda juga bisa membaca ulasan terkait di Metro seperti toko kue dimetro dan bakso enak di metro.

Tuesday, July 30, 2019

20 Toko Kue Di Metro Lampung Beserta Alamat


Majalah Lampung – Ada beberapa alamat toko kue di Metro Lampung yang anda bisa datangi. Tokonya tersebar di beberapa titik dan bisa menjadi pilihan untuk anda yang akan membeli kue. Kue ulang tahun, kue tar dan berbagai macam kue lainnya adalah kue yang dimaksud.

toko Kue Di Metro Lampung
Ist

Anda bisa memilih sesuai dengan lokasi atau kebutuhan. Misal, anda memilih yang lebih dekat dari rumah. Atau juga misal anda memilih kebutuhan kue. Jika anda akan membeli pancake durian, maka anda bisa membeli di toko yang menyediakannya. Ada juga nomor telepon atau kontak yang bisa dihubungi.

Kue Tart Metro (Sweet Land Bakery)
Alamat: Jl. Ahmad Yani No.141, Iringmulyo, Metro Timur., Kota Metro, Lampung
Telepon:0815-8429-1698

Delfans Donuts
Alamat: Jl. AH Nasution, Yosorejo, Metro Timur., Kota Metro, Lampung
Telepon: (0725) 41922

Toko Kue Bu Tejo
Alamat: Jl. Kerinci No.48, Yosorejo, Metro Timur., Kota Metro, Lampung
Telepon:0852-6973-9544

Jaya Bakery Metro
Alamat: Jl. Ahmad Yani No.56, Iringmulyo, Metro Timur., Kota Metro, Lampung
Telepon:0813-7761-4405

Toko Kurnia Cake
Alamat: Jl. Selagai, Iringmulyo, Metro Tim., Kota Metro, Lampung

Sweet Land Bakery
Alamat: Jl. Parkit No.15A, Iringmulyo, Metro Timur., Kota Metro.
Telepon:0823-7327-5817

Lampung Banana Foster
Alamat: Jl. Jendral Sudirman, Imopuro, Kec. Metro Pusat
Telepon:0812-9512-3985 (  alamat banana foster metro Lampung )

Flamboyan Cake
Alamat : Gg. Lambang I, Metro, Kec. Metro Pusat

Donat Donut
Alamat: JL. AH. Nasution, No. 142, Metro Timur, Yosodadi, Metro Tim., Kota Metro, Lampung 34381
Telepon:0819-7951-836

SENNA CAKE Diponegoro Metro
Alamat: JL. P. Diponegoro No.40 B, Imopuro, Kec. Metro Pusat
Telepon:0815-4152-1830

Cipa Cakes
Alamat: Jl. Stadion, Tejosari, Metro Tim., Kota Metro

Melita Bakery
Alamat: Jl. Jendral Sudirman, Ganjaragung, Metro Bar., Kota Metro, Lampung 34121
Phone:0813-6972-2436

Pabrik Roti Zahra
Address: Jl. Tongkol No.14, Iringmulyo, Metro Tim., Kota Metro 
Phone:0853-5749-6983

Tata Cake's
Address: Jl. Wijaya Kusuma No.69, Metro, Kec. Metro Pusat, Kota Metro
Phone:0812-7939-8261

Toko Kue Bu Topo
Address: Imopuro, Metro Pusat, Metro, Metro City, Lampung 34111
Phone:0813-7766-0166

Sweet Land Bakery
Address: Jl. Soekarno Hatta, Ganjarasri, Metro Bar., Kota Metro, Lampung 34121
Phone:0823-7327-5817

Toko Bahan Kue & Jajanan Pasar Bu Nendes
Address: Jl. Pattimura, Gg. Hidayah No.11, Banjarsari, Metro Utara,

Phone:0853-7950-7590

Keysha cake & cookies
Address: Jl. AH Nasution No.kelurahan, Yosodadi, Metro Tim., Kota Metro
Phone:0822-8171-3215

Rin's cake
Address: Unnamed Road, Yosomulyo, Kec. Metro Pusat, Kota Metro
Phone:0822-8901-2928

ALYA CAKE
Address: Jl. Semeru, Yosorejo, Metro Tim., Kota Metro,
Phone:0812-7187-0007

Nah, itulah toko kue di Metro Lampung yang bisa anda datangi. Semoga bisa menjadi referensi anda sebelum berbelanja. Anda juga bisa membaca artikel kota metro lainnya seperti bakso enak di metro , mie ayam enak di metro.

Thursday, July 25, 2019

Riset Kata Kunci Tema Jilbab dan Baju Koko Serta Sarung

Majalah Lampung - Riset kata kunci adalah cara jitu untuk menambah visitor website atau blog. Meriset kata kunci adalah langkah awal sebelum membuat konten yang ciamik (bagi yang paham). Banyak yang mengabaikan atau menganggap sepele hal ini. Padalah riset sama artinya dengan pemetaan minat konsumen. Ya, pencarian akan terekam sehingga perlu diketahui.

Riset kata kunci adalah bagian dari organik dalam digitalmarketing. Ada banyak tools online yang bisa digunakan dalam riset kata kunci. Salah satu yang akan kita bahas adalah ubersugest. Tools ini adalah salah satu yang termudah. User hanya membuka website dan kemudian meriset sesuai kebutuhan.

Blogger, marketer dan entrepreneur kudu paham dengan riset kata kunci. Tujuanya adalah menentukan target atau konten. Dengan memilih kata kunci yang tepat, blog atau website Anda akan semakin mudah untuk berada di peringkat teratas hasil pencarian. Ini dengan catatan konten yang dibuat berkualitas (Dimata mesin pencari dan pembaca). Itulah kenapa riset sangat penting. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam melakukan riset kata kunci di ubersugest yang sangat mudah:
  1. Buka ubersugest
  2. Masukan kata kunci
  3. Pilih negara
  4. Kemudian klik tombol search
  5. Kemudian akan muncul analisisnya
  6. Begini kira-kira tampilan hasil risetnya

Diatas menggunakan kata kunci jilbab. Data diatas menunjukan bahwa ada 40,500 jumlah pencarian per bulan. Untuk persaingan SEO nya ada 50 yang artinya persaingan berat. Sedangkan untuk cost per click adalah 530,86. Sangat mudah.



Kemudian dibawahnya akan muncul hasil kata kunci yang relevan dengan jilbab atau juga kata kunci relevan. Terlihat ada jilbab syari, jilbab instan jilbab organza dan lain lain. Sama seperti yang diatas, ada volume pencarian, cpc dan analisis lainnya.

Dari hasil perncarian riset itu, ada beberapa kata kunci potensial. Ini dilihat dari jumlah pencari maupun persaingan SEO yang ada di mesin pencari. Ada pencarian kata kunci sarung dan juga baju koko yang diriset dengan dua kata kunci tersebut.
  1. Hukum dan Dalil Muslim Bercadar
  2. Hukum memakai jilbab bagi kaum wanita adalah
  3. Hukum jilbab syari
  4. Hukum Jilbab punuk unta
  5. Hukum memakai jilbab tapi rambut kelihatan
  6. Bolehkan jilbab bermotif
  7. Bolehkan memakai jilbab warna warni
  8. Toko Online Jilbab di Indonesia
  9. jilbab wanita muslimah menurut al-qur'an dan as-sunna
  10. pakaian sunnah wanita
  11. pakaian wanita muslimah menurut syariat islam
  12. jilbab menurut islam yang benar
  13. batasan jilbab syar'i
  14. hadits tentang adab berpakaian bagi wanita
  15. hijab syari itu apa
  16. baju koko adat Betawi
  17. hukum pakai baju koko putih
  18. asal usul baju koko
  19. Penelusuran yang terkait dengan baju jumatan
  20. sunnah pakaian hari jumat
  21. sunnah memakai baju putih di hari jumat
  22. bagaimanakah pakaian yang disunahkan untuk melaksanakan salat jumat
  23. pakaian yang dipergunakan oleh orang yang hendak mengerjakan shalat jumat adalah
  24. Merek sarung di Indonesia
  25. Sejarah sarung
  26. Filosofi sarung
  27. Jenis jenis sarung
  28. Hokum sarung untuk solat
  29. sarung yang lagi trend

Nah itulah sedikit bagi pengalaman kami tentang Riset Kata Kunci Tema Jilbab dan Baju Koko Serta Sarung. Bagi anda yang ingin memakainya untuk konten dipersilahkan. Dari pengalaman saya ngeblog, riset kata kunci sangat penting. Bahkan riset kata kunci tinggi harganya dimana marketers yang melek era digital (Baca Juga: Contoh digital marketing di Indonesia )

Monday, July 22, 2019

Kata Kata Buat Pacar Yang Sibuk Dengan Hobinya


Majalah Lampung – Apa saja kata kata buat pacar yang sibuk dengan hobinya ? Ada banyak ungkapan, quotes, kalimat atau caption yang bisa menggambarkan perasaan hati untuk pacar yang sangat sibuk dengan aktivitas hobinya. Dalam beberapa saat, ada saja kegadegan hati yang membuat ini harus diungkapkan.

Kata Kata Buat Pacar Yang Sibuk Dengan Hobinya
ist

Sebuah hal yang sebenarnya berat untuk dipilih. Ya, pilih hobi atau pacar ? Keduanya penting. Tapi sebenarnya hobi punya banyak manfaat dan pacaran bisa banyak mudorotnya. Hobi membuat plong karena ada yang tersalurkan sedangkan pacarana justru bisa mendatangkan keburukan karena mendekati zina.

Kata kata buat pacar yang sibuk dengan hobinya kali ini bisa anda gunakan untuk mencurahkan isi hati yang ada. Alasan mengungkapkan adalah mencegah adanya mis komunikasi, mengurangi tekanan hidup, mengetahui siapa dan apa yang penting dalam hidup dan memberikan penilaian diri sendiri. Terlepas pasangan anda akan memilih hobinya atau anda, itu adalah kedewasaan masing-masing untuk berdamai dengan keaadaan.

Semangat Positif Untuk Pacar

Aku menunggu dirimu beserta hal yang kamu suka itu
Tak masalah dengan hobimu itu sayang, hobi adalah bagian dari dirimu yang aku terima dengan lapang
Haruskah aku menghambat laju kesukaanmu itu ? Kurasa tidak
Cantikmu, amarahmu dan hobimu adalah akumulasi dari dirimu yang aku pun menyukainya
Akankah aku bercerita pada cucu kita kelak, aku melarangmu bermain kuda
Silahkan kau menonton sepak bola hingga larut, aku hanya tak ingin kau lalai dalam solat wahai imamku
Aku tahu kau sayang dengan sepakbola, tapi aku sayang juga dengan kakimu itu
Aku suka dengan hobimu mengendarai motor itu, jaga keselatan dan safety riding
Mainlah, aku menunggumu
Aku tahu aku sangat terjaga, kenapa ? karena gawang saja kau jaga. Apalagi diriku yang lemah ini
Aku tau kamu Cuma bisa main futsal, kamu itu engga jago mainin aku kan 😊
Dilapangan kejarlah bola, diluar lapangan kejarlah aku sayang
Yang diatas adalah golongan kata kata menyemangati hobi pacar. Sedangkan dibawah ini adalah kata kata buat pacar yang sibuk dengan hobinya berupa sindiran atau teguran terhadapnya. Kenapa sindiran, ini untuk menjaga hubungan agar tetap berada pada jalur yang indah. Ingat, berdamai dengan keadaan adalah solusi terindah.
Jangan sampai hobi keluar malam mu itu membuat hatimu lupa dengan aku sayang
Nonton bola boleh, tapi ingat solat sayang
Dunia itu luas, sampai kapanpun kau tak kan bisa menjamah semuanya. Apalagi hanya dengan hobimu
Jangan hobimu membatasi ruang gerakmu yang luas itu
Apalah dayaku yang dinomorduakan hobi
Kamu pilih motor apa aku
Makan tuh bola
Cintaku kau duakan hanya karena hobi negatifmu itu
Sayangnya kamu sayang dia
Jangan seenaknya karena aku selalu memaafkan
Kita sama-sama sibuk, aku sibuk memikirkanmu dan kau sibuk memikirkan hobimu
Jangan terlalu sibuk dengan duniamu sendiri
Kau sudah nyaman dengan duniamu
Kau sudah nyaman dengan hobimu
Kau sudah nayaman dengan dunia barumu itu
Aku tidak membecimu, hanya saja aku berdoa kau dapat seseorang dengan hobi sama denganmu
Semoga disela kesibukan hobimu, kau mengabariku
Nah, itulah kata kata buat pacar yang sibuk dengan hobinya yang bisa anda gunakan. Anda juga bisa menggunakan kata-kata hari minggu lucu untuk menghibur diri. Sekali lagi bahwa yang terbaik adalah berdamai dengan keaadan. Karena semua akan indah pada waktunya dan menurut rencananya (tuhan). Satu pesan dari saya adalah jauhi zina atau yang mendekatinya. Salam. 

Wednesday, July 17, 2019

Kurban Jadi Mudah Dengan Kandang Qurban, Yuk Intip Websitenya


Majalah Lampung - Hari raya Idul Adha dirayakan setiap tanggal 10 Dzulhijjah. Pada perayaan itulah umat musim disunnahkan untuk berkurban. Berkurban yang dimaksud yakni mereka menyembelih hewan kurban untuk kemudian dibagi-bagikan kepada seluruh umat Islam yang lainnya.

Dalam Islam hukum ibadah kurban adalah sunnah muakkad, atau sunnah yang dikuatkan. Jika ditinjau dari dimensi vertikal ibadah kurban adalah bentuk ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT supaya mendapatkan keridhaan-Nya. Sedangkan dalam dimensi sosial, kurban bertujuan untuk menggembirakan kaum fakir pada Hari Raya Adha, sebagaimana pada Hari Raya Fitri mereka digembirakan dengan zakat fitrah.

Karena itu, daging kurban hendaklah diberikan kepada mereka yang membutuhkan, boleh menyisakan secukupnya untuk dikonsumsi keluarga yang berkurban, dengan tetap mengutamakan kaum fakir dan miskin. Allah berfirman:

“Maka makanlah sebagian daripadanya dan (sebagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara lagi fakir.” (QS. al-Hajj, 22:28)


Menurut syariat islam terdapat Kriteria-kriteria hewan ternak baik itu sapi, kambing, domba. Agar sah sesuai syariat islam berikut ini adalah persyaratannta:
1.   Untuk domba harus mencapat usia minimal enam bulan.
2.   Kambing harus mencapai usia minimal satu tahun atau lebih dari itu ( sudah berganti giginya ).
3.   Sapi atau kerbau atau lembu harus mencapai usia minimal lebih dari dua tahun.
4.   dan Unta harus mencapai usia lebih dari lima tahun.
5.   hewan kurban tidak boleh cacat seperti putus telinga atau ekornya selain itu di perbolehkan intinya cacat hewan kurban tidak boleh sampai mengurangi daging hewan tersebut

Jika berkurban dengan kambing atau domba hanya dapat dilakukan untuk satu orang berbeda dengan sapi, kerbau atau unta yang dapat dikurbankan untuk 7 orang.
Waktu penyembelihan hewan kurban dapat dilakukan setelah matahari meninggi atau sesudah pelaksanaan sholat idul adha (10 dzulhizah ) sampai terbenam matahari (13 dzulhizah) untuk pendistribusian hewan kurban. pekurban boleh mengambil atau meminta sedikit bagian untuk dirinya sendiri lalu untuk fakir miskin atau boleh seluruhnya untuk fakir miskin.
Di Indonesia secara umum ada 3 macam jenis hewan kurban yang sering disembelih yakni Kambing, Sapi dan Domba. Ketiga jenis hewan ini menjadi pilihan karena relatif tidak terlalu susah untuk mendapatkannya. Ada peternak tradisional maupun yang sudah modern yang tersebar di wilayah Indonesia.
Namun untuk memilih jenis hewan kurban tentu tidak bisa asal saja. ada beberapa kriteria bagi hewan kurban, yang memang sudah ditetapkan dalam Islam. Oleh sebab itu, perlu pembeli harus sangat berhati-hati dan cermat dalam membeli hewan untuk kurban.
Jika tidak ingin repot, kini telah hadir sebuah inovasi anak negeri bernama Kandang Qurban. Platform Marketplace Qurban yang menghubungkan Peternak dan Pengqurban dengan komitmen untuk memberikan kualitas hewan qurban yang sesuai syariat dan berkualitas.

Artinya, konsumen atau pengkurban yang was was terkait syarat hewan kurban bisa tenang jika menggunakan platfom ini. Terlebih lagi untuk jaminan kesehatan dan standar hewan, Kandang Qurban bekerjasama dengan tim dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Sehingga Kandang Qurban sudah secara kesehatan dan standar memenuhi syariat Islam.
Kandang Qurban hadir untuk membantu dalam mendapatkan hewan kurban terbaik karena Kandang Qurban hanya menyediakan hewan kurban terbaik dari para peternak terbaik. Untuk Mitra kelompok peternak sendiri berada di Lampung, Nusa Tenggara Barat (NTB), Bandung, Jabodetabek, Garut, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Samarinda.

Anda yang berniat untuk berkurban bisa berkunjung langsung ke situs resmi Kandang Qurban di https://kandangqurban.com/ . Anda bisa memilih hewan untuk berkurban hanya dalam gengaman saja. Mudah dan tentunya sudah sesuai dengan syariat islam.
Join Our Newsletter