Saturday, December 30, 2017

Begini Cerita Mistis Gunung Sukma Ilang Pesawaran

Majalah Lampung - Cerita Mistis Gunung Sukma Ilang Pesawaran. Pernahkah anda mendengar tentang cerita mistis yang ada di Gunung Sukma Ilang atau Gunung Betung?  Jika anda mencari di dunia maya, anda akan menemukan beberapa artikel mengenai hal-hal yang mistis, angker yang terjadi di kawasan hutan di Gunung yang tak jauh dari Kota Bandar Lampung.

Beberapa waktu lalu salah seorang tim kami bersama seorang blogger asal Lampung (Trip Guwe Xyz) berkunjung ke rumah salah seorang individu kunci berinisial S A warga Desa Sungai Langka. Ia bercerita mengenai hal-hal mistis yang selama ini pernah terjadi di Gunung Sukma Ilang atau Gunung Betung ini.

Dari sekitar pukul 20:00 sampai hampir pukul 01:30 (dini hari) kami penuh penasaran mendegar cerita Mistis Gunung Sukma Ilang atau Gunung Betung di Pesawaran.  Dan ternyata memang ada banyak sekali kisah-kisahnya.

Gunung Sukma Ilang Pesawaran

Sejarah Kenapa Dinamai Gunung Sukma Ilang
Penyebutan nama Sukma Ilang ini berdasarkan kepada beberapa kasus pendaki gunung atau orang yang hilang tak kembali lagi ketika mendaki gunungnya. 

Pak S A juga menceritakan bahwa dahulu kala saat jaman penjajahan ada sebuah beberapa aulia (tokoh penyebar agama islam) yang bersembunyi dari tentara Belanda saat perang. Para aulia tersebut bersembunyi di Gunung Betung dan didatangi oleh satu kompi tentara Belanda, namun tentara Belanda yang mendatangi tersebut hilang, dan yang tersisa hanya pakaian mereka saja.


Kasus Orang Hilang di Gunung Betung atau Gunung Sukma Ilang
“Baru sekitar 2 bulan kemarin ada kakek-kakek hilang dan belum ketemu” ujar pak S A saat kami bertanya. “Kalau gak percaya googling aja” tambahnya. 

Kami pun langsung membuka gadget dan mengetik kata kunci “orang hilang di Gunung Betung”, hasilnya ada beberapa media lokal dan nasional yang memberitakan tentang kakek berumur 70 tahun yang hilang di Gunung Betung. 

Selain itu juga ada berita lain yang memberitakan kejaidan orang yang hilang di gunung ini. Ia lalu menceritakan kronologi kakek yang hilang tersebut. Kakek tersebut umurnya sekitar 70 tahun, profesinya sebagai penjaga kuburan Cina di Pesawaran. 

Sore itu memang ada beberapa warga yang melihat kekek tersebut memegang tongkat dan menuju ke arah puncak gunung, kakek tersebut beralasan ingin membersihkan rumahnya di atas.  Warga sudah beberapa kali melarangnya karena hari sudah sore, namun ia tetap melanjutkan.

Beberapa hari kemudian ada orang yang datang ke Desa Sungai Langka dan menanyakan ciri-riri orang hilang yang mirip dengan kakek tersebut.  Warga pun meyakini bahwa ciri yang dimaksud serupa dengan kakek yang beberapa hari lalu naik ke gunung.

Lalu beberapa hari kemudia warga, keluarga dan anggota Basarnas mencari kakek tersebut, hasilnya ditemukan sebuah gubuk yang diduga digunakan kakek untuk berteduh.  Gubuk tersebut terbuat dari dedaunan dan ranting yang belum layu, kondisinya masih hijau. Kemungkinan belum lama dibuat. 

Tak jauh dari gubuk tersebut ditemukan golok milik kakek tersebut. Cucu kakek yang ikut meyakini kalau golok tersebut milik kakeknya, itu terlihat dari gagang goloknya. 

Tim pencari tesebut pun terus mencari ke arah atas, namun tetap tidak menemukan kakek tersebut. Sampai saat artikel ini dibuat (2 bulan kemudian) kakek itu belum ditemukan. Selain itu pak S A juga bercerita kasus orang hilang lainnya, dulu pernah ada seorang ajudan yang hilang di Gunung Betung. 

Ia bersama rombongan pergi ke makam keramat di puncak gunung. Namun naas ia tidak hilang di gunung tersebut. Warga sudah mencari namun tidak ditemukan lagi.

Ada Makam atau Makom Keramat di Puncak Gunung Betung
Ada dua magnet yang menjadi alasan orang mendaki Gunung Betung. Yang pertama adalah pecinta alam atau pendaki gunung yang ingin ke puncaknya.  Sedangkan yang kedua adalah adanya makam keramat yang sering dikunjungi orang untuk keperluan tertentu.

Belum diketahui secara pasti apakah itu makam atau makom. Namun menurut orang-orang, tempat itu adalah makam orang “besar” yang dahulu pernah sembunyi di Gunung Betung (para aulia). Sampai saat ini makam tersebut sering dikunjungi, bahkan dari orang luar Lampung.

Jalur Angker Gunung Betung
Ada orang yang mengatakan bahwa sebelum ke puncak betung ada sebuah jalur menuju sukma ilang.  Jika orang melalui jalur tersebut maka akan berputar-butar di satu tempat saja dan akan hilang karena tidak menemukan arah keluar. Ini yang sering dikaitkan dengan jalur angker penyebab orang hilang.

Terlepas dari semua cerita tersebut, Gunung Betung memiliki peranan penting bagi keberlangsungan hidup warga Pesawaran dan Bandar Lampung. Gunung ini juga salah satu gunung di Lampung dengan  nama yang cukup terkenal. 

Adanya gunung ini menjadi penyokong kebutuhan air dan udara segar warga, dan yang jelas musti dijaga keberadaannya. 

Terkait dengan banyaknya kejadian di luar nalar tersebut kita mempnyai sudut pandang tersendiri dalam menyikapinya, dan semoga justru mendekatkan kita kepada sang pencipta.

Itulah ulasan singkat mengenai cerita mistis Gunung Sukma Ilang Pesawaran atau Gunung Betung ini. Untuk anda yang berniat mendaki, tetap waspada dan jaga alam sekitar.

Ada juga yang mesti kalian baca mengenai: Kolam Renang Peninggalan Belanda Di Sungai Langka

Daftar Hotel Syariah di Bandar Lampung

Majalah Lampung - Hotel Syariah di Bandar Lampung. Saat ini keberadaan penginapan bertemakan syariah terus bertambah di berbagai daerah di Indonesia, termasuk Lampung. 

Wajar memang jika hal ini terjadi, karena Indonesia berpenduduk mayoritas muslim. Secara definitif hotel syariah diartikan sebagai suatu hotel yang dalam pelaksanaanya menerapkan nilai-nilai syariah.

Hotel Syariah di Bandar Lampung
Ilustrasi Hotel Syariah di Bandar Lampung


Lalu sebenarnya apa pebedaan hotel syariah dan hotel biasa (yang non syariah/konvensional). Jika pada hotel konvensional serba bebas, baik makanan, minuman, dan hiburan, namun, jika di hotel syariah pelayanan dibatasi dan harus bersertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). 

Untuk tamu yang akan menginap juga dilakukan diperiksa secara hati-hati. Artinya, tidak semua tamu bisa diterima untuk menginap di hotel syariah, misalkan pasangan laki-laki dan perempuan yang bukan muhrim. Suasana hotel juga dijaga agar kondusif dan islami.

Lalu dimana sajakah letak hotel syariah di Bandar Lampung, memang saat ini belum banyak. Namun beberapa yang ada lokasinya strategis. 

Ada yang di pusat kota, jalan by pass dan juga ada yang diluar kota namun dekat dengan bandara. Berikut adalah daftarnya:

G Hotel Syariah (Ada di Tengah Kota)
  • Alamat: Jl. Urip Sumoharjo No.182, Way Halim Permai, Sukarame, Kota Bandar Lampung,
  • Telepon: (0721) 8014455
G HOTEL dioperasionalkann dengan konsep SYARIAH dan berlokasi berada dikawasan yang dekat dengan beberapa fasilitas seperti rumah sakit dan pusat perbelanjaan. 

Letaknya ada di dalam kota. Adapun pelayanan yang diberikan Standard Hotel dangan suasana kekeluargaan (Hummy Atmosphere) serta menyediakan fasilitas:
  • 46 Kamar (Rubby Deluxe, Rubby, Safir & Zamrud)
  • Coffee Shop, Mini Store, Room Service ( buka 06:00 sampai 22:00)
  • Terrace Balkon
  • Meeting Room Lavender (Lantai 1) kapasitas 50 Orang
  • Meeting Room Delima (Lantai 3) kapasitas 100 Orang
  • Function Room Rubby  (Lantai 2) kapasitas 400 Orang
  • Musola di dalam area Hotel
  • Wifi di seluruh area publik
  • Area parkir sangat luas dan keamanan terjaga
Hotel Nusantara (Di Jalan Bypass)
  • Alamat: jalan Soekarno Hatta No 50, By Pass Bandar Lampung.
  • No Tlpon Telepon: (0721) 781555
Jika anda dari arah Pelabuhan Bakauheni, bangunan hotel ini berada di sisi kanan jalan. Jaraknya kira-kira sekitar 100 meter dari flyover kali balok sukarame.

Jika anda datang ke Lampung dengan menggunakan pesawat, ada hotel syariah yang dekat dengan Bandara Raden Intan II. Namun lokasinya tidak di Kota Bandar Lampung, melainkan di Natar (sekitar 25 menit dari kota Bandar Lampung)

Hotel Syariah Bandara (Dekat Bandara)
  • Alamat: Jl. Raya Natar KM 21, Candi Mas, Natar, Candi Mas, Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung 35362
  • Telepon: (0721) 7697000
Hotel Bandara Syariah Lampung ini adalah hotel dengan konsep modern yang dikelola sesuai syariah Islam. 

Lokasinya hanya sekitar 5 menit saja dari Bandara Radin Inten II dan sekitar 25 menit dari pusat Kota Bandar Lampung. 

Arah ke hotel ini jika anda dari bandara adalah ke arah Bandar Lampung. Bangunan hotel ada di kanan jalan.

Nah, itulah sementara untuk daftar hotel syariah di Bandar Lampung. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda.

Keunggulan menginap di hotel syariah

  • Biasanya pelayanan lebih syar'i
  • Lebih kekeluargaan
  • Fasilitas penunjang untu ibadah lebih lengkap
  • Makanan berlebel halal
  • Kenyamanan untuk beribadah pun terjamin
  • Lebih kondusif
  • Nilai-nilai islam diutamakan

Ke Dermaga Bom Kalianda, Ini Yang Bisa Kamu Lakukan

Majalah Lampung. Dermaga Bom Kalianda. Belum lama ini di Kota Kalainda terdapat salah satu spot kulineran yang baru saja diresmikan.  Tempat ini merupakan pusat pelelangan ikan terbesar di Kota Kalianda juga sekaligus dijadikan tempat kulineran

Awalnya kawasan ini hanya tempat pelelangan ikan biasa, namun setelah pemerintah membangun dan merapihkan serta memodifikasinya sehingga nuansa kekininan mampu menarik banyak pengunjung kesini.

Dermaga Bom menjadi tempat favorit warga untuk nongkrong dan bersantai menikmati pemandangan laut.  Saat sore hari, mulai dari pukul 15:00 wib tempat ini mulai ramai oleh pengunjung. Pada jam segitu juga para pedagang ikan di pasar ikan mulai ramai kedatangan ikan tangkapan nelayan dan pembeli.

Pengunjung di Dermaga Bom Kalianda ini akan memuncak pada malam hari, terutama malam minggu, mereka umumnya mengobrol bersama teman ataupun pasangan sembari berkulineran menyantap aneka makanan yang di jual pedagang.  Gemerlap lampu rumah-rumah di jejauahan yang juga nampak elok dipandang.

Gambar Demaga Bom Kalianda
Dermaga Bom Kalianda

Untuk anda yang bukan waraga Kalainda dan ingin mengunjungi Dermaga Bom ini, tek perlu khawatir kesusahan menemukannya.  Lokasinya tak jauh dari pusat kota. Kalau anda dari Masjid Agung Kalianda anda lurus saja ke arah Pasar Kalianda (lewat jalur 2). 

Ikuti jalan tersebut sampai pasar, di ujung ada perempatan belok ke kanan lalu maju dan kemudian belok kanan lagi.  Ikuti jalan sampai ada papan petunjuk yang mengarajkan ke Dermaga Bom ata PPI Kalianda di kanan jalan.

Jika anda sudah menggunakan smartphone maka bisa menggunkan google maps. Kalau sudah sampai disini, apa yang bisa anda lakukan?  Banyak sekali. Makan, nongkrong, olahraga, nyantai, ngobrol, beli ikan dan masih banyak lagi.

Gambar Kapal Nelayan di Dermaga Bom
Dermaga Bom Kalianda

Di kawasan ini anda bisa mencoba kuliner tradisional Lampung Selatan, selain itu ada juga makanan lain seperti bakso, mie ayam, somai, es dugan, dan lainnya.  Banyak pilihan kalau soal makanan dan minuman untuk santapan, tinggal pilih saja.

Untuk anda yang hobi memancing, disini terdapat spot mancing di pinggir laut. Ada bebatuan yang disusun untuk memecah ombak.  Disitulah terdapat lumayan banyak ikan-ikan, namun memang ada beberapa pemancing dari sekitar lokasi yang bisa menjadi pesaing anda nantinya.

Main skateboard, ada beberapa warga penghobi olahraga ini yang hampir setiap sore bermain skateboard di taman.  Walau belum disediakan tempat khusunya, namun ada spot yang sudah di beton sehingga dapat digunakan untuk bermanuver skateboard.

Menikmati sunset dan pemandangan gunung serta kota dapat dinikmati ketika anda di Dermaga Bom Kalianda ini. Sore hari sunset disini nampak dengan jelas.  Sayup-sayup Gunung Rajabasa dan juga himpitan rumah terlihat jelas dari sini.

Olahraga di Dermaga Bom juga bisa dilakukan, memang udaranya cukup panas ketika siang hari, oleh sebab itu kalau mau berolahraga sore hari atau pagi hari.  Anak –anak sering  bermain sepakbola di lahan sempit berumput di Dermaga Bom.

Dermaga bom ini cocok untuk mengajak keluarga, pasangan dan teman untuk bersantai. Dari pemantauan kami di tempat ini fasilitas wc dan mushola sudah disediakan, sehingga menunjang kenyaman pengunjung. 

Adanya payung raksasa yang biasa juga disebut Payung Madinah di tempat ini membuat area nampak fotogenik, tak pelak membuat banyak orang ingin berselfie di sini.

Tim kami juga menemukan salah satu masjid apik di dekat kawasan Dermaga Bom ini. Masjid Nurul Iman, berjarak sekitar 1 km dari Dermaga Bom.  Berdiri megah menghadap laut dengan cat warna hijau. Dari masjid ini nampak pemandagan laut Kalianda yang apik.

Tak jauh dari Dermaga Bom juga banyak penjual jajanan tradisional, mulai dari gorengan, lemet, kelpon, tekwan dan empek-empek serta lainnya. 

Kami juga sengaja berhenti untuk membeli makanan tersebut. Harganya hanya Rp 1000 saja per bijinya. Ternyata memang di Kota Kalianda ini banyak penjual jajanan ketika sore hari.

Gambar Jajanan Sekitar Dermaga Bom Kalianda
Dermaga Bom Kalianda

Setelah dari Dermaga Bom ini anda bisa mengunjungi beberapa tempat yang juga kami rekomendasikan di tautan berikut:

Masjid Bani Hasan Kalianda
Wisata Kota Kalianda

Nah itulah ulasan kami mengenai apa yang bisa anda lakukan di Dermaga Bom Kalianda.  Sedikit tips agar anda lebih nyaman, datanglah sore hari untuk mengurangi cuaca panas.

Ini Masjid Bani Hasan Kalainda Yang Mempesona Itu

Masjid Bani Hasan Kalianda Lampung Selatan. Mungkin banyak orang sudah mengenal salah satu masjid di Kalianda yang bernama Masjid Kubah Intan atau Masjid Agung Kalianda.

Namun nama masjid Bani Hasan belumlah cukup terkenal, hal ini karena belum lama pembangunannya.

Masjid Bani Hasan Kalianda
Masjid Bani Hasan Kalainda 

Beberpa waktu lalu tim Majalah Lampung, mengunjungi Kota Kalianda dan mampir ke Masjid Agung Kalianda. 

Disana kami melihat salah satu mobil yang memasang poster masjid megah berwarna putih dengan kubah berwarna emas. 

Awalnya kami tak mengetahui itu masjid apa, kok terlihat bagus ya. Beberapa saat kemudian kami ingat bahwa masjid tersebut beberapa waktu lalu sedang dibangun di dekat Kantor Camat Kalainda. Kami pun bergegas mengunjunginya.

Masjid Bani Hasan Kalianda ini lokasinya di jantung Kota Kalianda. Alamat lengkapnya di Desa Kedaton Kecamatan Kalianda Lampung Selatan. 

Dari Stadion Raden Intan II kira-kira jaraknya 200 m. Kalau anda dari Jalan Lintas Sumatera, masuk ke jalan dalam kota via tugu Raden Intan. 

Maju sekitar 500 meter maka bangunan masjid nampak megah di kiri jalan.

Masjid ini ternyata telah diresmikan oleh ketua MPR Zulkifli Hasan pada hari jumat 5 mei 2017 lalu. Masjid atau mesjid adalah rumah tempat ibadah umat Islam atau Muslim. 

Masjid artinya tempat sujud, dan sebutan lain bagi masjid di Indonesia adalah musholla, langgar atau surau. 

Dalam hal ini Zulkifli Hasan mengatakan Masjid Masjid Bani Hasan Kalianda dibangun untuk kepentingan ibadah umat Islam, kami bangun untuk menghormati orang tua kami. 

Mudah-mudahan masjid ini bermanfaat untuk masyarakat sekitar sebagai sarana ibadah.

Sore itu memang terlihat beberapa orang sedang melaksanakan solat ashar. Ternyata masjid ini juga pernah digunakan solat idul fitri oleh raja dangdut H. Rhoma Irama, ia juga sekaligus menjadi imam dan kotib pada kesempatan tersebut.

Masjid ini dibuka untuk siapa saja, siapapun boleh beribadah dan menimba ilmu di masjid ini. Masjid ini jarang sekali sepi, ada saja orang yang datang untuk solat disini.

Komplek masjidnya sejuk, bersih dan ditanami pohon yang rindang, di sisi kanan kiri jalan pun dirapihkan dan di beton. Bunga-bunga disusus rapih menambah indah kompleknya.

Masjid ini buka 24 jam, dan terdapat ustad yang siap memberikan ceramah di masjid. Keberadaan masjid ini dimanfaatkan juga oleh pemerintah untuk dijadikan sebagi begkel iman. 


Disini para pejabat Lampung Selatan biasa melakukan pengajian.

Nah, jadi ketika anda ke Kota Kalianda tidak ada salahnya mapir ke Masjid Bani Hasan ini untuk beribadah dan juga melihat kemegahannya. 

Meski tidak lebar, tapi kapasitas masjid Masjid Bani Hasan mampu menampung banyak jemaah, tempat parkirnya pun luas.

Friday, December 29, 2017

Ini Tempat Wisata di Kalianda dan Sekitarnya yang Menarik

Majalah Lampung - Tempat wisata di Kalianda. Kota Kalianda memilki letak geografis yang sangat potensial.  Lokasinya ada di pesisir pantai dan juga kaki Gunung Rajabasa sehingga panorama yang disajikannya terlihat indah.  Ketinggian Gunung Rajabasa sekitar 1281 mdpl menjadi background cantik Kota Kalianda.

Kota Kalianda adalah kota pertama yang akan anda injak jika dari arah Pulau Jawa via Jalan Lintas Sumatera.  Jadi jika anda mendatangi Pulau Sumatera via Pelabuhan Bakauheni, bisa mampir terlebih dahulu ke beberapa tempat wisata disini.

Tak susah sebenarnya menemukan lokasi wisata di Kalianda.  Pemerintah Lamsel juga terlihat membenahi beberapa fasilitas yang ada di Kota Kalianda.  Tercatat beberapa bangunan di kota ini menjadi tujuan ber rekreasi seperti Masjid Agung dan Dermaga Bom dan pantai-pantai di Kalianda.

Beberapa waktu lalu tim Majalah Lampung berkeliling Kota Kalianda untuk mencari Tempat wisata di Kalianda dan sekitarnya.  Suasana kota Kalianda terbilang belum cukup ramai jadi masih nyaman untuk bersantai.

Berwisata Kuliner Sambil Menikmati Sunset di Dermaga Bom, Masuknya Gratis Lagi:)

Tempat Wisata di Kalianda
Dermaga Bom (Foto: priyogihadi.blogspot.co.id)

Kawasan wisata ini dulunya adalah tempat pelelangan ikan, namun saat ini teah di modernisasi menjadi pusat kulineran di Kalianda.  Meskipun demikian, pasar ikan masih tetap ada, dan juga telah di rapihkan hingga terlihat higenis.

Di lokasi ini banyak penjual makanan yang setiap hari membuka lapaknya.  Makanan pun beragam, mulai dari jajanan kaki lima sampai ke kuliner yang berat. Ada Juga berbagai permaianan untuk anak-anak. Adanya Dermaga Bom Kalianda ini dimanfaatkan warga kota untuk bersantai. 

Banyak juga pemuda yang berolahraga di area yang menghadap langsung ke laut dan juga berlatar belakang Gunung Rajabasa ini.

Masjid Ikonik di Pusat Kota, Masjid Kubah Intan Kalianda
Masjid Agung Kalianda ini digunakan untuk warga dalam menjalankan ibadah. Selain itu, komplek masjid yang sejuk menjadi incaran warga dan orang yang berlintas untuk mampir dan beristirahat. 

Di depan masjid juga berjejeran kantin yang bisa menjadi alternatif mengisi perut anda, aneka jajanan dan penganan tersaji disini. Masjid ini juga bisa dijadikan destinasi wisata religi.

Tempat Wisata di Kalianda
Masjid Kubah Intan (Foto Instagram @masjid_lampung)

Masjid Bani Hasan yang Fotogenik
Kalianda tidak hanya memiliki masjid agung saja, belum lama ini diresmikan sebuah masjid nan megah di pusat Kota Kalainda bernama Masjid Bani Hasan. 

Kubah berwarna keemasan dan cat masjid berwarna putih menjadi kolaborasi warna yang apik.   Lokasinya ada di depan kantor camat Kalianda, dekat dengan Stadion Raden Intan II.

Tempat Wisata di Kalianda
Masjid Bani Hasan

Menikmati Sunset, di Pantai Grand Elty Krakatoa
Di pantai ini sudah dikelola dengan apik, oleh sebab itu kondisinya juga sudah bagus.  Dari pantai ini terlihat pemandangan Gunung Rajabasa dan ketika sore hari sunset di Pantai Grand Elty Krakatoa sangat indah. 

Pantai ini adalah salah satu yang terbaik di Kalianda. Pengelola juga meneyediakan penginapan yang bisa di sewa.

Lokasinya dekat dengan jalan lintas Sumatera, kalau anda dari Pulau Jawa ada di sisi kiri jalan. Petunjuk arah ke pantai ini pun sangat jelas dan banyak.

Selfie dan Nyantai di Pantai Embe
Pantai ini berada tak jauh dari Grand Elty Krakatoa. Dari sini nampak pemandangan yang hampir serupa dengan di Grand Elty Krakatoa.  Baru-baru pantai embe cukup menghiasi sosial  media isntagram dengan adanya sebuah objek unik untuk berfoto.

Merasakan Kesejukan Air Terjun Way Kalam
Air terjun ini berada agak jauh dari Kota Kalianda. Sekitar 20 menit perjalanan. Jalan menuju ke air terjun way kalam ini cukup menantang kaerna banyak tanjakan.

Air Terjun Way Kalam (Foto: Tripguwe.xyz)



Mantai di Marina
Pantai Marina Kalianda sebenarnya menyimpan pemandangan yang bagus. Ada batu karang yang nampak di permukaan yang terhampar cukup lebar.  Namun memang tak sedikit yang mengidentikan pantai ini dengan aura “mistis”.

Mampir Dulu ke Menara Siger
Sayang sekali kalau anda ke Kalianda tidak mampir ke bangunan yang ikonik ini. Kalau turun dari kapal di Bakauheni, banguannya nampak megah.  Dari atas menara nampak pelabuhan dan juga selat sunda. Anda juga bisa melihat koleksi adat budaya Lampung di dalamnya.

Mamcing ke Pantai Tuha
Pantai ini terletak di Kecamatan Bakauheni, sekitar 20 menit dari Kota Kalianda.  Selain laut biru yang indah, di pantai ini juga banyak ikan sehingga recomended untuk anda yang hobi memancing.  Di pantai ini juga terdapat menara mercusuar yang bisa dijadikan untuk melihat pemandangan laut.

Itulah beberapa tempat wisata di Kalianda dan sekitarnya yang bisa jadi alternaif untuk berlibur anda.  Sebenarnya masih sangat banyak tempat tempat lain yang juga menyajikan panorama yang bagus.

Tags: Wisata Kalianda | Pantai di Kalianda | Masjid di Kalianda | Air Terjun di Kalianda | Tempat Romantis | Tempat Religi |

Ini Kampung Durian di Bandar Lampung

Majalah Lampung - Ini Kampung Durian di Bandar Lampung. Mungkin banyak orang yang belum mengetahui kalau di Bandar Lampung terdapat salah satu kampung yang menjadi sentra durian. Desa tersebut adalah Desa Sumber Agung Kecamatan Kemiling Bandar Lampung.

Kampung Durian di Bandar Lampung
Buah durian Lampung

Tidak jauh dari pusat Kota Bandar Lampung, desa ini ada di bawah Gunung Betung Betung dan berbatasan dengan kawasan hutan Taman Hutan Raya Wan Abdul Rahman atau sering dikenal Tahura WAR.

Kampung Durian Sumber Agung Bandar Lampung ini reseprentasi dari hasil hutan non kayu yang dihasilkan, sekaligus menjadi penegas eksisnya durian Lampung. 

Dalam hal ini juga pemerintah ikut mendorong dengan diselenggaraknnya “Fesstival Durian Lampung” yang diisi dengan lomba dan acara makan ribuan durian secara gratis pada tahun 2016 dan 2017 lalu di penangkaran Rusa Sumber Agung.

Letak Kampung Durian Sumber Agung ini sekitar 10 km saja dari Terminal Rajabasa. Jika anda dari arah terminal, untuk sampai kesini melewati Jalan Pramuka. 

Setelah sampai di pasar Kemiling (terminal), lanjutkan ke arah JL Tueku Cik Ditro, Beringin Raya. Ikuti jalan yang ke arah taman kupu-kupu atau penagkarang rusa Tahura. Nantinya Ada gapura yang menunjukan kalau and sudah sampai di desa ini.

Kampung Durian di Bandar Lampung
Salah satu rumah pohon di Desa Sumber Agung

Di Desa Sumber Agung ini terdapat belasan ribu pohon durian. Sehingga buah durian yang dihasilkan saat musim durian berlimpah. Untuk distribusinya ada yang dijual di Bandar Lampung ada juga yang diluar Lampung.

Saat musim durian tiba, banyak pedagang yang menjualnya dipinggir jalan di bandar lampung. ada juga wisata makan durian runtuh. 

Jadi wisatawan makan di ajak ke kebun durian dan menunggu durian yang matang jatuh, setelah itu nanti durian di makan oleh wisatwan tersebut.

Letak desa ini ada di jalan perlintasan menuju 2 lokasi wisata yang terkenal yaitu taman kupu-kupu dan juga penangkaran rusa sehingga cukup strategis. 

Wisatawan bisa berhenti sejenak untuk makan durian disini. atau juga menjadikan wisata kampung durian Sumber Agung menjadi destinasi utama.

Nah, itulah Kampung Durian di Bandar Lampung, salah satu spot wisata makan durian yang tidak jauh dari kota.


Baca Juga Artikel Terkait

Tempat Makan Durian di Bandar Lampung

Pancake Durian Di Bandar Lampung 

Hastag: Durian Enak | Wisata Durian | Durian Lampung | Destinasi | Ekowisata | HHBK | Asli Lampung | Bangga Hasil Petani Kita | 

Tempat Makan dan Penjual Durian di Bandar Lampung

Majalah Lampung - Tempat makan dan penjual durian di Bandar Lampung. Ketika musim durian tiba banyak warga yang mencari buah ini. Saat tidak musim pun banyak yang menanyakan, dimana tempat makan durian di kota Bandar Lampung? 

Dimana penjual durian di Bandar Lampung? kebun durian langsung makan di Bandar Lampung? Pasar durian disini mana ya? Sebenarnya provinsi Lampung merupakan salah satu penghasil buah durian, oleh sebab itu tak susah menemukan lokasi yang “berbau durian”.

Beberapa daerah perkebunan durian di Lampung tersebar di wilayah kabupaten seperti Tanggamus, Pesawaran, Pesisir Barat, Way Kanan dan Lampung Selatan. Dari beberapa kabupaten tersebut dan daerah luar Lampung lainnya lah pasokan durian Lampung berlimpah.

Rasa dan ukuran dari durian Lampung menjadi alasan mengapa durian di lampung sudah terkenal di indonesia. 

Pemerintah Lampung juga terus mempromosikan adanya buah tropis ini dengan membuat sebuah festival bertema durian yaitu festival durian TAHURA. Di beberapa titik lokasi juga dibangun tugu buah durian.

Ada juga salah satu Desa di Bandar Lampung yang telah dikenal sebagi “Kampung Durian” yaitu desa Sumber Agung Kecamatan Kemiling. 

Nah, untuk anda yang ingin makan durian di kota Bandar Lampung berikut beberapa lokasi yang bisa anda kunjungi ketika musim durian.

 Penjual Durian di Bandar Lampung
Gambar durian Lampung
  • JL Sultan Agung (Sekitar PKOR)
  • Lapangan Way Halim 
  • Depan Griya Gatot Subroto
  • JL Raden Imba Kesuma (sebelum Wisata Lembah Hijau, kalau dari arah Kemiling)
  • Desa Sumber Agung (Kampung Durian)
  • JL Pramuka (Dekat Kantor Kwarda)
  • JL ZA Pagar Alam (Depan Pasca IAIN)
Biasanya di beberapa titik lain juga ada penjual durian dadakan yang membuka lapak. Harga-durian Lampung yang dijual ini bervariasi mulai dari harga Rp. 15.000 sampai Rp. 15.000, bahkan yang ukuran besar ada yang sampai Rp. 40.000.

Untuk anda yang ingin mengkonsumsi durian, perlu diketahui durian merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat. 

Diantaranya: Zat phytonutrient pada buah durian disebutkan dalam penelitian memiliki kemampuan mematikan zat penyebab gejala kanker, gejala penyakit diabetes dan menurunkan resiko gejala penyakit jantung, memperbaiki reaksi sel tumor pada tubuh dan mencegah pertumbuhan timbulnya kanker.

Namun perlu diketahui juga bahwa efek samping buah ini oleh sebab itu dilarang untuk penderita diabetes, penyakit jantung, darah tinggi dan untuk anda yang sedang hamil pun agar membatasi konsumsi buah durian.



Nah, ada juga beberapa yang ketika makan durian mengalami mabuk durian? Ada cara yang bisa anda gunakan untuk  mengatasinya. Cara mudah untuk mengatasi ini yaitu dengan meminum air yang sebelumnya diletakan di kulit durian terlebih dahulu.

Air bilasan dari bagian dalam kulit buah durian ini dapat berguna karena mengandung antidot berupa lapisan lilin yang dapat larut dengan air. 

Dengan meminum air bilasan tersebut, maka antidot akan menetralisir alkohol yang terkandung di dalam durian yang kita konsumsi. Jadi jangan langsung membuang kuliat durian setelah membukanya.

Nah, itulah tempat makan di Bandar Lampung dan penjual dirian di Bandar Lampung yang tersebar di beberapa titik.

Jurusan di Universitas Muhammadiah Lampung dan Akreditasinya

Majalah Lampung - Jurusan di Universitas Muhammadiah Lampung dan akreditasinya. Provinsi Lampung memiliki banyak sekali perguruan tinggi, baik swasta maupun negeri. 

Salah satunya perguruan negeri swasta di Lampung yaitu Universitas Muhammadiah Lampung atau juga sering disebur UML/ Muhammadiah Lampung/ UM Lampung. UML juga tedapat di wilayah lain di Lampung yakni di Kota Metro.

Alamat kampus Universitas Muhammadiah Lampung yakni di Jalan. Zainal Abidin Pagar Alam No.73 A, Labuhan Ratu, Kedaton, Kota Bandar Lampung. 

Kampusnya berada di komplek sekolah muhammadiah, yang juga didalamnnya terdapat SD, SMPdan SMA dan sebuah Masjid megah.

Sebagai mal usaha Muhammadiyah di bidang pendidikan, terpanggil untuk turut menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia dengan menyiapkan intelektual bangsa yang berkarakter tangguh dalam IMTAQ dan bersaing dalam IPTEKS. 

Universitas Muhammadiah Lampung ini berdiri pada tahun  1987 dan telah banyak meluluskan sarjana dalam berbagai bidang Ilmu Pengetahuan

Alumni Universitas Muhammadiyah Lampung juga telah bekerja sebagai Dosen,Guru, Ulama, Birokrat, Politisi, Peneliti, Teknis dan sebagainya yang berkiprah pada Instansi pemerintah, Swasta maupun berwirausaha.

Hingga saat ini UM Lampung secara pasti mampu bersaing dalam kualitas pendidikan dan terus menerus mengembangkan Catur Darma Perguruan Tinggi Muhammadiyah melalui Pengembangan Ilmu Pengetahuan, Penelitian, Pengabdian Pada Masyarakat. dan Pengetahuan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan yang bersumber pada Al-Quran dan Sunah sebagai core penyelenggara pendidikan. 

Lalu apa saja sih jurusan yang ada di Universitas Muhammadiah Lampung ini? Berikut adalah daftranya:

Jurusan di Universitas Muhammadiah Lampung
Kampus UML
  1. Pendidikan agama islam
  2. Teknik elektro
  3. Psikologi
  4. Ilmu pemerintahan
  5. Ilmu komunikasi
  6. Pendidikan luar biasa
  7. Pendidikan matematika
  8. Pendidikan bahasa indonesia
  9. Penbankan syariah
  10. Ekonomi syariah
  11. Sastra inggris
  12. Pendidikan bahasa inggris

Untuk akreditasi, memang sewaktu-waktu dapat berubah. Namun dari informasi yang tersedia saat ini yaitu ilmu pemerintahan (B), Ilmu Komunikasi (B), PAI (B), Teknik Elektro (C) dan Psikologi (C). Anda bisa menanyakan langsung mengenai akreditasi, biaya kuliah dan lainnya terkait Universitas Muhammadiah Lampung di (0721) 705178.

Nah, itulah info terkait dengan jurusan di Universitas Muhammadiah Lampung dan akreditasinya. Semoga menjadi referensi anda. 

Wednesday, December 27, 2017

Ini Alamat Kantor TIKI Bandar di Lampung

Majalah Lampung - Alamat kantor TIKI di Bandar Lampung. Apakah anda sedang mencari kantor TIKI di Bandar Lampung? jika ya maka sebenarnya tidak terlalu susah untuk menemukannya. 

TIKI atau nama asli perusahaanya PT. Citra Van Titipan Kilat sudah membuka cabang kantor di Kota Bandar Lampung sejak lama. 

Perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman (ekspedisi) ini terbilang masih eksis di bidang pelayanan jasa pengiriman sampai saat ini.

Sejak berdiri pada tahun 1970 di DKI Jakarta, perusahaan TIKI ini menjadi salah satu perintis di bidang pelayanan pengiriman. Saat ini TIKI sudah cukup sukses dengan membuka cabang di banyak daerah di Indonesia, termasuk Lampung.

TIKI tidak hanya melayani pengiriman untuk dalam negeri saja, melainkan juga pengiriman untuk ke luar negeri. Hal ini menambah mudah untuk anda yang memiliki sanak keluarga atau siapapun di luar negeri dan ingin melakukan pengiriman.

Lalu dimana lokasi atau alamat Kantor TIKI di Bandar Lampung? alamatnya ada di Jl. Nusantara No. 2 Sepang Jaya Way Halim Bandar Lampung. 

Dengan nomor telpon 0721-701323. Masyarakat mengenal daerah di sini dengan sebutan Kota Sepang. Kantor TKI ini ada di pinggir jalan.

Alamat Kantor TIKI Bandar di Lampung
Gamvar Kantor TIKI Bandar di Lampung

Jam buka kantor TIKI di Bandar Lampung yaitu dari pukul 08:00 sampai 22:00 WIB, dan buka dari hari senin sampai minggu.

Untuk anda yang ingin melakukan pengiriman bisa menghubingi pihak TIKI di no kontak yang telah disediakan tadi.

Baca Juga: JNE Dekat Unila

Lokasi jalan Nusantara No. 2 ini sebenarnya ada di gang Jalan Sultan Agung (dari MBK ke arah PKOR). Nah, jika anda dari arah MBK, maka anda akan menyeberangi rel kereta api. 

Setelah itu anda maju sekitar 100 m ada sebuah gang atau jalan kecil (samping kantor Radar Lampung).

Masuk gang tersebut kira-kira sampai 100 meter dan toko TIKI ada di sebelah kiri jalan. Ada baner besar di depan kantor yang bertiliskan TIKI. 

Sehingga tidak terlalu susah menemukannya. Anda juga bisa menggunkan google maps untuk yang sudah memiliki smartphone.

Nah, itulah alamat kantor TIKI di Bandar Lampung, semoga ulasan ini membantu anda menemukannya. Terimakasih.

6 Tempat Penjual dan Pembuat Ikan Asin di Lampung

Majalah Lampung - Tempat penjual,  pembuat dan penghasil ikan asin di Lampung. Provinsi Lampung memiliki garis pantai yang sangat panjang sehingga berpotensi besar dalam sumberdaya kelautan khusunya perikanan. 

Masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan pun terbilang banyak.  Ikan-ikan yang  nelayan tangkap bisa langsung dijual dan juga bisa diolah terlebih dahulu, salah satunya denga cara dibuat ikan asin.

Ikan asin merupakan salah satu makanan yang digemari oleh masyarakat. Secara definitif ikan asin adalah makanan yang terbuat dari ikan yang kemudian diawetkan dengan menggunakan garam. Berbagai macam ikan baik tawar maupun ikan laut bisa diawetkan.

Di Lampung  banyak juga nelayan yang membuat ikan asin, seperti yang kami datangi di Kabupaten Lampung Timur tepatnya di Desa Margasari Kecamatan Labuhan Maringai. 

Sejak pagi hari (subuh) hingga hampir larut malam lokasi pasar ikan ini ramai dengan lalu lalang pedagang serta nelayan.

Ikan segar dikeluarkan dari kapal, ada yang dimasukan ke kotak berisi es dan ada juga yang langsung di jual ke pedagang atau tengkulak yang sudah menunggu mereka. 

Di pasar lelang ikan ini juga berjejeran para penjual ikan asin. Ikan asin yang dijual pun berbagai jenis.

Terlihat juga aktivitas nelayan, ada yang baru akan berangkat dengan rombongan besar dan ada juga yang pulang dengan membawa ikan. Banyak juga kapal-kapal nelayan yang bersandar di tepian muara sugai.

empat Penjual dan Pembuat Ikan Asin di Lampung
Ikan Asin

Tempat ini sudah terkenal sejak lama sebagai penghasil ikan asin laut. Mereka ada yang membuat ikan asin dan juga ada juga yang hanya menjualkan ikan asin. Ikan asin dari kawasan ini pun sudah banyak dibawa ke daerah lain.

Nah, untuk anda yang sedang mencari penjual, pembuat, produksi ikan asing di Lampung. Kami memiliki daftar tempat-tempat penjual dan pembuat ikan asin yang tersebar di beberapa kabupaten/kota, berikut daftarnya.

Kota Bandar Lampung

Siapa bilang di kota tidak ada pembuat ikan asin. di kota Kadar Lampung terdapat salah satu tempat penghasil ikan asin yang cukup besar yaitu Pulau Pasaran. Pulau Pasaran adalah sebua pulau kecil yang terletak di Teluk Betung Barat. 

Jaraknya sekitar 1 km dari Kota Bandar Lampung. Di pulau ini ikan asin jenis teri sangat terkenal. Bahkan hasil ikan teri disini merupakan salah satu pemasok terbesar di wilayah Lampung. 

Selain dipulau pasaran, ikan asin juga bisa di temu di pasar gudang lelang Bandar Lampung yang sudah hampir memasuki wilayah Pesawaran.

Tempat Penjual dan Pembuat Ikan Asin di Lampung
Pulau Pasaran (Foto pulaupasaran.com)

Kabupaten Lampung Tengah

Ada beberapa tempat penghasil ikan asin di Lampung Tengah. Baik ikan laut maupun ikan tawar. Ikan tawar yang cukup terkenal ikan asin gabus. 

Daerah penghasil ikan asin di Lampung tengah yaitu: Bandar Mataram, Rumbia, Bumi Nabung, Seputih Surabaya dan Bandar Surabaya.

Kabupaten Lampung Timur

Penghasil ikan asin di Lampung Timur ada di Margasari, Kuala Penet dan Pasir Sakti. Daerah ini berbatasan dengan laut, sehingga ikan asin yang dihasilkan berjenis ikan asin laut.

Kabupaten Lampung Selatan 

Pengolahan ikan tangkapan di daerah pesisir di Lampung Selatan salah satunya adalah dibuat ikan asin. Selain itu juga mereka membuat ikan kering dan pengeringan rumput laut. 

Adapun daerah-daerahnya yaitu di Kecamatan Kalianda, Bakauheni, Ketapang, Sragi dan Ketibung.

Beberapa komoditas unggulan bidang perikanan Kabupeten Lampung Selatan: udang (Sidomulyo), udang windu dan bandeng (Bakauheni, Ketapang dan Sragi), benur (Ketapang, Rajabasa dan Kalianda), ikan tawar (Kecamatan Palas), ikan hias (Kecamatan Natar) dan udang vanammel.

Kapubaten Tulang Bawang

Kabupaten ini terkenal dengan adanya rawa dan sungai-sungainya yang banyak. Sehingga banyak yang menangkap ikan dan mengolahnya, salah satunya dijadikan ikan asap dan ikan asin. 

Untuk ikan asap anda bisa menemkan di daerah cakat raya. Penjual menjajakan ikan asap di pinggir Jalan Lintas Sumatera. Ikan yang dijual kebanyakan adalah ikan air tawar.

Tempat Penjual dan Pembuat Ikan Asin di Lampung
Lapak Penjual Ikan Asin di Tulang Bawang (Foto Duniaindra.com)

Kabupaten Tanggamus

Kabupaten Tanggamus memilik beberapa daerah yang juga berbatasan dengan laut. Salah satu penghasil ikan asin di Tanggamus adalah di daerah Kota Agung.

Ada beberapa hambatan menurut para pembuat ikan asing di berbagai daerah tersebut yang mempengaruhi produksi ikan asin diantaranya: tinggi ombak di laut, harga garam, harga ikan asin, dan kesediaan serta harga bahan bakar.

Nah, itulah daftar tempat penjual dan pembuat ikan asin di Lampung. Untuk anda penggemar atau calon pedagang ikan asin semoga dapat menjadi referesni.

Harga Rumah di Bukit Kemiling Permai BKP

Harga rumah di Bukit Kemiling Permai BKP Bandar Lampuyng. Saat ini pembangunan perumahan cukup banyak di beberapa daerah. Baik dari pihak pengembang swasta atau pun dari BUMN. Hal ini berkaitan dengan kebutuhan masyarakat akan hunian.

Salah satu perumahan yang ada di Kota Bandar Lampung adalah perumahan Bukit Kemiling Permai, atau lebih dikenal dengan BKP.

Perumahan ini terletak tak jauh dari pusat kota dan mudah dalam aksesnya. Berikut beberapa kelebihannya: 30 menit dari bandara, lokasi strategis, sistem cluster dan terdapat KPR bersubsidi.

Saat ini Perumahan Bukit Kemiling Permai (BKP) memang sudah terisi di beberapa blok, namun masih ada beberapa titik yang belum di booking. Dan bahkan masih dilakukan pembangunan di beberapa titik, sehingga anda masih bisa membelinya.

Nah, untuk anda yang ingin membeli rumah di BKP atau Bukit Kemiing Permai berikut merupakan informasi harga jual rumah di bukit kemiling permai BPK beserta biaya angsuran.

harga perumahan di kemiling bandar lampung

Persyaratan pengajuan KPR di Bukit Kemiling Permai
  • Foto copy KTP suami/istri + surat nikah dan KK (2 lembar)
  • Pas foto berwarna suami/istri 3x4 (2 lembar)
  • Slip gaji/ daftar gaji 3 bulan terakhir (PNS/Swasta) 
  • SK pengangkatan pertama dan terakhir (PNS/Swasta) legalisir
  • NPWP pribadi dan SPT tahunan
  • Fotocopy buku tabungan dan rek.koran 3 bulan terakhir
  • Faktur penjualan minimal 2 bulan terakhir (wiraswasta)
  • Buku besar/ pembukuan penjualan (wiraswasta)
  • SITU/ SIUP (wiraswasta)/ surat keterangan usaha dari keluarga
  • Mengisi perlengkapan persyaratan KPR
Syarat dan ketentuan
  • Booking fee minimal 3 juta khusus RS, jika mengundurkan diri maka booking fee hangus. 
  • Angsuran dihitung berdasarkan suku bunga program KPR bank, dan dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan bank pemberi kredit.
Berikut merupakan spesipikasi teknis masing-masing tipe

Spesifikasi teknis RS 54
  • Pondasi: batu kali menerus
  • Struktur: batu beton bertulang
  • Dinding: batu-batu diplaster dan cat
  • Kusen: alumunium
  • Lantai: keramik 40x40
  • Rangka atap: baja ringan
  • Penutup atap: genteng metal
  • Plafond: GRC 3mm
  • Listrik: PLN 1300 Watt
  • Air: PDAM
Spesifikasi teknis RS 36
  • Perbedaan Lantai: keramik 30x30
Spesifikasi teknis RS 45
  • Perbedaan Lantai: keramik 40x40
Spesifikasi Teknis Ruko
  • Pondasi: batu kali menerus dan foot plate
  • Struktur: batu beton bertulang
  • Dinding: batu-batu diplaster dan cat
  • Kusen: alumunium
  • Lantai: keramik 40x40
  • Rangka atap: baja ringan
  • Penutup atap: spandek zincalium
  • Plafond: GRC 4 mm
  • Listrik: PLN
Ruko BKP adalah konsep area komersil yang terintegeras dengan hunian yag menjadi pasar komersil pasti. Terletak di area BKP Recidence yang telah hidup.

Nah, itulah informasi mengenai harga rumah di Bukit Kemiling Permai BPK. Anda bisa mendapatkan informasi lanjutan dengan menghubungi beberapa CP: Sholeh (0852 6797 9797), Linda (0812 7980 6661), Sikin (0821 8666 7001).

Tags: Harga Perumahan Di Kemiling Bandar Lampung | Harga Rumah Di Bukit Kemiling Permai | Bukit Kemiling Permai Kota Bandar Lampung Lampung | Kredit Rumah Di Kemiling Bandar Lampung | Perum Bkp Bandar Lampung | Perumahan Bukit Kemiling Permai Kota Bandar Lampung, Lampung | Bkp Kota Bandar Lampung Lampung | Perumnas Kemiling Lampung

Tuesday, December 26, 2017

Harga Rumah di Pesawaran Recidence Lampung Subsidi dan Non Subsidi

Harga rumah di Pesawaran Recidence Lampung. Saat ini hunian dengan jenis cluster memang sedang menjadi incaran banyak orang. 

Hunian macam ini banyak dibangun oleh pengembang-pengembang di berbagai daerah. Selain oleh pihak swasta, pemerintah melalui program pembangunan perumahan nasional (Perumnas) juga ikut membangun banyak perumahan di tanah air.

Di Kabupaten Pesawaran pun saat ini dibangun sebuah perumahan bernama Pesawaran Recidence. Perumahan ini ber alamat di Jl. Lintas Barat Sumatera, Kurungannyawa, Gedung Tataan, Kabupaten Pesawaran. 

Perumahan ini telah diresmikan pada tahun 2016 lalu. Jika anda sering melewati jalan lintas Sumatera menuju Pringsewu maupun Tanggamus dari arah Bandar Lampung, maka lokasinya ada di sebelah kiri jalan. Ada sebuah tulisan besar bertuliskan “Pesawaran Recidence” dengan gerbang perumahan yang megah.

Secara geograifs lokasi Pesawaran Recidence memang cukup strategis. Dari pusat kota Bandar Lampung hanya memakan waktu tempuh sekitar 20 menit saja. 

Begitu juga dari Bandara Raden Intan II Lampung. Bangunannya pun tak jauh dari Jl lintas barat sehingga sering dilalui tranasportasi umum.

Pesawaran Residence ini merupakan program pembangunan perumahan nasional  (Perumnas) dari pemerintah.

Dengan menyediakan lahan seluas 20,5 hektar  lalu nantinya akan dibangun 970 unit rumah, kurang lebih 600 unit merupakan hunian  bersubsidi.  Sisanya adalah rumah komersil.

Dari dua jenis tipe ini semuanya dialiri oleh listrik 1.300 watt, serta saluran air PDAM. Di pesawaran recidence ini juga disediakan beberapa fasilitas umum seperti rumah ibadah dan taman. Lokasi perumahan juga di pagar keliling dengan pengamanan 24 jam.

Harga Rumah di Pesawaran Recidence

Untuk anda yang ingin memesan hunian di Pesawaran Recidence ini cukup membayar booking fee atau tanda jadi (Uang muka) Rp2000.000, dengan biaya cicilan mulai dari Rp700.000 untuk hunian ber subsidi dengan tenor hingga 20 tahun. 

Sedangkan untuk tipe komersil biaya cicilan Rp. 1900.000 dengan tenor hingga 15 tahun.


Spesifikasi rumah bersubsidi di Pesawaran Recidence:

  • Kusen menggunakan kayu
  • Lantai keramik
  • Rangka atap kayu 
  • Pondasi batu kali
  • Struktur rumah beton bertulang
  • Dinding bata diplester dan dilakukan pengecatan
  • Atap asbes 
  • Plafon menggunakan tripleks
Spesifikasi rumah komersil di Pesawaran Recidence:
  • Pondasi batu kali
  • Struktur rumah beton bertulang
  • Dinding bata diplester dan dicat
  • Kusen aluminium
  • Lantai keramik
  • Rangka atap baja ringan
  • Atap metal
  • Plafon kalsiboard
Persyaratan pengajuan KPR di  Pesawaran Recidence Lampung
  1. Foto copy KTP suami/istri + surat nikah dan KK (2 lembar)
  2. Pas foto berwarna suami/istri 3x4 (2 lembar)
  3. Slip gaji/ daftar gaji (PNS/Swasta) 
  4. SK Pengangkatan pertama dan terakhir (PNS/Swasta) legalisir
  5. NPWP pribadi dan SPT tahunan
  6. Fotovopy buku tabungan dan rek.koran 3 bulan terakhir
  7. Faktur penjualan minimal 2 bulan terakhir (wiraswasta)
  8. Buku besar / pembukuan penjualan (wiraswasta)
  9. SITU / SIUP (wiraswasta) / surat keterangan usaha dari keluarga
  10. Surat keterangan belum menikah dari kelurahan jika belum menikah
Nah, itulah harga rumah di Pesawaran Recidence Lampung

Anda dapat mengkonfirmasi mengenai harga dan juga info lain di kontak 0721 272 282 atau via marketing di 0812 7392 7266. Atau juga di instagram @perumnaslampung.

Tags: Griya Pesawaran Residence | Rumah Bersubsidi Di Pesawaran | Perumahan Subsidi | Di Pesawaran Lampung | Tataan Residence | Perumahan Subsidi Pesawaran | Perumahan Residence Pesawaran | Alamat Pesawaran Residence | Perumahan Pesawaran Lampung

Monday, December 25, 2017

Fakta Tentang Domain XYZ, Eksistensi dan Pengalaman Pakai

Majalah Lampung - Fakta Tentang Domain XYZ, Eksistensi dan Pengalaman Pakai, Kelebihan, kekurangan dan pengaruhnya.  Apakah anda penasaran dengan bagaimana eksistensi, kekurangan dan kelebihan domain baru xyz? 

Wajar memang jika anda menanyakannya. Karena memang domain ini tergolong baru dan masih belim banyak digunakan.

Warganet pun belum cukup mengenal domain ini layaknya domain tingkat atas lainnya seperti com, net, co.id, co, sch, org dan lainnya. 

Namun sebenarnya menurut data, saat ini sudah banyak yang menggunakan domain xyz untuk blog dan wibsitenya. Berikut kami merangkum beberapa fakta mengenai domain xyz berdasarkan data dan pengalaman pakai.

Pengaruh Penggunaan Domain Xyz Terhadap Visitor

Blog teman tim kami memang masih baru dan belum banyak postingan artikel. Meski begitu pengunjungnya memang sudah stabil. 

Setelah blog diubah ke domain xyz tidak ada penurunan dan peningkatan secara drastis pada blog nya. Kunjungan masih relatif normal dan seperti biasa.

Domain XYZ Harganya Murah

Ya, entah karena masih bari ataupun memang akan dipatok dengan harga murah. Beberapa waktu lalu juga salah seorang tim kami membeli domain xyz. 

Harganya tak sampai Rp 20.000 yaitu Rp.16.300 per tahun sudah termasuk pajak pertambaan nilai.

Domain XYZ
Ilsutasri Domain XYZ

Tim menyewa dimain di NiagaHoster. Nama blognya semula tripguwe. Blogspot.com diubah menjadi www. Tripguwe. Xyz

Domain XYZ
Bukti Pembayaran Domain XYZ

Apakah Domain Xyz Sudah TLD (Top Level Domain)

Domain ini sudah termasuk ke dalam domain tingkat atas atau bisa dikenal dengan TLD. Jadi tingatannya lebih tinggi dibandingkan yang masih menggunakan blogspot dan wordprees secara jenis domain.

Kekurangan dan Kelebihan Domain Xyz

Tentu ada kekurangan dan juga keunggulan. Kekurangan yang paling terlihat adalah kurang familiarnya pengguna intenet terhadap domain xyz ini sedangkan kelebihanya adalah harganya yang sagat terjangkau. Jadi kalauyang ingin ternak blog bisa menggunkan domain ini.

Domain Xyz Sudah Dipakai Perusahaan Google

Yang cukup mendongkrak kepopuleran blog ini di luar negeri adalah pemakaian dimain xyz oleh google. Adalah abc. Xyz yang sudah sejak lama menggunakan domain berujung xyz ini.

Pengaruh Domain Xyz Terhadap Google Adsanse

Bagi anda yang bermain atau yang punya akun GA alias Google Adsanse dan ingin menggunkan domain ini tak perlu cemas. 

Ada banyak blog danwebsite ber domain xyz yang sudah memasang kode iklan Google Adsanse dan aman-aman saja.

Prediksi Tentang Eksistensi Domain Xyz

Sejak dikenalkan, domain ini sudah memiliki banyak pengguna. Apalagi setelah google menggunkaanya. Banyak pihak yang mengatakan bahwa domain ini akan banyak peminatnya.

Nah, itulah fakta mengenai domain xyz. Apakah anda tertarik atau malah sudah menggunakannya?

Taman Kupiah Emas Lampung Tengah dari Berbagai Sudut

Majalah Lampung - Taman Kuiah Emas Lampung Tengah. Pernahkah anda melihat gambar tugu kupiah emas?  Mungkin anda sering melihat gambarnya di instagram, facebook dan juga menonton di youtube.  Taman ini memang cukup fotogenik sehingga banyak orang yang mengabadikan dirinya saat berada di taman ini untuk di posting ataupun di simpan.

Alamat Tugu Kupiah Emas
Tugu kupiah emas atau yang terletak di komplek taman kupiah emas yang beralamat di JL. Lintas Sumatera, Gunung Sugih, Lampung Tengah. 

Letaknya yang persis di samping jalan raya membuatnya sering dijadikan tempat beristirahat pengemudi kendaraan bermotor. Apalagi saat musim mudik tiba.

Keberadaan taman kupiah emas ini menjadikannya salah satu tempat rekreasi warga Lampung Tengah khususnya Bandar Jaya dan Gunung Sugih. 

Mulanya pembangunan kawasan ini untuk mempercantik kawasan kota. Namun seiring berjalannya waktu, justru banyak orang yang menjadikan taman kupiah emas sebagai tempat berekreasi.

Tentu banyak alasan warga menjadikan taman kupiah emas sebagai tempat berekreasi, seperti tempatnya yang bagus, gratis dan juga menarik. 

Lalu sebenarnya apa saja sih yang ada di taman ini? Bagaimana sejarahnya, kapan pembangunannya dan bagaimana kondisinya sampai saat ini?

Fasilitas yang ada di taman kupiah emas: disini ada taman, tugu kupiah, tugu pengantin,kursi duduk taman, kolam air mancur, lapangan, pos penjagaan polisi, warung/kantin, ring basket dan kawasan ruang terbuka hijau yang diisi pepohonan serta jalur pejalan kaki lintasan taman.

Taman Kupiah Emas Lampung Tengah
Gambar Taman Kupiah Emas Lampung Tengah

Sejarah Tugu Kupiah Emas
Bagaimana sejaranya: seperti yang dikatakan tadi bahwa dulunya di bangun untuk mempercantik kota, namun sekarang manfaatnya bertambah sebagai kawasan rekreasi dan juga tempat wisata.

Untuk arsitek taman ini adalah seniman dari Muntilan Jawa Tengah. Tercatat ada 422 buah batu paras yang didatangkan langsung dari Muntilan.  Kemudian taman ini di bangun dan dimodifikasi hingga terbentuk desain apik seperti saat ini.

Taman Kupiah Emas
Taman Kupiah Emas

Kondisi Tugu Kupiah Emas
Bagaimana kondisinya saat ini: meski ramai oleh kunjungan, tempat ini masih terawat.  Pemerintah pun sepertinya melakukan beberapa kali perawatan dengan pengecatan, penambahan lampu dan membersihkan tempat ini dari sampah. 

Untuk anda yang ingin berkunjung kesini jangan membuang sampah sembarangan dan merusak fasilitas ya. Waktu ramai pengunjung di taman kupiah emas: sore hari dari mulai pukul 15:00 sampai 17:00 menjadi saat yang ramai. 

Jika akhir pekan atau malam mingguan maka sampai pukul 21:00 masih ramai. Tempat ini buka 24 jam. Nah, apakah anda tertarik mengunjungi taman kupiah emas Lampung Tengah ini? Tetap jaga kebersihan saat berada disini ya, cukup ambil gambar dan jangan merusak fasilitas.

Tempat Nongkrong di Bandarjaya Lampung Murah dan Gratis

Majalah Lampung -  Tempat Nongkrong di Bandar Jaya Lampung. Salah satu daerah yang cukup terkenal di Lampung Tengah adalah Bandar Jaya. Bandar Jaya bukanlah ibukota dari Lampung  Tengah, namun pusat perbelanjaan dan pusat keramaian ada disini. 

Bahkan orang-orang dari Menggala, Unit 2 dan beberapa daerah lainnya menjadikan Bandar Jaya tujuan untuk berbelanja, terutama yang berskala besar untuk kebutuhan toko mereka.

Secara geografis, letak Bandar Jaya memang terbilang strategis karena dilintasi Jalan Lintas Sumatera dan menjadi titik peremuan beberapa jalan lintas.  Bahkan dampak dari hal ini adalah keseringan macet yang terjadi.

Tapi untuk urusan ruang terbuka, di Bandarjaya dan sekitarnya ada beberapa titik yang bisa dijadikan spot nongkrong asik untuk muda mudi.  Dimanakah tempatnya? Berikut adalah daftarnya

Taman Kupiah Emas {GRATIS}
Taman ini berada di Gunung Sugih, sekitar 5 menit dari Bandar Jaya. Ada berbagai macam fasilitas seperti taman, tempat duduk, lapangan, tugu dan kolam taman.  Tempatnya juga sudah di rapihkan sehingga menambah nyaman pengunjung.

Tempat Nongkrong di Bandarjaya
Tugu Kupiah Emas (Majalah Lampung)

Biasanya Taman Kupiah Emas ini ramai saat malam minggu. Warga sekitar menjadikan tempat ini untuk bersantai menikmati malam. disini juga banyak pedagang yang bisa memanjakan lidah saat nongkrong.

Tempat ini juga cukup fotogenik dan instagrmable. Oleh sebab itu sering sekali pengunung "berselfie-selfie ria" disini. Selain menjadi tempat nongkrong di Bandar Jaya, Taman Kupiah Emas ini juga saat mudik dijadikan rest area untuk beristirahat dan melepas lelah.

Komplek Masjid Istiqlal Bandar Jaya {GRATIS}
Di depan masjid ini terdapat lapangan yang cukup luas yang sering dijadikan untuk nongkrong. Apalagi banyak penjual makanan yang mangkal di area ini.  Jadi setelah beribadah di masjid, anda bisa bersantai di komplek nya. Masjid ini juga termasuk salah satu masjid megah di Lampung.

Tempat Nongkrong di Bandarjaya
Masjid Istiqlal Bandar Jaya

Nongkrong di Caffe 
Kalau anda menyukai tempat nongkrong caffe, anda juga punya banyak pilihan. Caffe-caffe di Bandar Jaya jumlahnya cukup banyak. Berikut kami memberikan beberapa referensi:
  • Warnonk D’ Corner
  • Waroeng BaseCamp
  • Kedai Jalan
  • Kedai Ab Normal 12
  • Melody Caffe
  • Sama-sama caffe
  • Bajay Cafe
  • Moon Be Bandar jaya
Nongkrong atau bahasa gaulnya "kongkow/nongki" saat ini menjadi salah satu wadah untuk bersantai dan bersosialisai. Apalagi setelah aktivitas padat dari sehabis kerja maupun belajar.  Nah itulah tempat nongkrong di Bandarjaya Lampung. Semoga menjadi referensi anda, terimakasih.

Lanjut Baca Yuk: Tempat Wisata di Lampung Tengah

Tags: Tempat Wisata Di Bandar Jaya Lampung | Cafe Di Bandar Jaya | Menu Moon Be Bandar Jaya | Taman Payung Gantung Bandar Jaya | Moon Be Cafe Bandar Jaya | Melody Cafe Bandar Jaya Kabupaten Lampung Tengah Lampung | Moonbe Kabupaten Lampung Tengah, Lampung| Bajay Cafe Bandar Jaya Kabupaten Lampung Tengah Lampung |
Join Our Newsletter