Wednesday, June 21, 2017

17 Tempat Wisata Favorit di Lampung Saat Lebaran

Majalah Lampung - Tahukah anda dimana lokasi atau tempat-tempat wisata favorit di Lampung saat lebaran. Ada beberapa lokasi yang ternyata sangat ramai oleh pengunjung saat perayaan lebaran. dimana saja lokasinya, monggo disimak artikelnya.

Lebaran menjadi perayaan yang ditunggu oleh umat islam, selain ajang untuk silaturahmi dan saling mendoakan untuk sesama terkadang lebaran juga dijadikan moment untuk berlibur bersama keluarga. 

Maklum saja karena disaat lebaran hari liburnya sangat panjang. Tak hayal hal ini membuat masyarakat ingin berlibur ke tempat-tempat wisata.

Lampung merupakan daerah yang memiliki potensi wisata sangat bagus diantaranya wisata bahari seperti  pantai, wisata alam, dan berbagai macam wisata lainnya. Namun tahukah anda tempat-tempat wisata favorit saat lebaran di Lampung.

Saat lebaran memang sering terbenak di pikiran, liburan kemana ya, maen ke tempat mana ya, eh tempat wisata yang asik dimana ya?

Itu adalah contoh beberapa diantaranya. Saat lebaran ada beberapa tipe tempat wisata yang diinginkan. Ada yang pengen tempat ramai dan eda yang meimilih tempat hening.


Tak hanya di Lampung, wilayah lain seperti Jakarta, Surabaya dan Banndung yang notabene adalah kota besar juga tempat wisatanya selalu ramai dengan pengunjung saat libur lebaran. Kalau di Ibukota biasanya yang ramai adalah taman mini dan ancol; Surabaya, KBS; Bandung, biasanya lebih tersebar karena hampir semua sudut kotanya punya banyak wisata.

1. Pantai Mutun

Lokasinya yang dekat dengan Kota Bandar Lampung membuat tempat ini masih dijadikian pilihan utama untuk liburan saat lebaran.

Jaraknya sekitar 19 km dengan waktu tempuh kurang lebih 40 menit. Pantai ini menyajikan hamparan pasir, laut, dan berbagai wahana permainan.  

Wisata Favorit di Lampung Saat Lebaran

Pantai Mutun Begitu Ramai (Sumber toto: http://ilhamsimasterkiller.blogspot.co.id)

Anda juga bisa menyeberang ke Pulau Tangkil yang berhadapan langsung di depannya. Tak hanya saat libur lebaran, di tanggal merah lainnya mutun ramai oleh wisatawan kota. Apalagi disaat perayaan tahun baru masehi.

2. Wisata Pantai di Krui Pesisir Barat

Hampir setiap tahun berbagai pantai di Krui ini tidak pernah sepi saat lebaran. Umumnya pengujung adalah dari wilayah Lampung Barat, Way Kanan dan Lampung Utara namun tidak sedikit juga yang berasal dari wilayah lain.

Suguhan deretan pantai indah dan ombak yang tinggi membuat banyak pengunjung tak bosan mengunjungi Krui.

Nama-nama pantai terkenal di Krui seperti Labuhan Jukung, Tanjung Setia, Pulau Pisang, Batu Guri, Ujung Bocur / Karang Nyimbor, Pantai Tembakak, Gua Matu, Pantai Mandiri, Pantai Gading dan Wisata Repong Damar mampu memikat wisatawan dari berbagai wilayah.

Pengunjung saat lebaran (Foto: khabardarikrui.blogspot.co.id)

Untuk yang membawa keluarga, di Krui juga sudah menjamur penginapan-penginapan sederhana yang murah. Kuliner disinipun masih tergolong ramah kantong.

3. Pantai Sari Ringgung

Pantai saat ini masih sangat hits ini ramai dikunjungi saat lebaran, bahkan terkadang menuju lokasi perlu waktu yang lebih dari hari-hari biasa karena macet. Alamatnya di Jl. Way Ratai KM. 14, Desa Sidodadi, Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran.

Yang menjadi spesial disini yaitu fenomena pasir timbul di tengah laut. Untuk sampai di pastim ini pengunjung mesti menyewa perahu yang bisanya dengan ongkos 30 ribu rupiah. Dilokasi pasir tibulnya pun ada beberapa cafe yang menyediakan aneka makanan dan tempat untuk istirahat.

4. Danau Suoh

Danau terbesar kedua di Lampung ini memang menjadi favorit muda-mudi. Khusunya yang suka dengan wisata alam. Saat lebaran di danau ini selalu ada event atau acara balap motor / grastrack. Akan banyak pembalap yang meramaikan event ini.


Danau yang terbentuk dari letusan vulkanik masa lampau ini sering juga dijuluki afrikanya lampung karena ada padang savana ilalang yang cukup luas dan udaranya yang panas. Ada dua rute favorit yang biasa dilewati pengunjung yaitu melalui Sekincau dan juga Kota Besi Liwa.


Tempat Wisata Favorit di Lampung Saat Lebaran
Foto Dendy/Majalah Lampung
5. Pahawang

Tempat wisata yang menyajikan wisata bawah laut ini banyak diminati baik dari Lampung maupun daerah lainnya.

Terumbu  disini masih bagus, ikannya pun beragam. Wisatawan biasa start dari pelabuhan ketapang dengan biaya sewa kapal per orang sekitar 30 ribu rupiah (tergantung banyak tidaknya penumpang). 

Ada dua pulau disini yaitupahawang kecil dan besar. Selama menaiki perahu menuju lokasi penyelaman atau diving pengunjung juga disuguhi beberapa gugusan pulau-pulau kecil yang indah.

6. Danau Ranau

Danau terbesar di Lampung ini menyajikan pemandangan luar biasa, kombinasi hamparan air danau dan alam pegunungan khas Lampung barat.

Dari kota liwa hanya sekitar 45 menit saja. Disini juga telah dikelola oleh pemerintah dengan konsep yang bagus. Desa Lumbok adalah produk wisata yang di desain oleh Pemda Lambar.

Selain warga Lampung, biasanya juga ada wisatawan dari Sumatera Selatan. Hal ini karena letak danau yang ada di dua wilayah administratif ini. Ada air panas dan permainan sepeda air yang biasanya dinikmati wisatawan.

7. Pantai Pasir Putih

Terletak di kecamatan ketibung Lampung Selatan, pantai ini masih menjadi alternatif berlibur saat lebaran. walaupun kondisinya tidak dimodifikasi, tetap saja ada pengunjung disini.

Hamparan pasir putih terhamar berkilo-kilo meter memanjakan mata. Menyewa perahu dan melihat pantai dari jejauhan cukup menghibur.

8. Air Terjun Putri  Malu

Air terjun ini sangat terkenal di Way Kanan bahkan di Lampung, terletak di Kecamatan Banjit, cukup
mudah untuk  menemukan lokasi ini.

Foto @waykanan_insta

Anda bisa masuk dari Baradatu tepatnya di samping SMUN 1 Baradatu. Jarak dari ibukota Blambangan umpu ke air terjun ini sekitar 46 km.

9. Curup Tujuh

Curup atau air terjun ini terletak di Kabupaten Lampung Tengah tepatnya di Padangratu dengan jarak tempuh sekitar 2 jam dari Kota Gunung Sugih.

Wisatawan lokal Lamteng sering menjadikan lokasi ini destinasi andalan saat lebaran. Walaupun lokasinya ada di pelosok namun sesampainya disini terbayarkan dengan sejuknya udara.

10. Water Park Way Kanan

Galaxy water park adalah wahana rekreasi keluarga. Disaat lebaran lokasi ini ramai sekali dikunjungi baik dari wilayah Way Kanan maupun sekitarnya seperti Bukit Kemuning maupun wilayah Ogan 5. 

Minimnya objek wisata yang sudah terkelola membuat Galaxy water park way kanan ini sangat ramai.

Bisa dibilang akan ada pengunjung yang membludak saat-saat lubur lebaran. Selain wahana air ada juga ATV dan tempat outbound.

11. Rest Area Puncak Sumber Jaya

Lokasi ini menyajikan pemandangan khas pegunungan Lampung Barat, biasanya tiket masuk saat lebaran adalah 5000 per orang.

Pembangunan masjid di dekat lokasi ini menambah daya tarik para pengunjung. Spot ini menjadi semakin kekinian setalah banyak akun instagram di Lampung yang memposting keindahannya.

Foto Ana/Majalah Lampung

Pemerintah juga telah membuat saranadan prasarana umum serta menambah patung dan ikon tulisan "Bumi sekala brak" Waktu yang bagus mengunjungi puncak sumberjaya ini adalah saat pagi hari, dimana kabut tipis masih nampak.

Jika beruntung terkadang serasa di atas awan. Sedkit himbauan bahwa rute perjalanan untuk sampai disini berkelok-kelok dan sempit, jadi tetap waspada dan berhati-hati. Apalgi saat lebaran

12. Pantai Sawmill Atau Sumil

Pantai ini menjadi lokasi favorit warga Tanggamus khususnya sekitaran Kota Agung. Dari pusat kota Bandar Lampung sekitar 3 jam.

Terletak di Pekon Karangsari Wonosobo pantai ini memiliki pasir berwarna coklat. bBiasanya pengunjung menikmati sunsite senja sembari menikmati deburan ombak.

13. Air Terjun Lembah Pelangi

Terdiri dari dua tingkatan, dimana salah satu tingkatan tingginya lebih dari 100 m. Dari Talang Padang Tanggamus jaraknya sekitra 50 km.

Diperjalanan juga ada danau hijau ulu belu sisa galian tambang pertamina. Masih ada monyet yang akan sesekali muncul selama perjalanan di kawasan perkebunan kopi dan hutan belukar.

14. Way Kambas

Berwisata melihat gajah adalah tujuan dari masyarakat saat liburan lebaran di salah satu dari 2 taman nasional ini yang terletak di Lampung Timur ini. Selain wisata tentu ada juga edukasi yang ditawarkan disini, Mengingat Gajah (Elephas maximus) adalah satwa langka.

15. Lembah Hijau

Cocok untuk anda bersama keluarga. Lokasinya berada di kota Bandar Lampung. Taman Wisata Lembah Hijau adalah taman wisata berorentasi pada aspek ekologi atau lingkungan yang memadukan antara rekreasi bernuansa alam dan edukasi. Ada banyak flora dan fauna disini. Cocok untuk alternatrif anda yang tinggal di kota BDL.

16. Cakat Raya

Umumnya pengunjung mengincar untuk berfoto-foto di lokasi ini. Lokasi ini ramai dikunjungi oleh wisatawan Tulang Bawang. Ada juga bangunan rumah adat. Umumnya pengunjung mengincar untuk foto-foto karena salah satu objeknya sangat fotogenik.

17. Pantai Klara

Berada di Kabupaten Pesawarn dan masih berada di kawasan pesisir wisata bahari Pesawaran.  Pantai ini menjadi alternative untuk berlibur saat lebaran. Pantai yang dikelola marirnir ini ombaknya tak terlalu tinggi. Biaya masuknya cukup terjangkau.

Itulah beberapa objek wisata favorit saat lebaran di Lampung. Apakah anda sudah siap mengunjunginya, ajaklah keluarga, saudara kerabat dan teman-teman mu agar suasana semakin hangat. Lebaran di Lampung asik banget kok.

Selain ke 17 daftar diatas sebenarnya masih ada puluhan objek yang rekomended seperti taman wisata kedaton, air terjun batu putu, kebun raya liwa, pantai embe, krakatu bech, deramaga bom, menara siger, taman purbakala pugung raharjo, dan lainya.

Liburan saat lebaran bisa juga sebagai pelapas kangen dengan sanak keluarga serta saudara yang lama tak jumpa. Yang jelas, liburan bersama keluarga di tempat yang keren itu asik banget. Selamat Liburan
1 comment:
Write comments
  1. wah pas banget nih udah mau lebaran
    tinggal pilih mau kemana

    ReplyDelete

Join Our Newsletter