Tuesday, July 18, 2017

11 Tempat Wisata di Lampung Barat Yang Lagi Hits

Majalah Lampung. - Tempat wisata di Lampung Barat yang lagi hits dimana ya ? Jika ada pertanyaan seperti itu, maka ulasan ini akan memberikan jawabannya. Lampung Barat adalah salah satu Kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Lampung Utara. 

Kabupaten ini resmi berdiri pada tahun 1991 dengan luas sekitar 1.911 mi². Ibu kota Kabupaten ini yaitu Kota Liwa yang terletak di ujung wilayah dan berbatasan dengan Ranau Sumatera Selatan. 

Mayoritas kawasan Lampung Barat terletak di pegunungan dengan hasil bumi terkenal yaitu kopi tak jarang juga yag mengidentikan Lampung Barat dengan kopinya, bahkan kopi luwak Lampung Barat sudah terkenal di Dunia International.

Namun yang sangat penting untuk Anda ketahui tentang kabupaten ini adalah tempat wisata di Lampung Barat . Panorama alam dan perpaduan campur tangan manusia menghasilkan keindahan destinasi wisata yang patut Anda kunjungi. 

Walau jarak nya lumayan jauh dari ibu kota Provinsi namun sesampainya di Lampung Barat anda pasti tidak kecewa.  Berukut adalah daftarnya: 

1. Danau Suoh
Banyak yang bilang Danau Suoh adalah salah satu wisata yang sangat recomended di Lampung, khususnya Lampung Barat. Danau Suoh terbentuk dari letusan vulkanik di jaman dulu. Disini terdapat 3 buah danau, yaitu danau minyak danau lebar dan belibis.

Danau suoh juga sangat fotogenik untuk anda yang hobi berfoto. Ada ilalang yang sangat luas seperti savana di Afrika rasanya ketika anda disini. Anda bisa melewati Kota Besi maupun Sekincau serta Kayu Are. 

Namun kami merekomendaskan untuk lewat sekincau karena lebih dekat dan juga akan banyak ojek yang berlalu lalang disisi. 

Anda bisa menyewa ojek Danau Suoh dari Sekincau Lampung Barat. Saat ini ojek ke suoh juga tidak terlalu susah untuk ditemui. Kabar terbaru bahwa saat ini jalan sudah selesai dibangun sehingga waktu tempuhnya tak lama lagi.

Tempat Wisata di Lampung Barat
Panorama Danau Suoh (Wawan Setiawan Majalah Lampung)

2. Danau Ranau
Danau terbesar ke dua di Sumtera setelah Danau Toba di Sumatera Utara ini berada di ujung Lampung Barat berbatasan dengan Sumatera Selatan. 

Rute ke Danau Ranau dari Bandar Lampung bisa Anda lalui dengan melewati Bandar Lampung – Kotabumi – Bukit Kemuning – Way Tenong – Liwa – Ranau dengan waktu tempuh sekitar enam jam. 

Disini sudah di kelola oleh pemerintah yaitu di Lumbok Ranau. Yang Anda bisa nikmati di danau ini yaitu pemandangan danau dan juga Gunung Seminung

Selain itu juga bisa menyewa penginapan yang ada disini dan wahana permainan danau. Penginapan di lumbok ranau harga sewanya cukup relatif murah yaitu sekitar Rp 100.000 per malam.

Tempat Wisata di Lampung Barat
Danau Ranau 

3. Rest Area Puncak Sumberjaya dan Masjid Puncak Lampung Barat
Salah satu wisata favorit di Lampung Barat ini terletak di Kecamatan Sumberjaya. Orang biasa menyebut lokasi wisata ini puncak. Rest area sumberjaya kini telah dikelola dan dibangun banyak fasilitasnya.

Dari sini disajikan keindahan dari atas bukit sehingga Anda bisa  memandang wilayah Lampung Barat. Ditambah lagi terdapat masjid yang sangat indah bernama Masjid Aminatul Jannah, masjid ini adalah salah satu masjid megah di Lampung .  Untuk tiket masuk puncak ini sebesar 5000 per orang, sedangkan untuk masjid tidak dikenkan biaya masuk alias gratis.

4. Bukit Gerdai
Wisata ini tergolong baru, disini adalah spot untuk melihat sunrise yang sangat recomended untuk Anda. Tips untuk mengunjungi lokasi ini adalah saat pagi sebelum matahari terbit, jadi anda bisa melihat terbitnya matahari dan kabut indah khas pegunungan. 

Disni anda akan merasa berada di atas awan jika anda beruntung. Bukit Gerdai Bawang Bakung saat ini belum dikelola sehingga tidak ada biaya tiket  masuk.

5. Wisata Alam Kubu Perahu
Berada tak jauh dari Kota Liwa, ada tempat perkemahan disini. Tempat wisata ini masih termasuk di dalam kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Sejuknya udara hutan bisa Anda nikmati, selain itu ada juga Air Terjun Sepapah Kanan dan Sepapah Kiri.

6. Kebun Raya Liwa
Untuk saat ini kebun Raya Liwa adalah satu-satunya kebun raya yang ada di Lampung, sebelum nantinya dibangun kebun raya Itera di Lampung Selatan. 

Beralamat: di Way Mengaku, Balik Bukit, Kabupaten Lampung Barat. Kebun Raya Liwa baru saja di percepat pembangunannya oleh LIPI.  Anda bisa meliht koleksi tumbuhan langka maupun khas di Kebun Raya Liwa ini. KRL cocok juga untuk piknik keluaraga, penelitian (riset), dan menambah pehgetahuan anda.

7. Situs Megalitik Batu Brak
Terletak di Kecamatan Kebun Tebu, disini marupakan tempat sisa peninggalan jaman batu. Situs megalitik batu berak ini pertama kali diketemukan pada tahun 1951 oleh BRN (Badan Rekonstruksi Nasional). 

Di tempat wisata ini sudah sering dilakukan penelitian untuk menggali informasi mengenai jaman prasejarah, dan hasilnya dikatakan bahwa dulunya lokasi ini adalah salah satu tempat pemujaan.

8. Gunung Seminung
Rekomendasi wisata untuk para pecinta pendakian gunung. Anda bisa mendaki gunung ini dari Lampung Barat dan juga Sumatera Selatan. 

Dari puncak gunung yang berketinggian 1881 meter ini Anda bisa melihat indahnya danau ranau dan pegunungan di perbatasan Lampung dan Sumatera Selatan.  Pendakian hanya memakan waktu sekitar 3 jam, untuk Anda para pemula sangat rekomended untuk menjadikan gunung ini sebagai destinasi anda karena salah satu Gunung di Lampung untuk pendakian.

Tempat Wisata di Lampung Barat
Awan dibawah Seminung (Wawan Setiawan Majalah Lampung)

9. Gunung Pesagi
Gunung tertinggi di Lampung dengan tinggi 2.389 meter diatas permukaan laut, di kaki Gunung Pesagi inilah dipercaya letak kerajaan Sekala Brak, yang merupakan cikal-bakal keturunan suku Lampung. 

10. Gemburak Besar dan Kecil Sidomakmur
Gemburak atau air panas Sidomakmur ini ada dua lokasi yaitu gemburak kecil yang berada di Air Putih dan geburak besar di kawasan hutan tnbbs masuk dari Desa Sidomakmur. Biasanya orang mengunjungi tempat wisata ini untuk menghilangkan gangguan pada kulit mereka.

Tempat Wisata di Lampung Barat
Gemburak Besar  (Wawan Setiawan Majalah Lampung)

11. Air Terjun Sanyir
Salah satu air terjun di Lampung Barat ini terletak di pekon Tambak Jaya. Ketinggian air terjun sanyir ini sekitar 15 meter. Tidak ada biaya masuk atau tiket untuk memasuki tempat wisata ini.

Nah itulah 11 Tempat Wisata Lampung Barat Yang Hits Banget, sebenarnya masih banyak sekali tempat wisata di  Lampung Barat namun ke 11 spot wisata ini merupakan beberapa perwakilan diantaranya. Selamat berkunjung. 
2 comments:
Write comments
  1. banyak sekali yang tempat wisata di lampung barat, wajib dikunjungi satu - satu ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, saat ini beberapa spot juga telah dikelola dengan baik. Kebun Raya Liwa sudah diresmikan dan menjadi tempat yang edukatif dan fotogenik.

      Danau Suoh juga telah dibenahi aksesnya.
      Di Danau Ranau Telah dibangun cottage.

      Mari berwisata ke Lampung Barat............

      Delete

Join Our Newsletter