Sunday, July 23, 2017

Asiknya Ngetrip ke Air Terjun Kelumbayan Tanggamus

Majalah Lampung - Asiknya Ngetrip ke Air Terjun Kelumbayan Tanggamus. Mungkin untuk saat ini belum banyak yang mengenal air terjun yang memang tersembunyi di rimba ini.  Terletak di Desa Kuyung Kecamatan Kelumbayan Tanggamus Air Terjun Kelumbayan sering dilewatkan oleh para traveler.

Maklum saja di dekat sini memang terdapat wisata yang sudah sangat tersohor seperti Gigi Hiu dan Teluk Kiluan. Namun akibat kurangnya ekspose membuat arter dalam hutan ini kurang terkenal, padahal ngetrip ke Air Terjun Kelumbayan Tanggamus asik banget loh.

Sebenarnya Air Terjun Kelumbayan bisa menjadi kunjungan tambahan anda saat berwisata ke Kiluan atau Gigi hiu. Tak terlalu susah menemukan lokasinya, anda bisa berhenti di salah satu desa bernama Kuyung Atas, desa ini anda lewati setelah dari Kiluan dan sebelum Gigi Hiu.

Jadi lokasi nya diantara keduanya. Sampainya di Desa Kuyung atas anda bisa menanyakan dimana letak curup atau air tejun tersebut.

Air Terjun Kelumbayan Tanggamus
Foto: Himasylva Unila

Tak perlu khawatir karena masyarakat disana sangat friendly dengan wisatawan. Anda juga bisa meminta tolong untuk diantarkan ke lokasinya, ada salah satu pemuda yang bisa anda mintai pertolongan bernama Mas Slamet. Beliau adalah salah satu tourgaet yang handal.

Alasan kenapa harus menggunakan tourgaet karena medan menuju Air Terjun Kelumbayan cukup berbahaya.  Pertama anda akan melewati perkebunan kopi dengan kendaraan roda dua, jalannya masih sempit serta banyak tanjakan serta turunan yang licin ketika hujan.

Setelah itu anda berjalan kaki menaiki beberapa lembah dan ngarai serta beberapa sungai kecil. Terakhir sebelum sampai anda akan ditantang dengan jalan setapak di dalam hutan dengan jurang terjal disisi jalan tersebut. 

Beberapa titik bahkan jalan batu licin yang sampingnya jurang terjal. Namun percayalah bhawa itu masih di ambang batas aman untuk wisatawan, hanya saja adrenalin anda sedikit diuji. 


Air Terjun Kelumbayan Tanggamus
Foto: Tim Desdam Himsylva Unila

Sesampainya di sungai yang merupakan aliran dari Air Terjun Kelumbayan anda akan dimanjakan dengan beningnya air dan suasana sejuk ala rimba raya. Melihat sungainya saja anda pasti tak sabar ingin berjumpa dengan arter nya. 

Sebenarnya menurut masyarakat sekitar terdapat 4 tingkat air terjun, namun biasanya pengunjung hanya sampai ke tingkat ke 2 karena rutenya yg ekstrim dan susah dijangkau. Ketinggian ke empat arter tersebut relatif sama yaitu 15 sampai 20 meter.

Air terjun yang dibahas kali ini adalah yang pertama atau yang paling bawah, ada yang menamainya dengan Air Terjun Gadis. Hal ini karena ada batu yang bentuknya mirip dengan rupa wajah seorang gadis.  

Disini ada potongan batang pohon yang mengarah ke atas jatuhnya air terjun, sehingga bisa anda naiki sekaligus pijakan melompat ke bawah. Air disini cukup dingin, banyak bebatuan yang indah untuk dijadikan berfoto.

Air Terjun Kelumbayan Tanggamus
Foto: Tim Desdam Himsylva Unila

Selain hal-hal yang disebutkan diatas anda juga bisa melihat beberapa satwa liar yang ada disekitar air terjun kelumbayan. Sawta seperti Siamang, Monyet Putih, Burung Elang, Rangkong dan Musang masih mudah ditemui disini. 

Salah satu mahasiswa Jurusan Kehutanan Universitas Lampung bahkan melakukan penelitian tentang keberadaan Siamang di Hutan Kelumbayan Tanggamus.

Nah itulah gambaran beberapa keindahan dari Air Terjun Kelumbayan Tanggamus. Tentunya bisa menjadi alternative tambahan liburan anda. Terutama ketika anda berwisata ke Pantai Gigi Hiu atau Teluk Kiluan

Mampir disini bisa membersihkan sisa air laut selepas anda berenang tadi, lokasinya pun tak jauh dari kedua spot tersebut jadi sayang kalau anda tidak menyempatkan mampir. Silahkan mencoba.
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter