Sunday, July 23, 2017

Cara Membuat, Sejarah dan Kandungan Gizi Seruit

Cara Membuat, Sejarah dan Kandungan Gizi Seruit. Salah satu makanan khas asal Lampung yang sudah sangat terkenal adalah Seruit.

Seruit merupakan makanan khas yaitu masakan berbahan dasar ikan yang digoreng atau dibakar dicampur sambel terasi, tempoyak (olahan durian) atau mangga. 

Ikan yang biasa digunakan bermacam-macam sesuai selera dan ketersediaannya.

Cara Membuat, Sejarah dan Kandungan Gizi Seruit
Foto oleh @encim.gendut via IG, salah satu tempat makan seruit di Bandar Lampung

Bisa juga menggunakan Ikan Tongkol, namun umumnya menggunakan ikan air tawar yang asalnya dari sungai atau rawa seperti Ikan Layis, belida atau Ikan Baung. 

Walaupun sebenarnya serut ini tergolong masakan asli Suku Lampung namun beberapa suku lain yang tinggal di Provinsi Lampung cukup menggemari kuliner lezat ini.

Sejarah Penamaan Seruit

Penamaan seruit ini berasal dari kata seruit atau seruwit berasal dari kata nyeruit (nyekhuit) yang artinya makan secara bersama-sama atau bareng-bareng. 

Hal ini muncul karena masyarakat Lampung dulunya suka berkumpul dengan keluarga dan sanak saudara maupun tetangganya.

Hingga saat ini pun mereka masih gemar berkumpul untuk sekedar bersilaturahmi. Tak jarang sampai saat ini tradisi nyeruit / nyekhuit masih sering dijumpai di kalangan masyarakat Lampung. 

Apalagi para tetua (Tetohow) atau orang tua masih sering mengajarkan dan member tahu prihal kearifan lokal ini. 

Dari adat istiadat itu hingga saat ini tradisi nyeruit masih biasa ditemui di Daerah Lampung. 

Oleh sebab itu seruit sangat kental dengan adat budaya ulun (orang) Lampung dan diyakini akan tetap lestari di zaman modern ini.

Kandungan Gizi Seruit

Banyak yang menanyakan apa saja kandungan gizi dari seruit ini, jelas jika kita lihat dari bahan dasarnya yaitu ikan, tentu ada kandungan protein tinggi ada di dalamnya. 

Namun tidak hanya itu, Kandungan gizi nya pun cukup lengkap seperti protein, lemak, dan vitamin yang sangat baik untuk tubuh.

Apalagi jika saat pemasakannya di tambahkan bahan dengan kandungan gizi tinggi lainnya. Contohnya adalah Mangga Kweni, Durian dan Tomat. 

Nah dengan percampuran unik dari bahan seruit anda bisa membayangkan bagaimana isi kandungan gizi dan manfaatnya untuk tubuh kita. Selain lezat tentu anda akan mendapat asupan bermanfaat dari seruit.

Cara Membuat Seriut Enak dan Lezat

Cara membut seruit sebenarnya cukup mudah, bahan-bahan yang dibutuhkan juga tidak sulit dicari. Anda bisa mencobanya dirumah dan merasakan enaknya seruit dari tangan anda sendiri.

Bahan-bahan Membuat Seruit:
• 500 gram ikan (Gunakan sesuai selera anda )
• 1 sendok makan air jeruk nipis
• 2 siung bawang putih (dihaluskan / usahakan di ulek)
• 150 gram mangga kweni/kueni (dipoton memanjang dan tipis)
• 1 buah tomat (dipoton memanjang dan tipis)
• 50 ml air panas (80 Derajat)
• 1 sendok teh garam
Bumbu yang dihaluskan :
•    6 butir bawang merah
•    4 buah cabai merah
•    1/2 sendok teh terasi (digoreng)
•    1 sendok teh garam
•    1 sendok teh gula pasir
Langkah-langkah membuatnya :
  1. Lumuri ikan dengan menggunakan air jeruk nipis, garam dan bawang putih yang sudah dihaluskan tadi, lalu biarkan selama kurang lebih 20 menit. Selanjutnya bakar ikan hingga matang, lalu angkat dan suwir-suwir ikan tersebut.
  2. Campurkan potongan mangga kweni/kueni, tomat dan suwiran ikan yang sudah bakar tadi, lalu aduk-aduk hingga merata. Campurkan bumbu yang sudah dihaluskan bersama dengan air panas. Selanjutnya siramkan campuran air dan bumbu ke dalam suwiran ikan, aduk hingga rata dan seruit siap disajikan.
Penyajian Seruit Yang Enak

Ya untuk penyajian makanan tentunya sesuai selera anda. Namun ada hal yang penting yaitu mengenai nyeruit yang telah dibahas di paragraph pertama. 

Anda bisa makan seruit bersama-sama dengan keluarga, kerabat dan orang terdekat anda. Akan lebih nikmat jika hal itu dilakukan loh.

Untuk mengurangi rasa pedas setelah makan seritu ini anda bisa membuat minuman segar dari mangga yang tadi digunakan atau es timun, bisa juga es durian Lampung. 

Bahan yang digunakan pada metode pembuatan ini cukup kok untuk sekitar 5-6 orang. Jika anda ingin lebih banyak orang yang mencicipi silahkan ditambahkan dengan melipatkannya.

Nah itulah sejarah, kandungan gizi, cara membuat dan penyajian dari makanan legendaries dan khas asal Lampung bernama seruit. 

Cukup mudah dan sederhana kan cara membuatnya. Jadi silahkan anda coba ya, dang jangan lupa nyeruit nya.
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter