Monday, July 31, 2017

Inilah 12 Tempat Wisata di Lampung Tengah Terbaru

Majalah Lampung. - Inilah 12 Tempat Wisata di Lampung Tengah Terbaru. Lampung Tengah merupakan salah satu kabupaten di Lampung yang resmi berdiri pada 21 Juni 1945. 

Salah satu yang terkenal dari kabupaten ini yaitu perkebunan singkong dan karet. Ibu kota kabupaten yaitu Kota Gunung Sugih. 

Salah daerah yang terkenal disini yaitu Kota Bandarjaya, dimana pusat perbelanjaan berjejeran dan merupakan pertemuan dari beberapa titik jalan lintas Sumatra.

Namun sebenarnya Tampung Tengah menyimpan beberapa tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Tempat wisata di Lampung Tengah sebenarnya belum banyak dikenal seperti yang ada di Pesawaran, Lampung Barat dan Tanggamus. 

Padahal kabupaten ini cukup mudah untuk akses nya, dari Bandar Lampung hanya membutuhkan waktu tempuh 1 sampai 1,5 jam. 

Dari Bandara International Radin Inten II sekitar 1 jam perjalanan. Jalan tol dari Pelabuhan Bakauheni menuju Lampung Tengah pun akan tersedia. 

Dan salah satu exit tol nya berada di pusat kabupaten ini yaitu Bandarjaya Terbanggi Besar



Tempat Wisata di Lampung Tengah


Salah satu tempat wisata di Lampung tengah yang cukup terkenal adalah Curup Tujuh. Padahal tempat lain seperti Danau Bekri, Masjid Bandar Jaya, Plaza Bandarjaya bisa menjadi alternatif wisata di kabupaten ini. 

Dan berikut adalah 12 tempat wisata di Lampung Tengah yang bisa anda jadikan untuk piknik, liburan maupun rekreasi lainnya.

1. Curug Tujuh

Letaknya ada di tengah hutan, ketinggian Curug Tujuh Lampung Tengah sekitar 75 m. Alamatnya di Desa Marga Jaya, Kecaamatan Padang Ratu.

Air yang mengaliri curug ini merupakan aliran dari Sungai Way Seputih. Untuk jarak dari Kota Gunung Sugih sekitar 32 km dengan waktu tempuh 2 jam. 

Kelebihan tempat wisata ini di Lampung Tengah satu ini yaitu suasana yang masih asri, sejuk dan alami karena jarang dikunjungi. Nuansa rimba raya bisa anda dapati saat berkunjung ke lokasi ini.

2. Bukit Batu Tumpang

Tempat ini hits dikalangan anak muda, cocok untuk pemburu tempat wisata yang fotogenik atau instagramable. 

Yang unik di Batu Tumpang Lampung Tengah ini yaitu keberadaan dua batu yang berukuran kecil yang mampu menopang sebuah batu yang berukuran lebih besar, sehingga terkesan magis. 

Pemandangan alam sekitar juga sangat indah. Alamatnya di Desa Payung Rejo, Kecamatan Pubian. Tempat ini sering dijadikan tempat hunting kalangan muda di Lampung Tengah.

3. Danau Bekri

Salah satu danau yang cukup jadi primadona di kalangan masyarakat Lampung khususnya Lamteng ini terbentuk dari dua danau yang menjadi satu. 

Yang unik dari Danau Bekri yaitu di tengah danau terdapat sebuah tempat yang mirip dengan pulau. Disediakan jembatan menuju pulau tersebut sehingga lebih menambah betah pengunjung. Alamat nya di Seputih Mataram. 

4. Danau Tirta Gangga

Danau Tirta Gangga merupakan salah satu destinaasi wisata di Lampung Tengah yang dipengaruhi oleh masyarakat keturunan Hindu Bali yang menetap di Lampung karena mengikuti program pemerintah yaitu transmigrasi.

Di situlah terdapat patung Bima yang sedang bertarung dengan naga Nemburnawa. Wisata ini sangat kental dengan legenda, cocok untuk anda yang suka dengan hal seperti itu.

5. Tugu Kopiah Emas Gunung Sugih

Tugu Kopiah Emas ini ada di Kota Gunung sugih. Terdapat patung yang sangat ikonik berbentuk kupiah (pakaian adat khas Lampung) disini, selain itu juga ada lapangan bola dan air mancur yang membuat suasanan disini cukup santai.

Ketika hari libur dan akhir pekan tempat ini ramai oleh warga sekitar. Saat mudik lebaran juga banyak pemudik yang sengaja beristirahat disini, maklum saja suasana yang sejuk bisa melepas rasa lelah. 

Malam minggu biasanya ramai pemuda yang nongkrong alias nongki disini, maklum saja disini banyak penjual kuliner.

6. Masjid Istiqlal Bandar Jaya
Kemegahan masjid yang terletak pusat Kota Bandarjaya ini cukup terkenal di Lampung dan masuk dalam kategori masjid megah di Lampung. 

Mampir disini dan menyempatkan beribadah bisa anda lakukan. Selain hal tersebut di lingkungan masjid juga banyak penjual kuliner yang bisa anda nikmati. 

Tidak susah menemukan masjid ini, berada di Jl lintas Sumatra depan plaza Bandar jaya. Koleksi foto masjid ini bisa anda lihat di akun Instagram @masjid_lampung. 

Masjid ini masuk ke daftar 10 masjid termegah di Lampung
Berikut Ulasannya



7. Kolam Renang Telaga Putri

Tempat wisata buatan ini cocok untuk mnngisi akhir pekan anda tentunya baik bersama keluarga, teman atau rekan kerja. 

Selain kolam untuk mandi, disini juga terdapat banyak wahana permainan. Misalnya saja kolam seluncur, perahu bebek, kolam dewasa dan juga anak. Alamat nya JL Seputih Banyak, SB14. Tiket masuk : Rp 10.000 / orang. Jam buka : 08.00 – 17.00.

8. Bukit Batubara

Wisata di Lampung Tengah bernama  Bukit Batubara terbilang baru. Sebelumnya tempat ini adalah bekas lahan tambang yang sudah tidak  beroperasi. 

Cukup hits di media sosial seperti instagram karena sangat fotogenik. Ada suguhan bentang alam berupa bukit yang menjulang tinggi disini. Alamat nya di Desa Linggapura, Selagai Lingga.

9. Gua Maria Fajar Mataram

Sampai saaat ini salah satu tempat wisata di Lampung Tengah bernuansa religi  ini  masih aktif digunakan sebagai tempat ibadah para pemeluk katolik dan tidak dibuka untuk umum sebagai tempat rekreasi. Alamat nya di Desa Merapi, Kelurahan. Fajar Mataram, Kec.Seputih Mataram.

10. Plaza Bandar Jaya

Setelah direnovasi oleh pihak pemerintah, plaza Bandarjaya yang merupakan pusat bisnis dan perbelanjaan di Lamteng ini cukup tertata rapih. 

Anda yang ingin berwisata belanja, tempat ini sangat rekomended. Alamat nya di Jl. Proklamator Raya, Bandarjaya Timur, Terbanggi Besar.

11. Telogo Rejo Sendang Baru
Tempat ini selain cocok untuk berrekreasi, juga bisa untuk memancing ikan. Alamat nya di Desa Sendang Baru, Kecamatan Sendang Agung.


12. Danau Biru Tambang Kapur Batu Padas

Awalnya adalah bekas lokasi tambang, namun karna keindahan air yang berwarna biru membuat beberapa orang mempostingnya di media sosila dan tempat ini selanjutnya ramai dikunjungi. Alamatnya di Desa Payung Mulya, kecamatan Pubian. 

Itulah 12 tempat wisata di Lampung Tengah yang bisa anda jadikan refrensi liburan atau piknik. Sebenarnya masih banyak potensi wisata di Lampung Tengah yang belum banyak di eksplore dan dikelola dengan baik.

Apakah anda tertarik mengunjungi spot tersebut. Selamat mencoba.
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter