Wednesday, July 19, 2017

Inilah 8 Air Terjun Di Way Kanan Yang Mempesona Banget

Majalah Lampung. - Inilah 8 Air Terjun Di Way Kanan Yang Mempesona Banget.  Kali ini kita akan membahas 8 Air Terjun yang mempesona di Kabupaten yang tersohor oleh deretan air terjunnya. 

Kabupaten Way Kanan terkenal dengan banyaknya air terjun, salah satu air terjun yang di gadang-gadang merupakan tertinggi di Lampung ada di kabupaten ini yaitu Air Terjun Putri Malu. Sebenrnya apa sih air terjun ? 

Air terjun adalah formasi geologi dari arus air yang mengalir melalui suatu formasi bebatuan yang mengalami erosi dan jatuh ke bawah dari ketinggian. Air terjun dapat berupa buatan yang biasa digunakan di taman. Beberapa air terjun terbentuk di lingkungan pegunungan di mana erosi kerap terjadi. 

Jika melihat kondisi geografisnya memang sebgaian wilayah kabupaten Way Kanan berupa pegunungan, maka tak heran jika banyak air terjun di Way Kanan yang terkadang juga disebut dengan curug, atau curup.

Sebenarnya beberapa air terjun di Way Kanan sudah cukup terkenal dan terekspos di berbagai media seperti blog, website dan berbagai media online bahkan media cetak. 

Beberapa waktu lalu juga pemerintah Way Kanan melalui dinas pariwisata mengundang beberapa blogger untuk memperkenalkan potensi wisatanya.  Namun beberapa lokasi masih belum banyak diketahui oleh beberapa orang. Padahal dari catatan kami, ada 43 tempat wisata di Way Kanan yang sangat berpotensi.

Salah satu blogger terkenal di Lampung yaitu Yopiefrans menulis di salah satu web nya  Keliling Lampung bahwa saat ini ada banyak kontak yang bisa kita hubungi jika kita akan berwisata ke way kanan Way Kanan. Sudah ada beberapa komunitas yang aktif di instagram.

Anda  bisa follow semua akun –akun ini: @kelilinglampung_ @lampunginsta @infolampung @lampuung dll. Atau akun-akun lokal di Way Kanan seperti:  @waykanan_insta @waykanankece @pemulawaykanan @wisata_waykanan. Beberapa akun instagram tersebut bisa anda jadikan refrensi sebelum mengunjungi spot air terjun di Way Kanan.

1. Curup / Curug Gangsa, Sangat Fotogenik
Baru-baru ini di instaram banyak sekali yang menampilkan betapa menakjubkannya air terjun atau curug ini.  Terletak di Kecamatan Kasui rute yang bisa anda pilih bisa dari Baradatu bisa juga dari Blambangan umpu.  

Jika melewati simpang Blambangan Umpu (simpang 4), waktu tempuhnya sekitar 1 jam. Ketinggian curug ini sekitar 50 meter dan lebar 20 meter. Kalau untuk berfoto-foto air terjun ini sangat bagus, bisa anda lihat di beberapa contoh di bawah ini. 

Menurut masyarakat Kasui, air di sini merupakan sumber dari beberapa sawah milik mereka karena lokasi air terjun ini berada di ujung.

 Air Terjun Di Way Kanan
Sumber foto (Sumber Foto @masteguh78)

 Air Terjun Di Way Kanan
Sumber foto (@riyanda_chaikal)

2. Pesona Air Terjun Putri Malu Yang Sangat Tinggi
Air tejun ini terletak di dusun Juku Batu Kecamatan Banjit. Menurut beberapa sumber air terjun putri malu memilki ketinggian sekitar 100 m, jadi bisa anda bayangkan betapa deras air yang jatuh dari atasnya.  Rute Air Terjun Putri Malu sudah pernah kami ulas secara lengkap beserta sejarah dan misterinya. 

Tak susah menemukan jalan menuju lokasi ini, dari Jl Sumatera anda bisa berhenti di Baradatu, temukan SMUN Baradatu lalu ikuti jalan masuk ke SMU tersebut. Selama perjalanan anda akan disuguhkan pemandangan perkebunan kopi dan pegunungan.

Air Terjun Di Way Kanan
Sumber foto (@waykanan_insta)

3. Air Terjun Bukit Duduk Yang Nyumput
Berlokasi tak jauh dari air terjun putri malu, air terjun batu duduk ini belum banyak diketahui oleh banyak orang namun bisa dibilang air terjun ini “nyumput” . 

Mengapa demikian karena letaknya tersembunyi diantara rimbunnya pohon dan semak belukar. Untuk arus airnya tidak terlalu deras dan besar namun keindahannya sangat recomended untuk fotografi. Airnya pun cukup dingin untuk mandi.

 4. Curup Anggal Talang Kisam
Letaknya di Dusun 8 Talang Kisam, Desa Suka Negeri, Kecamatan Gunung Labuhan. Perjalanan menuju lokasi alias medan nya tidak terlalu susah hanya 2 km.  Tidak terlalu deras namun lokasinya tidak jauh dari jalan lintas sumatera sehingga bisa dibilang aksesnya.

5. Curug Semarang / Kayuagung Baradatu
Letaknya ada di Desa Bhakti NegaraAir. Masyarakat sekitar mengenal air terjun ini dengan sebutan air terjun Semarang.  

Air terjun ini sering dikunjungi oleh warga masyarakat di kematan Baradatu. Saat kami mewawancarai beberapa masyarakat, mereka mengatakan bahwa pada tahun 90 an air terjun ini banyak pengunjungnya namun beberapa belakangan ini volume debit airnya menurun sehingga air terjun ini tidak terlalu deras. 

Air Terjun Di Way Kanan
Sumber foto (@nendymaizar)

6. Curup Kinciran
Belum jelas kenapa dinamai dengan air terjun kinciran. Tidak terlalu besar namun cocok untuk melepas penat anda. Letaknya di Kampung Bengkulu Tengah kecamatan Gunung Labuhan.

Air Terjun Di Way Kanan
Sumber foto (@wijatnikaika)

7. Curup Sembilan
Bukan jumlahnya ada Sembilan, namun penamaannya karena letak nya berada di Kampung Talang Sembilan, Desa Sukajadi, Kecamatan Kasui.

8. Keindahan Air Terjun Pinang Indah
Ketinggian air terjun ini sekitar 17 meter, aliran cukup deras. Curup Pinang Indah ini lokasinya berada di Desa Gunungsari, Kecamatan Rebang Tangkas.

Air Terjun Di Way Kanan
Sumber foto (@devaratnasari)

Banyak yang sudah familiar dan mengenal bahwa julukan Way Kanan adalah negeri 1001 air terjun, hal ini karena banyaknya air terjun yang terdapat di Way Kanan, ke 8 air terjun yang dibahas ini hanyalah beberapa yang telah berhasil kami eksplore, sebenarnya masih banyak lagi curup-curup indah disini.

Dengan total luas sekitar 3922 km2, atau sekitar 10% luas Lampung, pasti banyak lagi air terjun yang masih tersimpan. 8 air terjun di Way Kanan yang mempesona dan telah hits ini mewakili beberapa spot wisata alam yang indah ini, selamat berkunjung. Way Kanan Negeri 1001 Air Terjun:)
2 comments:
Write comments
  1. Ada banyak,sayang akses dan rute perjalanan ke air Terjun Way Kanan masih kurang bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, semoga saja segera diperbaiki. Air terjun tersebut berpotensi menjadi wisata unggulan Way Kanan dan Lampung

      Delete

Join Our Newsletter