Sunday, July 30, 2017

Kenalkan Hepatitis, Kemenkes Ajak Tapis Blogger Ramaikan Hastag #EliminasiHepatitis


Minggu 30 juli 2017 bertempat di Hotel Asoka Luxury Bandar Lampung, Kementerian Kesehatan mengadakan acara temu blogger peringatan hari hepatitis sedunia ke 8 dengan tema “Eliminasi Hepatitis Menuju Keluarga Sehat”. Tak kurang dari 30 blogger mastah dan newbi Lampung tumpah ruah di acara ini. 

Dalam kesempatan ini disampaikan mengenai macam-macam virus hepatitis, penyebabnya, cara mencegah, penaggulangan, sejarah peringatan hari hepatitis, dan materi lainnya terkait hepatitis. Sebelum materi disampaikan terdapat kuis untuk para peserta, kuis online ini mengenai virus hepatitis. Lalu apa saja materi yang disampaikan dalam kesempatan ini. Pertama-tama pengenalan tentang apa sebenarnya hepatitis itu, selanjutnya dipaparkan penjelasan lebih dalam laiinya. Dan berikut adalah urainnya:

Perayaan Hari Hepatitis Sedunia
Hari hepatitis sedunia jatuh pada tanggal 28 Juli pada tiap tahunnya. Bangganya Indonesia adalah negara pemrakarsa peringatan hari hepatitis sedunia. Di Negara kita  peringatan hari hepatitis bertujuan untuk meningkatkan perhatian, kepedulian dan pengetahuan masyarakat tentang penanggulangan virus hepatitis. Kedepannya masyarakat diharapkan semakin lebih paham tentang bahayanya virus ini, dan kemudian mampu menghindarinya.


Apa Itu Hepatitis ?
Hepatitis diartikan sebagai proses peradangan pada sel sel hati yang disebabkan oleh bakteri, virus, obat-obatan, perlemakan, alkohol dan lainnya. Dari beberapa penyebab tersebut yang paling banyak adalah penyebab  dari infeksi virus, bakteri dan parasit. Hepatitis virus terdiri dari hepatitis A, B, C, D dan E.

Hepatitis A
Penyebab  dan Penceghan Hepatitis  A
Hepatitis A sering terjadi dalam bentuk kejadian luar biasa (KLB) dimana umumnya terjadi pada pencemaran air minum, makanan yang tidak dimasak yang tercemar, hygiene dan sanitasi buruk. Gejala klinis  Hepatitis A bervariasi dari yang ringan sampai berat berupa demam, lemas, kurang nafsu makan, mual, muntah dan urine berwarna seperti teh.

Pengobatan Hepatitis A : tidak ada pengobatan khusus untuk hepatitis A, pengobatab besifat simplomatik dan menjaga keseimbangan nutrisi. Setiap orang beresiko tertular hepatitis A, saat ini sudah ada 3 vaksin untuk hepatitis A. Fakta penting yang perlu diketahui tentang hepatitis A adalah bahwa hepatitis A tidak dapat ditularkan melalui keringat, jabat tangan, udara, ait dan bersin tetapi dapat tertular melalui makanan yang tercemar. Berikut adalah cara pencegahanya:
  • Menjaga kebersihan setiap diri seperti cuci tangan dengan sabun dan pengolahan makanan secara benar
  • Pembuangan tinja yang saniter
  • Penyediaan air bersih dan distribusinya yang steril
  • Imunisasi
Hepatitis B
Hepatitis B adalah suatu penyakit infeksi yang menyerang hati dan bersifat akut atau kronik serta dapat menyebabkan sironis dan kangker hati. Diperkirakan 2 milyar penduduk dunia telah terinfeksi virus hepatitis B, bahkan diperkirakan 600.000 jiwa meninggal tiap tahunnya.

Cara Penularan Hepatitis B dan Pencegahan Hepatitis B
Cara penularannya dibagi menjadi dua yaitu secara vertikal dan horizontal. Penularan secara vertikal terjadi pada masa perinatal yaitu penularan dari ibu kepada anaknya yang baru lahir, jika seorang ibu hamil carier hepatitis B dan HbeaG positif maka 90 % kemungkinan terinfeksi dan menjadi carier.

Kemungkinan 25 % dari jumlah tersebut akan meninggal karena hepatitis  kronik atau kangker hati. Selanjutnya adalah penularan secara horizontal yaitu dari individu satu ke individu lain contohnya dengan jarum suntik yang tidak steril. Pencegahan hepatitis B  dapat dilakukan dengan menghindari faktor resiko yaitu mencegah kontak virus, dan pemberian kekebalan melalui imunisasi.

Hepatitis C
Setiap tahun 3 – 4 juta orang terinfeksi hepatitis C dan sekitar 150 juta penduduk dunia menderita Hepatitis C kronis yang berpotensi menjadi sirosis atau kangker hati serta diperkirakan 350.000 orang meninggal per tahunnya . Cara penularan Hepatitis C yaitu Kontak dengan darah penderita (jarum suntik, tato, tindik dll), dari ibu yang menderita dan seksual.

Pencegahan Hepatitis C
Saat ini TIDAK TERSEDIA vaksin Hepatitis C, jadi pencegahan diutamakan menghindari faktor resiko. Kedengaran seperti ekstrim memang, jadi yang perlu kita lakukan adalah menghindari penyebabnya. Namun apakah hepatitis C dapat diobati ? ya, saat ini telah tersedia obat untuk hepatitis C.

Hepatitis D dan Hepatitis E
Virus (HDV) infeksi hanya menyerang pada mereka yang terinfeksi HBV. Infeksi ganda HDV dan HBV dapat mengakibatkan penyakit yang lebih serius dan hasil yang lebih buruk. Hepatitis E virus (HEV) sebagian besar ditularkan melalui konsumsi air atau makanan yang terkontaminasi. HEV merupakan penyebab umum dari wabah hepatitis.

Nah itulah beberapa materi yang bisa Majalah Lampung dapatkan dari pemaparan dan buku saku yang diberikan oleh panitia. Cukup berbahaya virus hepatitis ini bagi kita kan. Yang perlu anda ingat bahwa hepatitis ada di sekitar kita, maka kenali gejalanya dan obati, itulah pesan akhir yang disampaikan.

Hastag #EliminasiHepatitis Jadi Trending Topik di Twitter. Selama acara ini berlangsung para peserta dari anggota Tapis Blogger terus berbagi kicauan seputar hepatitis, ada yang berkicau mengenai acaranya dan banyak juga yang berbagi pengetahuan tentang virus hepatitis. Beberpa jam saja hastag #EliminasiHepatitis sudah bertengger di peringkat 2 trending topik di twitter. 


Setelah materi selesai dipaparkan, pihak panitia memberikan hadiah kepada beberapa blogger yang beruntung. Acara pun di tutup dengan sesi foto bersama antara pihak Kemenkes dan anggota Tapis blogger. Semoga dengan acara ini jumlah penderita hepatitis di Lampung dapat berkurang, amin
2 comments:
Write comments

Join Our Newsletter