Sunday, July 9, 2017

Para Remaja Bisa Contoh Risma IRIMBI Baitusolihin Tegajul

Remaja adalah calon pemegang amanat agama nusa dan bangsa. Remaja menjadi tabungan untuk kemajuan suatu bangsa dan peradaban. 

Ketika masa remaja diisi dengan hal hal atau kegiatan positif yang bermanfaat, bukan tidak mungkin kelak si remaja itu memanen kebaikan.


Risma IRIMBI Baitusolihin Tegajul


Salah satu kelompok remaja di Lampung, tepatnya Desa Tegajul,  Way Tenong bernama IRIMBI yaitu Ikatan Remaja Islam Masjid Baitusolihin mempunyai kegiatan yang sangat positif dan inspiratif. 

Kegiatan yang sudah dilakukan belasan tahun ini akan jarang kita temui di tempat-tempat lain di Lampung bahkan di Nusantara. 

Setiap hari raya idul fitri atau lebaran, tepatnya di hari pertama mereka melakuka halal bihalal dengan mengelilingi setiap rumah di desanya. 

Dari rumah di ujung timur sampai barat mereka masuki untuk bersilaturahmi dengan tetangga, orang tua, saudara, tokoh desa dan juga sesepuh desa. 

Belasan sampai puluhan dari anggota IRIMBI terdiri dari latar belakang yang berbeda muali dari pelajar, mahasiswa, pegawai kantor, perantau, petani muda dan lain sebagainya. 

Hal itu tidak membatasi mereka untuk bersama melakukan kegiatan halal bihalal ini. Kegiatan ini diajarkan oleh para guru ngaji atau alumni dari IRIMBI yang terus memberi  dorongan  serta dukugan kepada mereka.


Risma IRIMBI Baitusolihin Tegajul


Seperti yang dilakukan pada lebaran tahun ini, IRIMBI kembali menggelar halal bihala keliling kampung. 

Mulai dari pukul 09:00 WIB diawali dengan berkumpul di Masjid Baitusolohin mereka bergegas mengunjungi salah satu rumah yang berada di ujung desa dan melanjutkanya sampai di ujung desa satunya.

Menurut salah satu warga mengatakan bahwa kehadiran para remaja yang tergabung dalam IRIMBI ini sangat ditunggu-tunggu, dimana rumah mereka akan ramai dan juga merasa senang sudah di kunjungi. 

Dengan hal ini para anggota IRIMBI berharap semakin erat silaturahmi mereka kepada warga dan juga menambah keakrapan dari anggota.


Risma IRIMBI Baitusolihin Tegajul


Total sekitar kurang lebih 40 rumah mereka  kunjungi di hari itu, para anggota IRIMBI hanya beristirahat saat waktu solat, mengingat butuh waktu cukup banyak untuk berkeliling ke rumah sebanyak itu. 

Saat malam pun mereka melanjutkan dengan mengunjungi kediaman salah satu ustad mereka yaitu Bapak Koiri. 

Tak ketinggalan juga rumah para tokoh-tokoh desa seperti lurah, kepala dusun serta tokoh lainnya mereka ampiri.

Sungguh suatu hal yang sangat positi dan inspiratif untuk para remaja di desa laiinya, Para remaja bisa mencontoh kegiatan halal bihalal yang dilakukan oleh Risma IRIMBI Baitusolihin. 

Selain itu persatuan dan kerukunan para anggota patut di contoh kalangan remaja saat ini mengingat sering terjadinya konflik antar remaja sesama desa yang diakibatkan buruknya komunikasi dan jarangnya bersosialisasi. 

Sebenearnya selain halal bihalal ini IRIMBI juga memiliki kegiatan lain seperti pengajian, kepanitiaan pembangunan masjid, kepanitiaan hajatan desa, dan kunjungan ke para ustad. 

Pengajian dilakukan bergiliran di rumah-rumah para anggota, bertujuan untuk menambah pengetahuan mengenai agama islam dan berisikan nasehat. 

Kepanitiaan pembangunan masjid dilakukan saat ada pembangunan masjid di desa, begitupun juga dengan kepanitiaan hajatan yang dilakukan saat adanya hajatan pernikahan atau khitanan. 

Sedangkan kunjungan ke para ustad dilakukan biasanya saat lebaran ke 4 atau 5.
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter