Sunday, July 9, 2017

Tegajul, Desa Kecil di Kaki Gunung Sekincau

Majalah Lampung - Dusun Tegajul Desa Padang Tambak. Suasana khas pedesaan kental disini, ada perkebunan kopi dan kebun sayuran. 

Maklum saja mayoritas penduduk desa Tegajul (sebenarnya Dusun Tegajul) adalah petani kopi, dan petani sayuran. 

Tanah di desa ini tergolong sangat subur, sayuran, kopi dan tanaman lainnya tumbuh subur dengan bantuan berbagai macam pupuk.

Desa Tegajul Padang Tambak
View Gunung Sekincau


Maklum saja wilayah Desa Tegajul berdekatan dengan kawasan hutan Taman Nasional Bukit Barisan selatan, jadi memang sangat dekat sekali dengan hutan yang banyak menyimpan unsur hara penyubur tanah. S

ebenarnya Desa Tegajul masuk ke dalam wilayah administrastif Pekon Padang Tambak Kecamatan Way Tenong Kabupaten Lampung Barat. 

Dan nama dusunnya adalah Dusun Argosari, namun entah dari mana orang memanggil dusun ini sebagai Desa Tegajul.

Sama dengan desa lain pada umumnnya, desa yang terletak di kaki Gunung Sekincau ini memiliki fasilitas umum untuk melayani warga desa. 

Untuk jenjang pendidikan terdapat Pendidikan anak usia dini (PAUD), Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah pertama (SMP) dan Taman Pengajian Anak-anak. Untuk fasilitas ibadah terdapat 1 buah bangunan masjid dan 1 buah mushola yaitu Mushola Baitusholihin. 

Ada juga tempat pemakaman umum, cucian mobil, saluran air bersih dari hutan, bendungan atau cik dam, puskesdes, pos ronda, dan menurut kabar yang beredar akan di bangun sebuah rumah sakit megah bernama rumah sakit meca nusantara.

Desa Tegajul ini membagi wilayahnya dengan sebutan Tegajul  Bawah atau wetan dan Tegajul Atas atau kulon, hal ini karena wilayahnya berada di arah-arah tersebut. 

Mayoritas suku adalah Jawa dan Semendo, ada juga Batak, Padang, Lampung, dan Sunda. Keberagaman tersebut tidak pernah mengakibatkan konflik yang serius di desa ini.

Banyak juga yang mengenal desa ini karena penjual ikannya, hal ini karena ada sebagian warga yang ber profesi sebagai penjual ikan di pasar sekitaran Way Tenong, Sekincau, dan Air Hitam. 

Anda yang tinggal berada di sekitaran desa tegajul ini bisa mencari atau membeli ikan di pedagang ikan Desa Tegajul. Ikan yag di jual yaitu ikan mas dan lele.

Desa kecil di kaki Gunung Sekincau ini suhunya cukup rendah jadi udaranya bisa dikatakan dingin, tak jarang perantau dari desa ini yang keluar kota bisa kedinginan ketika pulang ke desa. 

Tidak susah mencari desa ini, terletak di Jl Lintas Liwa, jika anda dari arah Bandar Lampung dan sampai di Fajar Bulan makan waktu tempuh dari situ sekitar 10 menit. Dari kota Bandar Lampung sekitar 4 jam perjalanan.

Bisa dikatakan desa ini cukup berlimpah airnya, walaupun debit sungai tidak tinngi dan aliran tidak deras namun sungai- sungai kecil mengalir jernih di sekitaran desa ini. Aliran air berasal dari kawasan hutan, keberkahan tang diberikan tuhan.

Sebenarnya bukan cuma air saja yang bisa dimanfaatkan, namun di dalam hutan ini terdapat letusan atau gemburak yang bisa dijadikan lokasi wisata, melalui salah satu dusun yang tak jauh dari Desa Tegajul yang bernama Talang 6 anda bisa mengunjunginya. 

Itulah deskripsi singkat mengenai salah satu desa bernama Tegajul, desa kecil di kaki Gunung Sekincau. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih


Hastag: Profil Desa | Monografi | Padang Tambak | Way Tenong | Lampung Barat | Fajar Bulan | Sekincau | Talang 6 |
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter