Sunday, July 30, 2017

Ternyata Hunting Ke Pantai Kunyit Bandar Lampung Seru Juga

Majalah Lampung -  Mendengar nama Teluk Betung Bandar Lampung yang terbayang di benak adalah beberapa toko besar dan gudang lelangnya. Namun sebenarnya anda bisa mampir ke sebuah tempat bernama Pantai Kunyit Teluk Betung Bandar Lampung. Disini ada pemandangan bagus yang cukup fotogenik. Tempat ini tidak kalah dengan beberapa tempat romatis di Bandar Lampung

Ada beberapa sebutan untuk tempat ini yaitu Gunung Kunyit, Pantai Kunyit dan Bukit Kunyit.  Alamat pantai /gunung kunyit ini di Sukaraja Kecamatan Bumi Waras Teluk Betung Selatan Bandar Lampung. Untuk menemukan Pantai Kunyit tidak terlalu susah, ada gerbang menyeruapi perahu besar yang terletak di pinggir jalan, disitulah tempatnya.

Ada pantai yang cukup bagus, dari sini nampak jelas Pelabuhan Panjang dan lautan Teluk Betung jika menghadap ke timur, sedangkan jika arah sebaliknya terlihat padatnya Kota Bandar Lampung dan Bukit Garuntang, Bukit Artalita yang menjulang. 

Pagi dan sore hari adalah waktu yang cocok mengunjungi Pantai Kunyit. Jika anda berkunjung pagi hari ke Pantai Kunyit, maka yang akan anda nikmati adalah sunrisenya. Sedangkan kalau sore hari sunset tidak terlihat namun udara sore hari akan lebih sejuk.  Warga masyarakat sekitar juga ramai mengunjungi tempat ini.

Umumnya mereka memancing ikan atau sekeedar nongkrong saja. Tak sedikit pemancing yang datang dari jauh seperti Sukarame, Kemiling maupun Rajabasa.  Sebenarnya jika dikelola dengan baik tempat ini bisa menjadi alternatif ruang terbuka hijau atau tempat wisata di kota. Pantai ini juga bisa menjadi salah satu pantai di Lampung yang rekomended.

Jaraknya yang tidak jauh dari jantung kota sepertinya menjadi nilai lebih. Sempat ada kabar bahwa Pantai Kunyit akan dijadikan tempat wisata kuliner oleh Pemkot Balam, namun sampai sekarang masih belum ada realisasinya.

Pantai Kunyit Bandar Lampung
Foto: Andar Mahardika & Wawan Setiawan Majalah Lampung

Hal yang unik juga kadang terjadi di Pantai Kunyit Balam ini, ya masyarakat yang tinggal di sekitar juga menjadikan tempat ini untuk terapi, banyak warga yang merendam kakinya di air laut.  Kandungan garam yang ada di air laut mereka anggap dapat mengobati penyakit kulit.

Selain pantainya disini ada tempat yang tidak kalah menarikya. Ada lokasi yang dulunya adalah tambang batu, sebenarnya saat ini pun masih ada penambang namun sudah tidak se intens dulu. 

Uniknya tanah yang digali tersebut meninggalkan semacam bukit tinggi yang menjulang ke langit dan bisa anda naiki. Ada tali tambang yang terhubung ke puncaknya sehingga pengunjung bisa mencoba menaikinya.

Namun itu cukup berbahaya tentunya, hanya orang yang sudah ahli dalam panjat tebing rasanya yang bisa mendakinya. Namun bila dijadikan background foto cukup indah. Di sekitaran sini juga terdaat kolam sisa galian tambang batu yang indah, walaupun ukuranya kecil sekitar 5 x 7 meter saja namun warna hijau dari lumut  cukup instagramable.


Pantai Kunyit Bandar Lampung
Wawan Setiawan Majalah Lampung

Rute Perjalanan Menuju Pantai Kunyit Bandar Lampung
Inilah ancer-ancer atau arahan kalau anda berminat menginjungi. Kalau anda dari arah JL Gatot Subroto (lewat depan Hotel Novotel) maka lurus saja ke arah Teluk Betung.  Sampai ketemu lampu merah lalu belok kanan di jalur dua Teluk Betung (mengikuti jalur 2 tsb).

Jalan saja terus sekitar satu km setelah ada kuburan maka perhatikan gerbang besar berbetuk perahu. Itulah gang masuk menuju pantai kunyit.  Biasanya ramai terparkir mobil tronton atai fuso. Ikuti jalan tersebut sampai bertemu pantai. Ketika kami mengunjungi tempat ini tidak ada tiket masuknya alias gratis.

Nah itulah kira-kira sedikit info dan apa saja yang bisa anda lakukan ketika hunting ke Pantai Kunyit Teluk Betung Bandar Lampung.  Tempatya sederhana namun asik juga untuk sejenak melepas kepenatan di kota.
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter