Saturday, August 19, 2017

4 Cara Menyimpan Daging Agar Awet Sampai Setahun

Cara Menyimpan Daging Agar Awet Sampai Setahun

Cara Menyimpan Daging Agar Awet Sampai Setahun. Tahukah anda bagaimana cara mengawekan atau menyimpan daging agar tahan sampai setahun?

Problematika dalam menyimpan daging memang sering dialami oleh kita. Terkadang daging yang rencananya kita awetkan untuk diolah di waktu kemudian justru malah busuk di tengah jalan.

Apalagi saat idul adha tiba, akan banyak daging yang mampir kerumah. Selain itu juga kadang disaat perayaan-perayaan begitu kita sering bersengaja membeli daging dengan jumlah banyak.

Al hasil daging dirumah jadi menumpuk. Mau tidak mau harus diawetkan atau disimpan.

Sebenarnya jika metode penyimpanan tepat dan benar, daging mampu tetap dalam kondisi yang baik.

Bagaimana caranya?

Ribet atau tidak?

Baru baru ini sebuah akun istagram universitas gadjah mada memposting tentang cara menyimpan daging agar tahan setahun bahkan lebih.

Dan berikut adalah tipsnya: 

Cara menyimpan daging agar tahan setahun
  • Sebelum disimpan, daging jangan dicuci. Jika dicuci dengan air kran maka kuman-kuman akan masuk dan tinggal di pori-pori daging. Itu dapat merusak kualitas daging. Mencuci daging disarankan ketika akan dimasak.
  • Jika mendapat banyak daging, jangan menyimpan daging utuh di dalam freezer. Cara yang benar yaitu potong-potong daging hingga berukuran lebih kecil. Lalu simpan di plastic berukuran setengah kg atau satu kg. Jika mau masak, ambil satu kantong kecil, biarkan yang lain tiddak beku di dalam freezer. Daging dalam keadaan beku dapat disimpan lebih dari satu tahun.
  • Sebelum disimpan didalam freezer, simpan daging terlebih dahulu di dalam kulkas yang sejuk selama 4-5 jam. Setelah dingin baru dimasukan ke dalam freezer.
  • Jika akan memasak daging beku, jangan mencairkan es daging atau daging beku menggunakan air panas. Cara yang benar adalah meletakan daging beku tersebut di bawah air kran suhu normal. Setelah daging kembali empuk buka plastiK, cuci daging hingga bersih, tiriskan lalu dimasak. Ke 4 langkah tersebut sebenarnya sangat mudah untuk diaplikasikan. Selanjutnya kita akan membahas mengenai hal-hal yang menjadi penyebab kenapa daging tidak tahan lama.

Pada dasarnya penyebab utama pembusukan daging adalah mikroorganisme seperti jamur dan bakteri.

Keduanya memecah protein dan lemak sehingga daging menjadi busuk. Oleh sebab itu pada proses diatas disebutkan bahwa mencuci daging dengan air saat sebelum membekukan daging adalah hal yang salah.

Hal tersebut dikarenakan air bisa mengkontaminasi struktur pada daging, dengan tidak mencucinya maka resiko terkontaminasi menjadi berkurang.

Ukuran daging yang akan dibekukan juga perlu untuk diperhatikan. Ya, kalau bisa sesuaikan dengan porsi masak anda.

Kalau anda membuka plastik atau wadah daging beku maka daging beku akan terpapar udara.

Suhunya pun berubah, dan membuka peluang untuk mikroba masuk kedalam daging.

Lalu bagaimana jika mati listrik dalam jangka waktu lama?

Jawabannya cukup mudah, anda jangan membuka pintu freezernya agar suhu di dalamnya tidak berubah dengan cepat.

Itulah tips cara menyimpan daging agar awet sampai setahun. 4 langkah tersebut merupakan tips yang diunggah oleh halal center fakultas perternakan Ugm.

Sedangkan untuk penjelasan lanjutan bersumber dari pengalaman. Selamat mencoba tips mengawetkan daging ini. 
2 comments:
Write comments
  1. Terimakasih kak
    Beberapa orang mengalami masalah untuk hal penyimpanan daging, semoga tips ini bisa mejadi referensi kak.

    ReplyDelete

Join Our Newsletter