Saturday, August 19, 2017

6 Gunung di Lampung yang Harus Kamu Taklukan

Majalah Lampung. - Gunung di Lampung. Tahukah anda bahwa Lampung memiliki banyak gunung yang bisa di daki?

Layaknya gunung-gunung di Jawa sana, Lampung sebenarnya punya bentang alam berupa gunung yang menjulang tinggi keatas langit.

Gunung-gunung di Lampung mungkin tak terkenal seperti Semeru, Sindoro maupun Perahu.

Namun, untuk seorang pendaki gunung atau pecinta alam bisa mencatat beberapa diantaranya menjadi list pendakian selanjutnya.

Tersebar di beberapa kabupaten, gunung-gunung di Lampung ini sebenarnya sudah sering didaki, namun memang hanya kalangan terbatas saja.

Jika kedepannya terus di ekspose bukan tidak mungkin beberapa wisata pendakian akan terkenal di Lampung. Berikut adalah gunung di Lampung yang bisa kamu daki.

Baca Juga: 20 Fakta Tentang Lampung 

1. Anak Gunung Krakatau

Gunung Krakatau pernah meletus pada tahun 1883 yang memiliki dampak yang luar biasa. Salah satu dampak itu adalah munculnya anak Gunung Krakatau. Anak gunung krakatau ini telah lama ditetapkan sebagai kawasan cagar alam.


Gunung di Lampung
Sumber foto Istimewa

Namun untuk kegiatan wisata sebenarnya tidak bisa dilakukan. Nah bagi teman, teman yang ingin menginjakan kaki ke gunung yang pernah menutupi langit di bumi ini mesti mentaati peraturan yang ada.

Akan lebih mudah jika teman-teman pergi kesini dengan niat riset atau penelitian. 

2. Gunung Pesagi

Puncak tertinngi di provinsi Lampung berada di Gunung Pesagi, ketinggiannya mencapai 2.389 Mdpl. Yang unik disini bahwa dipercayai di kaki Gunung Pesagi inilah letak kerajaan Sekala Brak, yang merupakan cikal-bakal keturunan suku Lampung.

Kalau boleh dibilang, pendakian menuju puncaknya cukup menantang. Namun pepohonan  dan aneka tumbuhan akan mampu mengobati rasa lelah anda.

Sumber Foto: http://imagive.blogspot.co.id

3. Gunung Rajabasa

Boleh dibilang kalau gunung ini adalah ucapan selamat datang saat tiba di Lampung. Menjulang tinggi di Kota Kalianda Lampung Selatan gunung satu ini menjadi peenyangga kehidupan masyarakat untuk bidang pengairan.

Dengan ketinggian 1.281 mdpl ini memiliki beberapa jalur pendakian diantaranya lewat desa Sumur Kumbang, Sukamandi (dari sisi barat), desa Merambung, Kecapi (dari sisi utara), Tanjung Heran (dari sisi timur) dan Kecapi (dari sisi selatan).

4. Gunung Tanggamus

Ketinggian Gunung Tanggamus sekitar 2.102 mdpl. Ada pemandangan laut dan pegunungan yang bisa dinikmati ketika sampai di puncaknya. Umumnya pendaki menaiki dari gisting. Sebelum masuk ke hutan, rute perjalanan disini melewati perkebunan sayuran milik masyarakat.

5. Gunung Seminung

Gunung seminung memiliki ketinggian sekitar 1881 meter diatas permukaan laut (mdpl). Tidak begitu tinggi memang, namun siapa sangka pemandangan yang disajikan dari puncak gunung ini cukup membuat mata terpukau.

Ada pemandangan alam pegunungan dan birunya danau ranau yang indah.

Ada dua rute yang bisa dilewati untuk sampai di puncaknya, yaitu lewat Lumbok (Lampung Barat) dan Kota Baru (Sumsel).

Jika melewati lumbok pendakian hanya memakan waktu sekitar 1 sampai 2 jam, namun jika melewati rute Kota Baru sekitar 4 jam.

Umumnya pendaki lebih memilih melewati Lampung Barat karena lebih mudah dan cepat. Tahukah anda bahwa di puncak Seminung terdapat lubang yang menyerupai kawah? Anda bisa melihatnya kalau mendakinya.

6. Gunung Betung

Gunung Betung terletak di pesawaran. Ketinggian gunung sekitar 1200 Mdpl. Gunung ini letaknya sangat dekat dari kota Bandar Lampung.

Bahkan bisa dikatakan menjadi background kota. Biasanya pendaki memulanya dari Desa Wiyono Gedong Tataan. Gunung ini juga sering dikenal dengan nama Gunung Sukma Ilang.

Baca Dulu: Begini Cerita Mistis Gunung Sukma Ilang Pesawaran

Nah itulah gunung yang ada di Lampung. Ke enamnya bisa anda taklukan sebagai latihan sebelum mendaki ke penjuru Indonesia.

Kalau menurut beberapa hasil wawancara, Gunung Seminung dan Pesagi adalah yang favorit untuk didaki. Alasannya tentu view keindahannya. Jadi gunung mana yang akan anda taklukan ?
2 comments:
Write comments
  1. Replies
    1. Terimkasih kak Sandri
      Lampung memiliki bentang alam yang cukup lengka, salah satunya gunung.
      Selamat mendaki.

      Delete

Join Our Newsletter