Friday, August 4, 2017

Gemburak Kecil Sidomakmur Wisata Berbalut Pengobatan Alam

Majalah Lampung - Gemburak Kecil Sidomakmur. Air panas atau Gemburak Kecil Tambak Asri adalah sumber air panas bercammpur lumpur yang merupakan fenomena alam dari panas geothermal bumi. Hampir sama dengan sumber air panas lainnya, tempat ini kaya akan kandungan sulfur yang konon katanya berguna untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit. 

Inilah yang menjadi alasan saya untuk mendatangi tempat yang dikelilingi perkebunan kopi sawah dan belukar ini. Sembari berharap sakit yang saya derita sembuh selepas mandi disini.

Kenapa dinamakan Gemburak Kecil Tambak Asri ? Saya sempat bertanya-tanya mengenai sejarah Gemburak Kecil Tambak Asri, mulai dari penamaan sampai pengelolaan dan aktivitasnya. Ternyata alasan kenapa dinamai Gemburak Kecil karena sebenarnya ada 2 gemburak disini.

Letaknya pun tidak berjauhan akhirnya masyarakat sering membedakan berdsarkan ukurannya. Gemburak kecil untuk yang ditambak asri karena ukurannya lebih kecil. Sedangkan gemburak besar untuk yang di sidomakmur karena ukuranya lebih besar. Itulah sejarah penamaannya menurut juru kunci yang tonggal tak jauh dari lokasi.

Kebiasaan yang sering dilakukan di Gemburak Kecil Sidomakmur
Mandi disini untuk menghilangkan penyakit kulit. Mitosnya yang mandi wajib meninggalkan pakaian yang dipakai saat mandi tersebut agar penyakitnya bisa sembuh. 

Ini yang menyebabkan ada ratusan baju, celana dalam maupun jenis pakainan laiinya berserakan tak bertuan disekitar tempat berendam.  Percaya gak percaya sih, yang jelas kalau pakaiannya dibawa pulang ke rumah ya pasti bau belerang kan so lebih baik tinggal saja toh.

Cukup ideal sebenarnya jika dikembangkan menjadi tempat wisata. Selian tentunya ada kawah air belerang ada pemandangan alam yaitu persawahan, Gunung Sekincau dan barisan tegakan kopi ada juga menu wisata lain berupa alternatif kesehatan. 

Pemerintah Lambar juga sudah membuat 2 buah gajebo untuk pengunjung yang datang kesini. Wisata sambil berobat mungkin tepat untuk mendeskripsikan salah satu spot pariwisata ini. 

Satu lagi tips saat kesini bawalah telur mentah untuk direbus, selain untuk mengganjal perut ada sensasi tersendiri ketika dimasak di didihan panas bumi.

Lalu apa si sebenernya manfaat dari merendam atau mandi di air yang mengandung belerang ? menurut ilmu kesehatan bahwa kandungan sulfur yang ada di semburan gemburak mampu menyembuhkan penyakit kulit. 
Nah jadi yang punya masalah pada kulit, monggo datang kesini.
Tempat pertaama yang bisa menjadi patokan anda adalah Pasar Kamis Desa Sukaraja Way Tenong. Di situ jalan masuk menuju Desa Tambak Asri, ikuti jalan tersebut kurang lebih 10 menit. 

Setelah samapi di pondok pesanteren Al Iklhas milik Bapak Kiyai Harun maju sedikit kira-kira 100 meter. Ada gang masuk disebelah kanan menuju sidomakmur bawah, ikuti jalan menuju gemburak kecil sidomakmur tersebut samapi ada kampung terakhir, disitu jarak ke Gemburk Sidomakmur sudah dekat. 

Anda bisa mengikuti jalan cor semen dengan menanyakan warga setempat. Kondisi jalan cukup baik, kendaraan roda 2 bisa langsung sampai ke lokasi. Nah itulah kira-kira beberapa deskripsi mengenai tempat wisata berbalut pengobatan alami bernama Gemburak Kecil Sidomakmur.  Rekreasi sambil menambah sehat tubuh adalah nilai tambah yang positif, silahkan mengunjungi.
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter