Sunday, August 27, 2017

Menengok Repong Damar Pesisir Barat Yang Sampai Dijadikan Mata Kuliah

Majalah Lampung. Menengok Repong Damar Pesisir Barat Yang Sampai Dijadikan Mata Kuliah. Masyarakat pesisir barat sejak dulu memang sudah membudidayakan pohon damar untuk dijadikan penyokong kebutuhan mereka.

Maklum saja, hasil resin dari pohon damar mampu ditukar menjadi pundi-pundi rupiah yang menggiurkan. Bahkan tak sedikit masyarakat yang bergantung hidup dari kearifan lokal ini.

Penanaman pohon damar syarat dengan hukum adat, ada peraturan yang mengikat para petani untuk tetap melestarikan warisan leluhur ini. Selain ekonomi ada aspek konservasi lingkungan yang diteguhkan dalam proses budidayanya. 

Repong damar adalah bentuk kearifan lokal yang dimiliki oleh masyarakat Pesisir Barat Lampung dalam system berkebun agroforestry.

Dalam hal ini masyarakat dilibatkan dalam penegakan hukum adat untuk tidak menebang pohon damar, jika pohon ditebang maka dipercaya akan ada musibah menimpa keluarga si penebang.

Sebaliknya jika memperkaya kebun damar dengan tanaman pohon lainnya seperti cengkeh, jengkol, petai durian dan laiinya maka panen getah/resin damar semakin meningkat.

Sejatinya masyarakat mengenal repong damar adalah berkebun pohon damar dengan memadukan tanaman pohon lain, dengan harapan ada selingan dari hasil utamanya yaitu damar. Dengan begitu masyarakat mengharakpan ada variasi hasil yang diperoleh.

Kumpulan fakta membuktikan bahwa cara melestarikan damar mampu berbuat banyak untuk masyarakat Krui Pesisir Barat.

Para orang tua bisa menyekolahkan anak-anak mereka sampai ke jenjang perrguruan tinggi dari pemodelan ini.

Selain itu mereka juga bisa membangun rumah dan membeli kendaraan untuk keluarga. Tentu hal ini menarik para kaum akademisi untuk mengkaji lebih dalam seputar repong damar Pesisir Barat ini.

Repong Damar Dijadikan Mata Kuliah

Di Universitas Lampung, tepatnya Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian sudah mencantukan repong damar sebagai mata kuliah bagi mahasiswanya.

Mata kuliah repong damar di gagas oleh Bapak Sugeng P Harionto yang juga tokoh dibalik berdirinya Jurusan Kehutanan Unila.

Beliau yang saat ini merupakan guru besar dan mantan rektor Unila ini turun langsung dalam megajar para mahasiswanya.

Bahkan turun langsung ke lapangan tak berat beliau lakukan. Buku mengenai repong damar telah ditulis untuk semakin memudahkan mengkajinya lebih dalam.

https://www.majalahlampung.com/

Metode pembelajaran dilakukan dengan pemapaan langsung di ruang kuliah dan juga praktek di lapangan. Dengan begitu diharapkan akan ada sarjana kehutanan yang tertarik dan menjadi ahli prihal repong dammar.

Repong Damar Menarik Banyak Peneliti

Damar mata kucing yang berbama latin Shorea javanica ini memang sampai saat ini masih minim kajian. Seiring berjalannya waktu banyak peneliti berdatangan mengkaji repong damar ini, khususnya dari Jurusan Kehutanan Unila.

Jurusan yang saat ini (2017) berakreditasi B ini rutin menarik mahasiswanya menyelesaikan tugas akhir disini. Kajian pohon plus, keanekaragan satwa dan tumbuhan, dan carbon tersimpan merupakan sedikit judul penelitian di repong dammar Krui Pesisr Barat.

Ada 2 komunitas besar tegakan damar ini yaitu di Pekon Pahmungan dan juga Gunung Kemala. Jika melalui jalan lintas menuju Krui dari Kota Liwa maka tampak rerimbunan pohon damar di samping kanan kiri, sedangkan di Pahmungan Krui tegakan damar hanyanampak dari kejauhan.

Repong Damar Anugrah Tuhan: Unik, menarik dan luar biasa. Damar mata kucing ini tumbuh subur di kawasan hutan Pesisir Barat.

Secara geografis memang lokasinya cukup terbilang langka. Pegunungan yang masih berada di gugusan lempeng bukit barisan selatan yang menghadap langsung ke samudera. Mungkin inilah yang membuat damar subur sampai sekarang.

Repong Damar Pesisir

Kesuksesan masyarakat mengelola damar sehingga menghasilkan penigkatan ekonomi medorong banyak orang mencoba menanamnya di tempat lain.

Namun banyak yang kejadian bahwa damar tak bisa tumbuh subur di lokasi lain. Hal ini juga terlihat di arboretum Unila, ada beberaa pohon yang sengaja ditanam namun kondisinya tak se baik yang ada di tempat asalnya.

Sebenarnya fenomena ini perlu dikaji lebih dalam untuk memastikan apa sebenarnya faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Yang jelas bahwa repong damar Krui Pesisir Barat adalah anugerah tuhan untuk masyarakat. Keberadaanya harus tetap dijaga, dilestarikan dan disyukuri. Jaminan kesejarteraan dari perpaduan tanaman ini memang sudah terbukti. 

Hastag: Pengertian Repong Damar | Repong Damar Adalah | Kearifan Lokal Repong Damar
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter