Tuesday, August 29, 2017

Prospek Kerja Jurusan Kehutanan Yang Tak Banyak Diketahui Orang

Majalah Hutan. Prospek Kerja Jurusan Kehutanan. Berbicara mengenai kuliah, pasti tak jauh-jauh dari bagaimana nanti peluang kerjanya?

Karena bukan munafik memang ketika berkuliah tujuannya adalah untuk mendapat pekerjaan. Nah pekerjaan seperti apa?

Berapa gajinya?

Dimana lokasinya?

Peluanngya Bagaimana?

Dan pertanyaan lainnya adalah sedikit contoh kasus kepo yang menerpa baik calon mahasiswa maupun yang sudah menjadi mahasiswa.

Salah satu jurusan yang sedikit asing terdengar di telinga adalah Jurusan Kehutanan. Ada yang sudah menjadi Fakultas Kehutanan dengan beberapa jurusan didalamnya, namun kebanyakan orang mengenlnya adalah Jurusan Kehutanan.

Sebenarnya dalam poses perkuliahan di kehutanan, tak hanya mengkaji lingkup kehutanan saja tetapi ada aspek lingkungan, wisata, tata ruang, kebijakan, bahkan sampai ke geografis.

Luasnya lingkup yang dikaji di dalam perkuliahan kehutanan membuat keterampilan mahasiswanya cukup tinggi.

Apalagi dengan metode praktik langsung di beberapa mata kuliah sehingga mahasiswa dapat menguji sebuah teori di lapangan. 

Prospek Kerja Jurusan Kehutanan

Di dalam Jurusan Kehutanan juga terdapat beberapa konsentrasi atau prodi seperti manajemen hutan, budidaya hutan, konservasi hutan dan teknologi hasil hutan. 

Dari keempat konsentrasi ini kajian akan lebih di spesifikan berdasakan bidang konsentrasi tersebut, sehingga fokus pembelajaran menjadi lebih efektif sesuai minat.

Dari ke empat konsentrasi atau jurusan (jika fakultas), itu memiliki prospek kerja yang sama pada bidang kepegawaian, pegawai kementerian kehutanan dan lingkungan hidup, dinas lingkungan hidup dan instansi terkait yang didalamnya ada unsur lingkunga hidup dan kehutanan. 

Sebenanya selain di pemerintahan, Jurusan Kehutanan mempunyai prospek kerja yang luas, seperti di BUMN Perum Perhutani, Sinarmas (Pabrik kertas), Pertambangan minyak dan gas, Pekerja di Wisata dan masih banyak lagi.

Untuk yang berjiwa aktivis lulusan kehutaan juga sangat berpeluang di rekrut kedalam NGO (Non goverment) atau dalam istilah kita LSM (Lembaga swadaya masyarakat).

Apalagi banyak sekali saat ini NGO yang bergerak di bidang lingkungan hidup dan kehutanan. Bahkan untuk NGO International, gajinya pun cukup menggiurkan.

NGO seperti WWF, YABI, Orang Utan Fondation, National Geograpic (NAT-GEO), CIFOR adalah segelintir NGO yang memberikan kemapanan untuk para pegawainya.

Ditambah lagi dengan iming-iming jalan-jalan atau tour ke beberapa projek yang menambah betah pekerjanya.

Umumnya jika yang ingin bekerja disitu adalah mereka yang mengambil jurusan atau konsentrasi Konservasi Hutan.

Untuk gaji, kita tidak bisa mengucilkan, bekerja di NGO terkadang lebih besar gajinya ketimbang menjadi pegawai di pemerintahan. 

Lulusan kehutanan juga berpotensi menguasai skill dalam bidang budidaya, baik pertanian maupun kehutanan. 

Artinya bahwa ada prospek kerja di bidang wirausaha pembibitan maupun budidaya terbuka lebar. Apalagi saat ini berinvestasi dengan menanam pohon atau kayu banyak digemari masyarakat.

Selain itu wirausaha di bidang pengolahan kayu juga bisa dikuasi oleh para rimbawan alias S.Hut. contohnya adalah presiden Jokowi yang membuka usaha bidang permebelan.

Beliau adalah lulusan kehutanan UGM dan salah satu lulusan terbaik. Seorang rimbawan juga memiliki peluang cukup lebar untuk menjadi seorang peneliti seperti di CIFOR, LIPI, dan Biotrop. 

Saat ini  juga pemerintah menggencarkan program bakti rimbawan untuk para sarjana kehutanan yang ditempatkan di KPH (kesatuan pengelolaan hutan).

Selain itu di Indonesia banyak sekali taman nasional, cagar alam dan kawasan konservasi lainnya yang membuka lowongan pekerjaan untuk para lulusan kehutanan.

Yang jelas sebenarnya prospek kerja Jurusan Kehutanan cukup banyak namun kembali lagi ke keahlian sarjana itu sendiri. Jika soft skill dan hard skill memang mumpuni tak pelak akan banyak peluang untuk kerja.

Itulah artikel singkat mengenai prospek kerja Jurusan Kehutan atau Fakultas Kehutanan. Semoga bisa menambah referensi anda. Terimakasih.

Hastag: Peluang Kerja Kehutanan | Gaji | Pekerjaan | Prospek | Jaminan | UGM | USU | UMM | UI | UNILA | IPB | 
2 comments:
Write comments

Join Our Newsletter