Sunday, August 27, 2017

KPH Kedu Selatan, Arter Ciwurah, Sempor dan Hutan Pinus

Sedikit Cerita Wisata Dari KPH Kedu Selatan, Arter Ciwurah, Sempor dan Hutan Pinus. Saya merasa bersyukur sekali mendapat kesempatan praktik kuliah di perusahaan hutan Indonesia KPH Kedu Selatan Provinsi Jawa Tengah. 

Sewaktu itu judul besarnya adalah Praktik Umum. Saat itu saya ditempatkan dilokasi RPH Bogangin BKPH Gombong utara yang merupakan kawasan hutan pinus dengan luas pangkuan hutan 2800 ha. judul yang saya ambil saat itu adalah penglolaan hutan bersama masyarakat (PHBM).


KPH Kedu Selatan


Setiap turun lapang ke hutan saya merasa takjub dengan keindahan tegakan pinus yang menghampar di perbukitan.

Pikir saya pantas saja banyak orang yang berfoto bahkan foto prewed di tegakan pinus, karena memang tegakan pinus itu cukup indah.

Saya dan anggota kelompok saya pun menyempatkan berkeliling di RPH Bogangin ini untuk survei dan observasi lapangan serta mengumpulkan data laporan kami ke kampus.

Setelah data yang kami cari rasanya cukup kami pun melanjutkan kegiatan sakral bagi anak muda yaitu “berselfi ria” alias foto-foto

Air Terjun Ciwurah: Sewaktu kami melaksanakan kegiatan praktim umum kami juga menyempatkan ke air terjun ciwurah Jawa Tengah.

Air terjun Ciwirah terletak di kabupaten banyumas jawa tengah, tepatnya di Desa Watu Agung Kecamatan Tambak.

Menurut masyarakat setempat ada 3 tingkatan air terjun, namun saat rombongan kami mengunjugi lokasi ini, cuaca sedang tidak bersahabat sehingga juru kunci air terjun ini menyarankan untuk segera meninggalkan lokasi ini karena memang wilayah ini sangat rawan longsor, bahkan seminggu sebelum kami tiba di air terjun Ciwurah ini ada bencana longsor yang sampai memakan korban jiwa.

Suasana khas hutan pinus membuat sejuk dan nyaman selama berada di sini. Namun apadaya  karena kondisi tidak mengijinkan.

KPH Kedu Selatan


Air terjun ini cocok dikunjungi saat musim hujan karena saat musim kemarau air terjun Ciwurah kering. Medan menuju lokasi ini cukup menantang karena melewati hutan pinus milik PERUM Perhutani yang berkelok-kelok.

Mengunjungi air terjun ini tidak dipungut biaya karena memang belum ada pihak yang mengelola tempat ini. Ketinggian air terjun ini sekitar 10m. Pada air terjun tingkat 2 dan 3 ketinggian sekitar 15m sampai 20m.

Melancong ke Waduk Sempor: Selain untuk irigasi sepertinya waduk sempor digunakan juga sebagai pembangki listrik, namun yang tampak jelas waduk sempor digunakan senagai tempat rekreasi. Keberadaan Waduk Sempor di Kebumen memberikan udara sejuk.

Saat saya mengunjungi lokasi ini sedang hujan dan terlalu sore sehingga saya tidak sempat mencoba berbagai wahana air yang ada di waduk sempor.

Namun dari kejauhan nampak ada wahana perahu yang bisa dinaiki untuk berkeliling waduk serta sepeda air.

Menurut saya dan rekan-rekan yang tidak sengaja mampir di waduk sempor setelah mengikuti acara di kota Kebumen, waduk sempor cukup memanjakan mata dengan keindahannya serta udara di waduk sempor sejuk. 

Waduk sempor sebenarnya masuk dalam kawasan hutan milik Perum Perhutani KPH Kedu selatan tepatnya BKPH Gombong utara, air di waduk ini juga bersumber dari kawasan hutan produksi pinus milik perhutani.

Dalam pengebanganya menjadi tempat rekreasi perhutani menggandeng pihak lain untuk bekerjasama mengelola waduk sempor.

Di dekat waduk sempor ada tempat wisata yang terkenal yaitu benteng van der vich, jadi jika anda mengunjugi waduk sempor sempatkan juga mampir di benteng van der vich.

Disini juga ada markas besar TNI, sehingga nuansa kemiliteran lekat di sekitarnya. Itulah sedikit cerita atau profil kami di KPH Kedu Selatan
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter