Friday, September 22, 2017

10 Bisnis Yang Cocok Untuk Mahasiswa Tanpa Modal di Era Modern

Bisnis Yang Cocok Untuk Mahasiswa Tanpa Modal di Era Modern. Anda mahasiswa? Punya mimpi besar untuk jadi pembisnis?

Sepertinya saat ini tak sedikit seorang mahasiswa yang ingin punya bisnis sendiri. Maklum saja di era digital ini peluang bisnis cukup terbuka. 

Apalagi setelah banyak toko online yang memungkinkan kita untuk membuka lapak, selain itu budaya konsumsi di Indonesia cukup tinggi.

Keinginan membuka bisnis jangan sampai terkendala banyaknya alasan seperti tidak ada modal, tidak punya bakat bisnis, tidak tahu harus berbisnis apa, tidak memperoleh kesembatan, ide mentok dan sebagainya. 
Walaupun kenyataannya menjalankan bisnis sama sekali tidak mudah, tapi kalau mau dipikir apasih yang gampang? 
Menjalankan bisnis saat masih menjadi mahasiswa sebenarnya bukan masalah bisa atau tidak bisa, melainkan mau atau tidak maunya si mahasiswa itu sendiri. 

Nah berikut ini tim Majalah Lampung akan membuat daftar Bisnis Yang Cocok Untuk Mahasiswa Tanpa Modal di Era Modern. Silahkan disimak.

1. Bisnis Les Privat

Anda bisa mengajarkan keahlian Anda pada anak SD, SMP, SMA maupun laiinya. Contohnya les privat bahasa Inggris, matematika, melukis, musik, tari, menulis, puisi, sastra, komputer atau mengajar ngaji. Bisnis ini tergantung keahlian anda ya. 

Semisal anda kuliah di jurusan matematika, nah kan bisa membuka les privat matematika.  Coba sekarang pikirkan apa sih keahlian anda yang bisa diajarkan kepada orang lain? Ajaklah teman anda yang punya bakat dalam mengajar.

2.Bisnis Jasa Pengetikan

Percaya gak percaya kadang ada beberapa teman kuliahmu yang malas untuk mengetik. Nah inilah peluang besar untuk dibisniskan. 

Buatlah jasa pengetikan yang profesional dengan membuat promosi secara gratis di media sosial maupun langsung dari mulut ke lumut. Pasang tarif yang sesuai, jangan terlalu mahal. 


Bisnis Yang Cocok Untuk Mahasiswa


3. Bisnis Ojek Online

Eitts jangan salah loh, saat ini banyak mahasiswa yang kuliah sembari menjadi ojek atau supir taxi online. 

Modalnya kan cuma kendaraan plus bensin yang memang sudah anda punya. Apalagi saat ini beberapa ojek/taxi online sedang populer.

4. Bisnis Online Jadi Reseller 

Kalau anda tidak memiliki barang dan modal , Anda dapat menjualkan barang dari beberapa situs reseller maupun dropship. contohnya jualan pakaian, make up dan alat tulis. Yang perlu diperhatikan adalah strategi dan ketekunan anda.

5. Bisnis Jualan Makanan Kecil

Yang dimaksud makanan kecil adalah makanan pengganjal perut seperti snack, gorengan, keripik dan air mineral. 

Kadang lokasi kantin dengan ruangan kuliah cukup jauh kan, ini tentu peluang bisnis. Anda bisa menjualkan dari tempat jualan atau membuat sendiri dengan modal yang tak besar. 

Bisa juga anda men drop jualan tersebut di beberapa titik yang potensial lalu bisa ditinggal kuliah. 

6. Bisnis Jasa Servis Laptop/Komputer/Handphone

Di lingkungan kampus pasti banyak mahasiswa yang punya ketiga barang itu. Anda bisa membuka jasaServis Laptop/Komputer/Hand Phone di rumah ataupun dikosan anda. 

Biasanya yang paling sering dilakukan mahasiswa adalah instal ulang.

7. Bisnis Jasa Penerjemah

Bisnis penerjemah di kalangan mahasiswa termasuk bisnis yang cukup simpel dan banyak yang membutuhkan.

Kuasai bahasa asing seperti Inggris, Mandarin, Jepang, dan Prancis. Biasanya ke empat bahasa itu banyak yang membuthkan jasa penerjemahnya.

8. Bisnis Jasa Desain Grafis

Biasanya banyak mahasiswa yang ingin memberikan kado berupa foto yang telah diedit untuk wisuda, ualng tahun, anivv, seminar dan lainnya. 

Bisnis ini terbilang hanya mengandalkan keahlian dalam mengedit. Namun jangan salah dengan penghasilnnya, biasanya harga satu buah foto editan bisa sampai ratusan ribu loh.

9. Bisnis Cuci Sepatu

Nah kalau yang satu ini masih jarang dilakukan, padahal hampir semua mahasiswa memakai sepatu toh. Pengerjaannyapun cukup mudah bermodalkan sabun, air, sikat dan tenaga saja. 

Beberapa kota besar seperti Jogja, Jakarta, Bandung sudah banyak yang membuka jasa loundry sepatu.

10. Bisnis Buzzer

Buzzer yang dimaksud disini adalah orang yang mengenalkaan produk. Buat akun di medsos Anda dan manffatkan wifi kampus yang bisanya Cuma buat mengunduh film korea ya. Hehehe.  Jadilah mimin-mimin di IG.

Nah dari beberapa ide tersebut mana yang bisa anda lakukan? Jangan ragu jika anda ingin memulai sebiah bisnis, jangan juga gengsi apalagi takut memulai busnis. 

Menurur banyak orang bisnis yang paling mudah adalah yang sesuai dengan hobi karena bisa dilakukan dengan hati senang. 

Bisnis berdasarkan hobi juga dianggap tak berisiko tinggi, namun hanya memikirkan bisnis yang sesuai dengan kemampuan juga dapat menghilangkan semangat berbisnis.

Jadi tangkaplah ide lalu eksekusi ya. Lihat juga kondisi di sekitar, Anda yang lebih paham peluang mana yang lebih besar. 

Selamat Berjuang


No comments:
Write comments

Join Our Newsletter