Tuesday, September 26, 2017

12 Contoh Progja KKN Beserta Konsep Acaranya

Majalah Lampung - Contoh Progja KKN Beserta Konsep Acara.  KKN atau kepanjangan dari kuliah kerja nyata merupakan salah satu mata kuliah yang ada di sebuah perguruan tinggi yang biasanya wajib diambil dalam memperoleh gelar sarjana. 

Salah satu tujuan dari KKN yaitu agar mahasiswa dapat mengembangkan pemikiran berdasarkan ilmu teknologi dan dalam upaya menumbuhkan, mempercepat serta mempersiapkan kader-kader pembangunan serta menambah pengalaman dan wawasan untuk para mahasiswa. 

Dalam pelaksanaanya para mahasiswa diharuskan membuat program kerja atau biasa dikenal progja untuk diterapkan kepada masyarakat. Nah sebenarnya apa sih program kerja KKN yang cocok di era modern ini? 

Pengabdian seperti apa yang bagus di era modern ini? 

Apa yang mudah diterima di masyarakat?

Sebelum melaksanakan porgja KKN di suatu wilayah atau daerah, tentu Anda mesti melihat terlebih dahulu bagaimana kondisi wilayah tersebut seperti: konsisi masyarakat; kepadatan penduduk; topografi; latar belakang masyarakat; penghasilan dan lainnya.

Hal itu dilakukan agar progja KKN dapat tepat sasaran dan bisa diaplikasikan. Karena perhitungan keberhasilan progja terkadang dilakukan oleh pihak panitia KKN dengan mensurvei di kemudian hari.
Nah berikut ini adalah beberapa contoh progja KKN beserta konsepnya yang mungkin bisa Anda terapkan.
1. Pendidikan Konservasi Untuk Anak Usia Dini

Konsep acara: memberikan penyuluhan kepada anak usia dini (TK dan SD) mengenai satwa yang boleh dipelihara dan tidak boleh dipelihara dan satwa-satwa yang dilindungi oleh undang-undang. Satwa punah, terancam punah dan satwa langka.

Alat yang digunakan bisa berupa poster hewan, dan gambar satwa yang kemudaian bisa menjadi lomba mewarnai satwa yang dilindungi.

Progja ini cocok untuk jurusan kehutanan, kesehatan lingkungan, tata ruang serta yang berkaitan dengan lingkungan.

Contoh Progja KKN
Kegitan Penyuluhan

2. Gerakan Menabung Sejak Dini

Konsep acara: memotivasi anak-anak untuk menabung. Menjelaskan secara fair bahwa uang yang kita tabung kelak bisa digunakan untuk kebutuhan seperti membeli keperluan, liburan dan biaya menuntut ilmu.

Contoh Progja KKN
Kegiatan Pengarahan

Alat yang digunakan, celengan, materi. Anda juga bisa menggunakan lagu tentang menabung.

Progja ini cocok untuk jurusan manajemen, dan bidang ekonomi namun fleksibel juga untuk semua jurusan. Karena hampir semua masyarakat perlu untuk menabung.

3. Gerakan Hidup Sehat

Konsep acara: memberikan pelatihan dan peyuluhan tentang gaya hidup sehat seperti olahraga, tidak merokok, menjaga kebersihan dan lainya yang berkaitan dengan upaya meningkatkan kesehatan.

Alat yang digunakan berupa perlengkapan yang dibutuhkan sesuai dengan penyuluhan. Misalkan progja cara sikat gigi yang benar, maka yang digunakan sikat gigi dan bahannya odol serta air.

Sebenarnya untuk progja mengenai kesehatan sangat banyak sekali. Senam, cuci tangan, sadar gizi, posyandu, kesehatan reproduksi, kesehatan organ vital, kesehatan kandungan dll. Progja ini cocok untuk jurusan kedokteran dan bisang kesehatan lainnya.

4. Pembuatan Kompos Dari Sampah Rumah Tangga

Konsep: Memperlakukan sampah dengan bijak dan menghasilkan dengan mengubahnya menjadi pupuk kompos. 

Cara membuatnya bisa anda cari di internet maupun buku panduan. Sembari melatih membuat pupuk kompos bisa juga dikombinasikan dengan pembuatan pupuk air, dan MOL (MICRO ORGANISME LOCAL). Proga ini cocok untuk mahasiswa pertanian.

5. Gerakan Masyarakat Sadar Digital 

Konsep acaranya dengan memberikan penyuluhan tentang bagaimana menggunakan internet dengan benar. 

Menghindari penyalahgunaan untuk konten negatif seperti sara dll. Bijak bermedia sosial, pandai menyaring berita dan menganalisa konten hoax.

Selain itu juga bisa membuat pelatihan bagaimana membuat toko online, berjualan secara online, dan bisnis di internet lainnya. 

Strategi menggunakan internet untuk mendapatkan uang saat ini sedang potensial dilakukan. Untuk masyarakat desa biasanya belum seberapa berkembang.

6. Gerakan Rumah Hijau

Konsep acara  dengan mengajak masyarakat menghijaukan pekarangan rumah dengan tanaman hias, tanaman obat maupun tanaman konsumsi lainnya. 

Selain akan mendapat manfaat secara ekologi (kesejukan) dan ekonomi (bisa dikonsumsi) ada juga estetika yang bisa dinikmati sehingga menimbukan kepuasan batin.

Yang perlu disampaikakn yaitu menanamkan bahwa lahan di sekitar rumah bisa bernilai lebih jika ditanami tumbuh-tumbuhan produktif.

7. Kolam Rumah

Konsep acara membuat kolam baik secara permanen maupun semi permanen. Sebelum itu anda perlu memastikan keberadaan sumber air dan juga curah hujan di lokasi yang akan dilaksakan porgja kkn ini. Progja ini cocok untuk mahasiswa jurusan perikanan.

8. Kader Peduli Sampah

Konsep acara mengajak masyrakat untuk memungut sampah di desa, setelah itu untuk tidak membuang sampah secara sembarangan. Serta mau menyediakan kotak sampah dan membedakan antara sampah organik dan non organik.

Anda bisa membentuk struktur organisasi kader peduli sampah di desa tersebut agar kesinambungannya tetap ada di masa mendatang.

9. Desa Wisata

Jika di dalam lokasi KKN anda terdapat potensi objek wisata, Anda bisa membuat sebuah acara penyuluhan tetang pengelolan wisata oleh masyarakat setempat. 

Nantinya sebagai wadah, Anda bisa membentuk kelompok sadar wisata (POKDARWIS).

Infokan bagaimana cara mengelola potensi, mempromosikan, dan memanajemen sebuah objek wisata. Ajak dinas terkait untuk hal ini.

10. Pembuatan Web Desa

Web desa nantinya berisikan info lengkap tentang desa dari mulai profil sampai ke potensi dan sejarahnya. Ini memudahkan orang untuk mencari informasi tentang desa tersebut.

11. Gerakan Tanam Pohon

Mengajak masyarakat untuk mau menanam pepohonan di lingkungan desa atau lokasi KKN Anda. Bisa memilih bibit pohon yang berbuah atau pohon penghijau untuk merindangkan sekitar.

Sekedar info biasanya ada bibit gratis di BAPEDAS daerah anda. Ajukan proposal atau permohonan bibit.

12. Progja Cinta Sejarah

Memutar film, atau dokumentasi sejenis menganai sejarah tanah air. Hal ini untuk meningkatkan patriotisme dan nasionalisme. Anda bisa berkolaborasi dengan TNI atau aparatur di daerah.

Nah itulah contoh progjam KKN beserta konsepnya yang bisa anda coba terapkan di lokasi KKN anda. Sebenarnya banyak sekali ide progja yang bisa anda lakukan. Namun kembali lagi ke lokasi dan batasan kemampuan anda baik dana maupun waktu.

Selamat ber KKN, abdikan keahlian anda dengan tulus yang terpenting adalah menyesuaikan progja dengan lokasi, biaya dan kemampuan. 

Oa sebenarnya untuk progja yang disebutkan diatas tidak terpaku pada jurusan yang disebutkan saja. Semua jurusan bisa melaksanakannya.
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter