Wednesday, September 20, 2017

2 Cara Membuka Gembok Rusak Simpel

Majalah LampungCara Membuka Gembok Rusak. Assalamualaikum, Tabik Pun kali ini tim Majalah Lampung akan membahas mengenai cara membuka gembok yang rusak atau susah dibuka.

Cara ini berdasarkan pengalaman salah satu anggota kami saat mengalami peristiwa kerusakan gembok dirumahnya.

Nah sebenarnya kenapa sih gembok susah dibuka? Apasih penyebab gembok susah dibuka? Kok gembok cepet rusak padahal baru beli! 

Nah perlu Anda ketahui bahwa salah satu penyebabnya adalah karatan (mengaratnya gembok). Selain itu juga ada penyebab lain seperti benturan, kotor dll.

Nah lalu bagaimana mengatasinya?? Cukup mudah kok kalau Anda sabar dan telaten. Silahkan disimak caranya. 

Cara ini dibagi menjadi dua yaitu cara membuka gembok tanpa merusak dan membuka dengan merusak gembok.

Gembok milik salah satu rekan kami yang mengalami kerusakan

Cara Memebuka Gembok Rusak


Pertama membuka gembok tanpa merusak: Anda mesti meneteskan oli pada lubang kunci gemboknya serta lubang-lubang lainnya. 

Usahakan agar olinya masuk pada tiap-tiap lubang yang ada. Setelah itu tunggu sekitar lima menit dan coba buka gemboknya. 

Putar kunci dan jangan ditarik (putar-putarsaja). Jika anda tidak punya oli, bisa menggunakan minyak goreng ataupun minyak semprot rantai motor.

Nah, jika masih saja susah untuk dibuka, gunakanlah alat bantu berupa tang. Jepit kunci dengan tang lalu putar ke arah membukanya. Hal ini untuk menambah power saat membukanya.

Kedua membuka dengan merusak gembok: kalau cara ini sudah dipastikan berhasil 99% karena gembok dipotong, namun cara ini disayangkan karena gemboknya tidak bisa dipakai lagi alias rusak. 

Caranya pun cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Hanya dengan memotong dengan gergaji besi atau gerinda pada tuas pengait gembonya. 

Selain menggunakan kedua benda yang disebutkan diatas, Anda juga bisa menggunakan palu atau linggis, penggunaannya palu yaitu dengan memukulkannya pada pengait sampai terbuka.  Begitu pula dengan linggis. 

Nah dari kedua cara tersebut silahkan Anda pilih sesuai dengan kondisi Anda saat ini. Kalau tidak buru-buru bisa mengunakan cara pertama, namun jika buru-buru atau gembok harus terbuka karena ada keperluan maka bisa langsung menggunakan cara kedua.

Yang perlu diingat juga pastikan terlebih dahulu arah membuka gembok anda sudah benar atau belum. Jangan-jangan gembok tak terbuka disebabkan Anda salah membukanya. 

Perlu diingat juga bahwa gembok yang sering terkena air hujan akan mudah karatan dan bisa mengalami kerusakan. Solusinya adalah dengan meneteskan oli. 

CARA BARU YANG BISA ANDA COBA, JIKA KEDUA ALTERNATIF DIATAS TETAP TIDAK MAMPU MEMBUKA GEMBOK ANDA

Siapkan seng (dari kaleng bekas) bisa dilihat pada gambar



Potong kaleng tersebut dengan ukuran panjang sekitar 3 cm dan lebar 1 cm



Masukan potongan tersebut ke lubang bagian atas yang menjadi pengunci (tempat terbukanya kancing atau kuncian). Lalu tekan menggunakan tang sampai kunci terbuka.



Nah itulah kira-kira tipsnya, selamat mencoba SEMOGA BERHASIL.

No comments:
Write comments

Join Our Newsletter