Wednesday, September 20, 2017

8 Peluang Kuliah Sambil Kerja Di Era Modern

8 Peluang Kuliah Sambil Kerja Di Era Modern. Kali ini tim Majalah Lampung akan memberikan beberapa referensi pekerjaan yang bisa Anda lakukan sembari menyelesaikan perkuliahan. 


Kuliah Sambil Kerja
Ilustrasi

Di perkuliahan memang berbeda dengan saat sedang di bangku sekolah. Di perkuliahan seorang mahasiswa bisa mengatur jam kuliahnya dengan cara menyesuaikan pengambilan mata kuliah yang diinginkan.

Menuntut ilmu itu merupakan salah satu hal yang terbilang penting. Apa lagi saat masih muda, rasanya semua bidang ilmu mesti dikuasai. 

Dengan menuntut ilmu di perkuliahan, jelas kapasitas diri dan pengetahuan bisa meningkat. Tapi apakah isi kantong juga bisa meningkat? Atau malah justru jadi “kangker” alias kantong kering!!

Kuliah memang sudah jelas membutuhkan dana, baik untuk bayar spp (sekarang UKT) atau keperluan lain seperti iuran kampus, sewa kos, ongkos pergi ke kampus, uang jajan dan kebutuhan lainnya.

Nah darimana uang atau dana semasa kuliah itu? tentu jawaban yang akan sering muncul adalah “dari orang tua”

Orang tua menjadi sumber primer untuk semua kebutuhan semasa kuliah. Namun apakah seorang mahasiswa tidak bisa mendanai kuliahnya secara mandiri? Jawabannya “jelas bisa”.

Pertama ada program beasiswa yang bisa dimanfaatkan. Tapi masalahnya perebutan untuk mendapatkan beasiswa sangat ketat, kalau prestasi pas pasan bisa saja tersingkirkan dengan mudah. Setelah mendapat beasiswa juga prestasi mesti tetap stabil.

Pilihan kedua adalah kuliah sambil bekerja. Ya... tanpa menomor dua kan kuliah, bekerja sambil kuliah sebenarnya bisa membantu mencukupi pendanaan saat kuliah. Malah kalau beruntung bisa Anda menjadi mahasiswa "BADUT " (Banyak Duit).
Lalu apa saja sih pekerjaan yang bisa dilakukan sembari mendapat gelar diploma, sarjana ataupun gelar S2. Berikut adalah beberapa referensinya.
1. Kerja di Kampus

Anda bisa menjadi seorang Asisten Dosen ataupun membantu projek-projek dosen seperti pengabdian ataupun membuat sebuah karya tulis. 

Keuntungan bekerja di lingkup kampus tentu nuansa akademis anda tetap terjaga. Dekati dosen-dosen anda dan tawarkan diri anda sesuai keahlian yang anda miliki saat ini.

2. Pegawai Restoran atau Tempat Makan

Di sekitaran kampus tentu banyak restoran atau tempat makan, apalagi kalau di kota besar. Biasanya ada lowongan yang terbuka untuk mahasiswa yang sedang kuliah. 

Anda mesti rajin mencari informasi baik secara langsung atau kepo di internet. Usahakan agar jadwal ngejob dan kuliahnya tidak tabrakan, kalau anda kuliah malam bisa ambil job pagi sampai siang. Sebaliknya jika kulihanya siang maka ngejobnya malam.

3.Wirausaha 

Ya sekarang ini banyak sekali mahasiswa yang kuliah sambil membuka usaha. Apalagi sejak era digital ini banyak millenials yang memanfaatkannya dengan membuka toko online (online shop). 

Tak sedikit juga mahasiswa yang ngampus sambil berjualan. Anda bisa berjualan makanan, pakain, pulsa/kuota, buka percetakan, jual peralatan tulis dan lainnya.

4. Buka Jasa Les Privat 

Pekerjaaan yang satu ini jelas bermanfaat untuk orang lain dalam bidang pengetahuan, apalagi dengan latar belakang mahasiswa sebagai kaum akademisi. 

Anda bisa membuka les secara mandiri atau melamar sebagai guru les di tempat les. Yang perlu Anda siapkan adalah materi yang efektif dan promosi jasa Anda ini.

5. Jadi Penulis Lepas

Ada banyak koran yang membuka peluang kepada setiap penulis untuk menjual karyanya. Selain itu saat ini ada banyak media online yang juga membuka peluang untuk para penulis, contohnya BABE NEWS dan UC NEWS. Banyaklah mencari info seputar job menulis di Mbah Google.

6. Jadi Youtuber

Yaaaaa.... saat ini youtuber adalah profesi yang menjanjikan. Penghasilannya pun terbilang lumayan. 

Banyak mahasiswa yang kuliah sambil ngevlog dan sukses loh. Yang kamu butuhkan adalah laptop dan kamera (bisa hp) yang suport untuk edit video. 

Toh sekarang banyak youtuber yang masih kuliah. Bangun channel yang menarik dan daftarkan di program youtube adsanse dari google. 

Tak perlu khwatir tidak bisa mengedit video, ada banyak cara yang bisa ditonton di youtube.

7. Jadi Mimin  

Mimin apasih ??? mimin ialah seseorang yang menjadi admin media sosial. Buatlah akun yang menarik, informatif sehingga menarik pengiklan atau endors. 

Saat ini banyak mimin-mimin di instagram yang memanfaatkan gaya hidup bermedsos generasi millenials.

8. Jadi Blogger

Ya, mahasiswa jelas sering menulis kan. Tak ada salahnya tulisannya dipublikasikan di blog. Hasil jalan-jalan bisa anda muat menjadi konten travel blogger, untuk anda yang punya banyak keahian juga bisa membuat konten tips.

Itulah kira-kira pekerjaan yang bisa dilakukan sambil kuliah. Tentu itu hanya sebagian saja, ada banyak yang mungkin tak sempat dituliskan. 

Yang jelas kalau Anda ingin kuliah sambil kerja mesti pintar membagi waktu dan berani ambil resiko. 

Cerdik dalam mengambil peluang serta jangan banyak itungan, "langsung saja action" kalau kata pengusaha alm Om Bob Sadino. 

Konsultasi terlebih dahulu dengan orang tua dan dosen. Anda juga perlu sharing dengan teman di kampus untuk sekedar meminta saran.

Nah sebelum memilih ke 8 pekerjaan sambil kuliah tersebut, kami sedikit memberi tips agar semua berjalan dengan baik.
  • Tetap menomor satu kan ibadah
  • Pandailah membagi waktu
  • Jaga kesehatan anda
  • Jaga komitmen dan fokus
  • Kulianya jangan ditinggalin kalau enak kerja
Kira-kira seperti itulah kurang lebihnya pembahasan mengenai Peluang Kuliah Sambil Kerja Di Era Modern. 

Untuk kamu yang punya ide, silahkan tambahkan di komentar ya
1 comment:
Write comments
  1. Nice info gan like this hehhe

    Salam googlehexa.blogspot.co.id

    ReplyDelete

Join Our Newsletter