Friday, September 15, 2017

9 Tempat Wisata di Tanggamus Yang Mempesona

Majalah Lampung - Kalau berbicara mengenai tempat wisata di Tanggamus kita mungkin langsung teringat dua tempat yang memang sudah terkenal yaitu Teluk Kiluan dan Pantai Gigi Hiu. Namun sebenarnya ada deretan spot wisata yang menyajikan tempat yang indah, keren dan menakjubkan. 

Hanya saja memang ada sedikit kurang publikasi sehingga menyebabkan tempat itu ter abaikan atau kurang terkenal. Nah sebelum itu coba kita bahas mengenai Kabupaten Tanggamus ini, secara administratif Tanggamus adalah kabupaten yang berdiri sejak tanggal 21 Maret 1997. 

Untuk keadaan topografi wilayahnya bervariasi mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi. Inilah yang menyebabkan Tanggamus memiliki aneka potensi dari berbagai segi, salah satunya adalah potensi wisata.

Kalau melihat beberapa titik lokasi, sepertinya pemerintah sudah menggenjot beberapa fasilitas yang menambah nyaman para wisatawan untuk traveling.  Sebut saja jalan ke Teluk Kiluan yang sudah diperbaiki sehingga waktu tempuhnya semakin singkat dan penyelenggaraan event seperti Festival Teluk Semaka yang memancing para pelancong.


Tempat Wisata di Tanggamus


Kondisi geografis Kabupaten Tanggamus juga sebenarnya sangat mengutungkan, ada lautan yang langsung menghadap ibukota Kota Agung.  Selain itu juga merupakan daerah yang dilintasi para wisatawan yang akan berwisata ke Pesisir Barat, mengingat PesBar adalah kawasan wisata yang sudah tersohor. 

Apalagi saat ini sudah ada bandara berkelas internasional dan juga jalan tol yang semakin memudahkan akes menuju Tanggamus.  Hadir juga bus dari Bandara Raden Intan ke Tanggamus yang murah dan nyaman. Letak kabupaten ini juga tak jauh dari Kota Bandar Lampung yang merupakan ibukota provinsi. Berikut ini adalah daftar tempat wisata di Tanggamus Lampung yang wajib anda jadikan daftar tujuan liburan. 

1. Teluk Kiluan
Teluk Kiluan adalah sebuah teluk yang menyajikan pemandangan bahari yang luar biasa. Disini yang paling menarik adalah adanya kawanan lumba-lumba yang bisa dilihat di lautan. Menurut beberapa sumber dan wisatawan yang telah berkunjung, jika beruntung akan ada ratusan lumba-lumba yang menampakan dirinya. 

Disini juga ada Laguna Gayo yang cukup indah dan fotogenik Alatanya di desa Kiluan Negeri, kecamatan Kelumbayan, kabupaten Tanggamus. Teluk Kilauan dari ibukota provinsi, Bandar Lampung sekitar 80 kilometer dan bisa ditempuh selama 3 sampai 4 jam. 

Untuk melihat lumba-lumbanya anda mesti menyewa perahu agar bisa menuju lautan. Biasanya harga sewanya 300 k sampai 400 k (satu kapal). Disini juga penginapan dan sebagainya sudah lumayan bagus kondisinya. Warga sekitar pun sudah friendly.

2. Gigi hiu / Batulayar
Dulunya masyarakat sekitar menyebut Pantai Gigi dengan nama Batu Layar. Nah spot yang sangat-sangat fotogenik dan instagramable ini tidak jauh dari Teluk Kiluan.  Sangking bagusnya tempat ini sampai dijadikan lokasi syuting film The Nekad Traveler yang dibintangi aktris kawakan Maudy Ayunda. 

Alamat Gigi Hiu berada di Kecamatan Kelumbayan Tanggamus, dari Teluk Kiluan waktu tempuhnya sekitar 1 jam. Bisa dibilang jalalannya belum cukup bagus sih, namun pemandangan selama perjalanan dan keindahan Gigi Hiu ini pasti bisa membayar lunas segala kekurangan.

Di lokasi ini tidak bisa melakukan kegiatan snorkling maupun diving karena banyak batu karang dan ombaknya cukup besar.  Berkemah dan berfoto ria menikmati keindahan batu bentukan alam adalah kegiatan yang sering dilakukan disini.

3. Gunung Tanggamus
Untuk pendaki maupun wisatawan yang suka pendakian, di kabupaten ini ada salah satu gunung yaitu Gunung Tanggamus. Gunung ini memiliki tinggi sekitar 2.102 meter di atas permukaan air laut yang membuatnya sebagai gunung tertinggi kedua di Provinsi Lampung setelah Gunung Pesagi si Lambar.

Rute menuju puncak Gunung Tanggamus ini dihiasi beberapa macam perkebunan seperti kopi dan sayuran, inilah yang membuat mata pendaki serasa dimanjakan. Gunung ini adalah salah satu gunung di Lampung untuk pendakian.

4. Pantai Sawmill
Pantai Sumil atau dituliskan Sawmill ini menghadap langsung ke Teluk Semangka membuatnya punya garis pantai yang sangat panjang sekaligus memberinya banyak pantai eksotis.  Biasanya yang ramai pengunjung adalah di Desa Karangsari, Kecamatan Wonosobo. 

Namun saat ini belum ada pengelolaan yang kekinian sehingga masih begitu-begitu saja. Terlepas dari itu pemandangan cukup bagus.

5. Air Terjun Way Lalaan
Salah satu ari terjun yang menjadi favorit pengunjung adalah Air Terjun Way Lalaan. Tingginya sekitar 11 meter dengan aliran airnya cukup deras dan dikelilingi hutan yang sejuk. 

Kalau menurut beberapa masyarakat sekitar akses menuju ke lokasi ini sudah dibangun dari zaman kolonial Belanda sekitar tahun 1937. Oleh sebab itu sudah lumayan bagus walaupun banyak tanjakan-tanjakan.

6. Bendungan Batutegi
Tahukah anda kalau di Indonesia ada bendungan terbesar di Asia Tenggara.  Ya bendungan itu adalah Bentungan Batutegi yang beralamat di Kecamatan Air Naningan.  Walaupun fungsi utamanya adalah untuk pembangkit listrik, namun keindahan yang nampak bisa memanjakan mata anda.

7. Air Terjun Lembah Pelangi
Air Terjun Lembah Pelangi memiliki tinggi sekitar 20 meter dengan 3 tingkatan. Belum tau pasti sejarah kenapa dinamai Lembah pelangi, namun ketika tetesan air jatuh dan terkena sinar biasanya ada pelangi kecil disekitar air terjun. 

Di akhir pekan atau hari libur tempat ini cukup ramai oleh pengunjung dari sekitaran kawasan. Meski jalan belum bagus, sehingga menciptakan sensasi adventure akan sangat terasa.

8. Air Terjun Kelumbayan
Sebenarnya air terjun ini letaknya berada diantara teluk kiluan dan pantai gigi hiu. Jadi kalau anda mengunjungi keduanya bisa menjadikan air terjun ini sebagai alternatif wisata tambahan. Alamatnya di Desa Kuyung Atas. 

Ada 4 tingkatan air terjun yang berada di hutan lindung ini. Ketika masuk ke kawasan hutan masih banyak ditemukan satwa liar seperti siamang, simpai dan musang.  Sebelum mengunjungi lokasi ini anda bisa singgah terlebih dahulu ke Desa Kuyung atas untuk menghubungi tour gate bernama Mas Slamet.


(Air Terjun Kelumbayan)

9. Danau Hijau Ulu Belu
Danau ini berada di daerah Ulu Belu yang dikenal pula sebagai daerah geothermal di Kabupaten Tanggamus.  Danau ini terbentuk dari aktivitas panas bumi yang secara alami membentuk danau dengan kandungan belerang berwarna hijau nan cantik dan asik untuk fotografi.

Tanpa mengucilkan beberapa tempat wisata lain yang tentunya indah, itulah ke 9 tempat wisata di Tanggamus yang mempesona dan bisa anda jadikan list untuk kunjungan.  Ada banyak sebenarnya potensi wisata di kabupaten ini seperti Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, wisata perkebunan kopi dan sayuran dll.  Anda tertarik mengelilinginya?
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter