Thursday, September 14, 2017

Cara Mengambil Bibit Gratis Di Pembibitan BPDAS WSS Ketapang Lampung Selatan

Majalah Lampung - Cara Mengambil Bibit Gratis Di Pembibitan BPDAS WSS Ketapang Lampung Selatan. Apakah anda sudah mengetahui bahwa ada bibit tanaman yang bisa diambil secara gratis tanpa biaya apapaun? 

Ya sebenarnya Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Way Seputih – Way Sekampung (BPDAS WSS) menyediakan bibit pohon kayu maupun bibit MPTS untuk seluruh masyarakat Lampung yang ingin menanam. 

 Cara Mengambil Bibit Gratis
Tim Majalah Lampung Mengangkut Bibit


Cara mengambil atau meminta bibitnya tentu dengan prosedur yang telah ditetapkan. Biasanya kalau masyarakat biasa hanya disyaratkan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK), sedangkan jika dari instansi maka diwajibkan membuat permohonan surat permohinan bibit dari instasni. 

Lalu setelah ada konfirmasi, si pemohon bibit mengambilnya langsung ke kantor Persemaian Permanen BPDAS WSS. Sebenarya prosdur ini sangatlah mudah sekali. Modalnya hanya kendaraan pengangkut saja. 

Alamat Persemaian Permanen BPDAS WSS Ketapang Lamsel
Jl. Ketapang Desa Karang Sari (Kecamatan Ketapang)
Kabupaten Lampung Selatan

Proses persemaian dan pembibitan disini juga sudah cukup modern. Terlihat ada beberapa inovasi teknolgi seperti seperti kecambah tua, media semai cetak (MSC), media kering, dan semai dari perkembangbiakan vegetative. 

Salah satu media yang menarik dan ramah lingkungan adalah penggunaan serabut kelapa.  Kemungkinan inovasi itu terus dikembangkan serta diperbarui mengikuti teknolgi terupdate.

Setiap hari ditempat ini sibuk dengan berbagai kegiatan seperti proses pembuatan media, melakukan penanaman, hingga pemeliharaannya menjadi bibit.  

Ada puluhan jenis bibit pohon keras sepeti sengon, cempaka, trembesi, trembesu, jati dan lainnya. Untuk jenis  MPTS ada durian, alpukat, mangga aren, kelengkeng, sawo dll. Terlihat juga pohon hiasan yaitu ketapang kencana.

 Cara Mengambil Bibit Gratis
Bibit Gratis

Sebenarnya keberadaan pembibitan ini untuk menjaga lingkungan khususnya Daerah Aliran Sungai. 

DAS merupakan kawasan yang dialiri air dengan batasan titik daratan tertinggi dimana air tersebut berasal dari air hujan yang terjatuh di dalam sistem tersebut. Air pada sistem DAS adalah air dengan siklus hidrologi alami.
  
 Cara Mengambil Bibit Gratis
Lokasi Pembibitan

Adanya BPDAS WSS ini jelas membantu masyarakat. Sebagai contoh jika masyarakat punya lahan yang luas, maka bisa menanami dengan tanaman yang bermanfaat seperti durian dan aren yang kelak bisa dipanen. 

Dengan begitu ekonomi meningkat dan ekologi terjaga. Hal ini juga kabar baik untuk instansi maupun organisasi yang biasanya menyelenggarakan acara. 

Event menanam pohon atau penghijaun adalah contoh salah satu progja yang positif. Pihak organisasi bisa meminta bibit dari sini.

Salah satu organisasi yang aktif menyelegarakan penanaman adalah HIMASYLVA, Himpunan Mahasiswa Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian Unila ini rutin mengadakan peringatan hari lingkungan, dan sumber bibit mereka salah satunya adalah pembibitan BPDAS WSS. 

Jika anda berada di Bandar Lampung, anda bisa menghantarkan surat permohonan bibit di kantor BPDAS WSS Balam yaittu di JL ZA Pagar alam, Rajabasa, Labuhan Ratu Kota Bandar Lampung.

Biasanya pemohon akan diarahkan untuk mengambil bibit di persemaian BPDAS WSS Ketapang. Jika anda warga Bandar Lampung maka patokan untuk sampai tempat ini adalah kantor kecamatan penengahan dan polsek penengahan, ada pertigaan namanya simpang gayam. 

Setelah itu belok kiri, lalu ada jembatan proyek tol tras Lampung lurus terus kira-kira 2 km. Pembibitan ini berada di sebelah kiri jalan. 

Jalan ini sebenarnya adalah tembusan penengahan ke pasir sakti yang nantinya tembus simpang lima Lampung Timur.

Apakah anda tertarik menambah koleksi tanaman pohon, atau baru mempunyai niat menanam. Jika jawabannya ya maka bibit gratis di pembibitan BPDAS WSS ini bisa anda catat untuk kemudian menjadi rekomendasi.

Keuntungan menanam pohon jelas sangat menggiurkan sebenarnya jika dilihat dari sudut pandang ekonomi, jika mempunyai lahan nganggur dan tidak produktif bisa ditanami pohon keras seperti cempaka ataupun jati. 

7 sampai 8 tahun kemudian pohon-pohon ini tentu sudah bisa dipotong untuk dijual. Atau jika menanam pohon buah seperti durian pun suatu saat anda akan panen durian.
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter