Tuesday, September 19, 2017

Tips Menjadi Motovlogger Sukses Ala Sang Mastah

Majalah Lampung - Tips Menjadi Motovlogger Sukses Ala Sang Mastah. Di era millenilas saat ini banyak sekali media untuk menuangkan bakat dan kreativitas. Bahkan bakat, kreativitas dan hobi bisa bertransformasi menjadi sebuh profesi. 

Apalagi saat ini teknologi benar-benar sudah menjadi budaya baru. Youtube sebagai salah satu media sosial yang banyak digemari kaula muda, saat ini mampu membuat sebuah industri untuk para videomaker yang biasa disebut youtuber. Hanya dengan mengupload video dengan durasi singkat tak jarang para milenials sukses membius penonton. 

Profesi baru bernama youtuber ini sepertinya sudah banyak diketahui orang. Beberapa tokoh ternama tanah air seperti Bayu Skak, Raditiya Dika, Edho Zel merupakan segelintir artis youtube yang sukses meraup banyak pundi-pundi rupiah baik dari youtube adsanse maupun iklan lainnya. 

Hal positif inilah yang banyak diinginkan oleh muda-mudi tanah air sehingga mencoba peruntungannya di dunia youtube.

Salah satu konten yang saat ini mulai populer dan banyak diminati di youtube adalah motovlog. Ya, konten yang satu ini jelas tak jauh-jauh dari dunia motor dan jalanan. 

Jika melihat susunan kata dapat diartikan bahwa moto adalah arti dari sebuah motor serta vlog sebuah video dokumentasi jurnalistik yang dikreasikan dalam sebuah video yang di dalamnya  yang berisi tentang hidup, pikiran, opini, hiburan dan lain sebagainya.  Jadi kalau digabungkan adalah video menganai aktivitas seseorang bersama motor.

Menurut beberapa motovlogger motovlog adalah adalah video yang direkam dengan menggunakan kamera khusus yaitu action camera dimana orang yang mengendarai motor tersebut merekam segala aktifitasnya lalu kemudian di creat menjadi sebuah video tontonan.

Salah satu motovlogger  terkenal di indonesia adalah Rizki Motovlog, pemuda asal Lampung ini telah banyak memiliki unggahan video dan menarik puluhan ribu subscriber di youtube. 

Untuk itu tim Majalah Lampung mendatangi ia untuk sekedar meminta bocoran tips agar bisa menjadi motovlogger yang sukses. Dan ia pun menyebutkan 11 tips seperti dibawah ini.
Tips Menjadi Motovlogger Sukses Ala Sang Mastah Rizki Motovlog
Tips Menjadi Motovlogger Sukses
(Rizki Motovlog)

1. Doa
Berdoalah kepada sang maha kuasa. Sebab kekuatan terbesar adalah darinya, ia yang menentukan kamu bisa sukses atau tidak. Sisipkan doa dalam solat dan aktivitas lainnya. 

2. Niat
Bersungguh-sungguh, niatkan dirimu  untuk menjadi seorang motovlogger. Jangan ada niat yang tak baik. 

3. Ibadah
Ya, ngevlog jangan sampai lupa ibadah, malah kalau bisa sembari ngevlog ibadahnya jangan ditinggalkan.

4. Meminta dukungan orang tua
Mintalah restu dari orang tua. Jelaskan keinginanmu ini dengan jelas dan gamblang. Kalau ortumu tidak tahu, maka uraikan satu persatu secara rinci. Apalagi untuk Anda yang masih meminta biaya hidup dari ortu. 

5. Memberikan video yang menarik untuk penonton
Inilah yang akan ditonton, dinikmati dan dinilai oleh para penonton. Usahakan konten yang kamu buat menarik sehingga para penonon terhibur. Ibaratkan konten yang Anda buat adalah sebuah makanan, sajikan makanan yang enak sehingga banyak orang yang tertarik untuk memakannya. 

6. Jauhi konten yang negatif
Yang ini mensti kamu perhatikan, jauhi konten yang dilarang oleh youtube seperti sara, por*ogr@fi, dan kekerasan serta lainnya. Biasanya kalau video anda mengandung beberapa hal negatif tersebut pihak youtube akan memberi peringatan dan channel Anda susah untuk di approved dalam program youtube adsanse.

7. Menjaga semangat
Nah kalau kamu sudah membuat konten dan menguploadnya, tetaplah konsisten dengan hal itu. Sekalipun tak banyak yang menonton video kamu. Terus saja mebuat konten yang dijelaskan pada tips nomor 5. 

Keep uploading meski banyak godaan untuk tidak upload, disinilah kamu diuji keprofesionalannya dalam ngevlog. Ngevlog jangan tergantung mood, "ah gw mau ngevlog ah mumpung lagi mood, ah gw males ngevlog ah capek gak mood". Kalau sudah seperti itu kembali lagi ke tips nomor 2.

8. Karya sendiri
Jangan sampai me reupload dan mengambil hak cipta orang lain karena karya sendiri akan lebih dihargai. Mencontoh mungkin boleh-boleh saja tapi jangan dijiplak ya.

Tips Menjadi Motovlogger Sukses
Stop Plagiarsm

9. Bersosialisasi /sharing kepada motovloger lainnya
Nah Anda bisa bertanya-tanya kepada vlogger-vlogger yang ada disekitar maupun yang sudah terkenal di youtube. Bisa dengan cara komen atau minta contact person nya langsung.

10. Perbanyak teman atau jaringan
Ya, ini penting untuk menambah skill dan juga mempromosikan channel yang anda buat. Kalau banyak teman kan sesekali bisa menyuruh mereka untuk mampir, syukur-sukur kalai mereka mau men subscribe.

11. Selalu ramah kepada penoton dan jangan pernah sombong
Penonton dan pelanggan di channel anda. Ibaratkanlah seperti seorang tamu yang berkunjung ke rumah anda, jadi perlakukan dengan baik, ramah dan sopan. Buat supaya ia mau kembali lagi ke channel mu

Nah itulah kira-kira yang disampaikan oleh Rizki Motovlog mengenai apa saja tips agar jadi motovobger sukses. Sebelum memulai vlog pastikan anda sudah mempersiapkan beberapa hal penting yang wajib dimiliki seorang motovlogger. 

Pilih tema motovlog anda sesuai dengan keahlian atau kebiasaan anda sehari-hari. Dan jangan berorientasi terlalu besar terhadap uang, yang paling penting yaitu pantaskan nantinya karya kamu dihargai, dan dinikmati. Bangunlah vlog anda dengan hasil karya dari tangan anda. 
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter