Saturday, September 2, 2017

Wisata Baturaden Purwokerto Dilihat Dari Semua Sudut

Wisata Baturaden Purwokerto

Wisata Baturaden Purwokerto. Salah satu tempat yang favorit bagi masyarakat Purwokerto dan Jawa Tengah adalah wisata alam Baturaden.

Wisata berbasis alam ini menyajikan banyak wahana di dalamnya diantaranya air terjun, theater alam, sepeda air, curug 3,  curug 7, terapi ikan, kolam renang, permainan anak-anak taman botani, dan cascade batuan alam.

Dari wisata baturaden ini kita bisa melihat pemandangan kota purwokerto dari atas bukit dan juga gunung selamet.

Di lokasi wisata baturaden ini tertata rapi perpaduan bunga, pepohonan, sungai, bebatuan, tanaman bangunan serta patung-patung khas daerah jawa tengah yang akan memanjakan mata anda.

Waktu tempuh dari terminal purwokerto sekitar 20-30 menit yang bisa anda tempuh dengan kendaraan umum dengan biaya sekitar Rp 12.000.

Jika anda ke lokasi ini dengan menggunakan kereta api maka anda bisa turun di terminal purwokerto lalu menaiki angkutan umum dengan tujuan terminal kota atau angkutan umum yang langsung menuju ke lokasi wisata baturaden.

Jangan khawatir lapar ketika anda di wisata Baturaden karena didamnya banyak penjual yang menjajakan kuliner-kuliner yang lezat seperti sate kelinci, lontong pecel, sate ayam, soto ayam,bakso, mie ayam, mie rebus, kue pancong, mendoan, susu murni, STMJ, wedang ronde, sekuteng, jagung bakar, kopi dan lainya yang harganya cukup terjangkau mulai dari 1000 rupiah sampai 20.000 rupiah per porsinya.

Untuk anda yang ingin menginap disekitaran wisata baturaden ini anda tidak perlu khawatir karena disekitaran tempat wisata baturaden terdapat banyak penginapan dari kelas melati sampai kelas berbintang dengan harga mulai dari Rp 70.000 sampai ratusan ribu.  Harga tiket masuk ke wisata Baturaden ini yaitu 14.000 rupiah saja.

Wanaha Pesawat Theater Alam: Tiket pesawat dengan harga 5000 rupiah ini bisa anda dapatkan di wisata baturaden purwokerto.

Disini pihak pegelola baturaden menyediakan bioskop yang berbentuk pesawat yang dinamai dengan theater alam.

Pesawat dengan jenis Foxer 28 milik Garuda Indonesia itu 'bertengger' di atas tanah seluas 600 meter persegi tepat di samping pintu masuk wisata Baturraden.

Wahana ini dibuka sejak 2010 lalu oleh Bupati Banyumas, Drs Mardjoko, MM. Wahana tersebut dibangun dengan tujuan memberikan pariwisata pendidikan.

Didalamnya ditanyangkan mengenai profil Provinsi Jawa Tengah, tempat wisata di Jawa Tengah dan tentunya tentang budaya Indonesia. Tiket masuk wahana ini hanya sebesar 5000 rupiah saja.

Anda tidak akan kesulitan untuk menemukan lokasi pesawat ini, karena terletak di samping pintu masuk sehingga tampak jelas ketika anda sampai dilokasi wisata baturaden ini.

Tiket bisa dipesan di samping pintu masuk yang bersandingan dengan penjualan tiket masuk ke wisata baturaden.

Jika anda mengunjungi lokasi wiata baturaden pastikan anda menikmati wahana ini karena selain seru anda juga akan mendapatkan pengetahuan baru. Lalu apa yang disuguhkan di dalam theater ini ?

Anda akan diajak melihat profil kabupaten Banyumas Purwokerto, potensi wisata dan juga budaya daerah tersebut. Wahana ini sangat cocok bagi anak-anak karena dapat menambah wawasan dan meningkatkan pengetahuan mereka.

Jika kondisinya ramai maka untuk memasuki wahana ini anda akan mengantri. Tapi jangan ragu soal keseruan ketika sudah di dalamnya.

Ada 4 Wahana Yang wajib anda nikmati di Wisata Baturaden yaitu

  • Theater alam: Di wahana ini anda akan menaiki pesawat yang didalamnya dipertontonkan video mengenai wisata Jawa tengah, profil Jawa Tengah dan lainya. Tiket masuk wahana ini hanya 5000 Rupiah.
  • Sepeda Air: Yang berbeda di sepeda air baturaden adalah adanya ikan di waduk buatan yang akan mengikuti anda ketika berkeliling kolam.
  • Curug 3: Anda bisa mandi di air panas kaya dengan kandungan belerang  yang menyehatkan kulit anda. Masuk ke wahana ini anda harus membayar sebesar 10.000 Rupiah.
  •  Curug 7: Untuk mencapai lokasi ini anda harus berjalan sekitar satu jam dari pintu masuk wisata baturaden, karena jaraknya sekitar 2,5 km. Namun jangan takut lelah karena disepanjang perjalanan anda akan disuguhi hijaunya hutan dan sejuknya udara pegunungan. Untuk pulang dari curug 7 ini anda bisa menaiki kendaraan yang disewakan atau juga ada ojek.
Kuliner Di Tempat Wisata Baturaden: Pernahkah anda membeli makanan disekitar tempat wisata yang harganya mahal ?

Terkadang memang penjual memberikan “ranjau” (harga mahal) kepada wisatawan yang terlanjur membeli atau memakan barang yang dijual oleh pedagang.

Hal ini dilakukan oleh pedagang dengan tujuan mengambil untung sebesar-besarnya dari wisatawan.

Harga makanan terkadang bisa sampai dua kali lipat dari harga sebenarnya. Hal ini terjadi akibat sebelumnya wisatawan tidak mengetahui harga makanan yang dibelinya.

Sebenarnya jika semua tempat makan di kawasan wisata atau tempat lainya memasang daftar harga pada makanan yang dijualnya maka istilah “ranjau” ini tidak ada.

Terkadang wisatawan menjadi “kapok” akibat membeli makan dengan harga yang tidak sesuai dengan aslinya.

Seandainya pemerintah mewajibkan setiap tempat makanan memasang daftar harga makanan tentu wisatawan akan mendapat kenyamanan lebih. Salah satu tempat yang sudah menerapkan hal ini adalah wisata Baturaden di Jawa Tengah.

Disini pengunjung tidak perlu takut untuk menikmati kuliner yang dijajakan para pedagang karena pihak penglola wisata telah memberikan daftar harga makanan melalui baner yang dipasang di sudut-sudut area wisata ini.

Itulah gambaran Semua Sudut Wisata Baturaden Purwokerto Yang Faforit Itu, spot wisata di Jawa Tengah ini cukup recommended. Apalagi  jika untuk sekadar melepas kepenatan.
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter