Tuesday, October 24, 2017

5 Cara Melestarikan Lagu Daerah Di Era Modern

Cara melestarikan lagu daerah. Rasanya kita semua menyadari bahwa semakin berjalannya waktu, ada banyak budaya maupun kearifan lokal yang tergerus. 

Adat istidatat, seni, dan atau budaya lokal semakin terpojokan oleh digital dan invasi modernisasi.  Anak-anak muda jaman sekarang sudah jarang yang mempelajari budaya Indonesia, seperti menyanyi lagu adat, menari/mempelajari tarian daerah. Namun diantara mereka tak sedikit yang justru mempelajari budaya asing.

Indonesia dengan beragam suku, tentu memiliki keragaman bahasa, budaya dan kebiasaan. Menurut kumpulan fakta, negara kita ini salah satu yang terkaya dalam hal bahasa daerah. 

Maklum saja, Indonesia memang terdiri dari warna-warni suku dari Sabang sampai Merauke.

Salah satu produk dari ragamnya bahasa adalah lagu daerah. Rasanya semua wilayah di indonesia punya lagu daerah masing-masing.

Lalu apasih sebenarnya lagu daerah ini? 

Cara Melestarikan Lagu Daerah
Ilustrasi: Sumber gambar Istimewa

Menurut tim kami lagu daerah adalah bentuk kekayaan intelaktual dan kultural hasil ciptaan dan kreasi yang menggambarkan karakter dan budaya pada masing-masing sertiap daerah dan merupakan hasil cipta anak daerah tersebut. 

Lagu daerah juga dapat menjadi salah satu identitas daerah dalam mengupayakan rasa persatuan, solidaritas dan kesatuan yang nantinya digunakan sebagai pendorong kemajuan daerah tersebut.

Nah, melihat kondisi saat ini apakah sebenarnya lagu-lagu daerah tetap eksis? Tetap menggema? Banyak yang mendengar? 

Silahkan anda orientasi dari lingkungan sekitar anda sendiri!  Saat ini memang tak jarang di suatu daerah lagu daerahnya terasa asing di telinga sebagian masyarakat, bahkan banyak yang tak mengetahuinya. 

Lalu bagaimana agar lagu daerah tetap lestari, digemari dan tetap ada di masa depan. Berikut kami merilis cara-cara sederhana yang bisa dilakukan oleh kita.



1. Menghafal Lagu Daerah


Upaya ini adalah dari diri sendiri, dengan menghafal lagu-lagu daerah, artinya akan tetap ada file yang “hidup”.

2. Menyanyikan Lagu Daerah
Setelah hafal, nyanyikan lagu ini di acara-acara seerti pesta, festival dan acara lainnya. Dengan menyanyikannya maka secara otomatis akan ada yang mendengar dan tertarik dengan lagunya.

3. Mengenalkan Kepada Generasi Muda Secara Continu

Ada sekolah maupun komunitas yang aktif, ini merupakan wadah yang potensial untuk memperkenalkan lagu daerah pada anak muda. 


Ciptakan suasana yang santai dan kekinian agar tidak kaku. Lagu daerah memang dianggap terkesan kuno, padahal jika ada aransemen yang kekinian bisa membuatnya menjadi hits kembali.

4. Membuat Lomba Lagu Daerah

Strategi ini terbilang ampuh, buat semacam perlombaan menyanyikan lagu daerah. Jaring sebanyak-banyaknya peserta. Dengan begitu secara tidak langsung mereka akan bersinggungan langsung. 

Di sela-sela acara lomba berikan juga edikasi, seminar dan motivasi mengenai pentingnya melestarikan lagu daerah.

5. Apresiasi Pihak

Berikan apresiasi pada masyarakat yang peduli dan aktif melestarikan lagu daerah. Dengan begitu semoga akan mengispirasi banyak orang lagu.

6. Buat Event

Membuat acara yang utamanya tentang lagu daerah, semisal festival lagu daerah, seminar lagu daerah, lomba, dan lainnya yang menggemakan lagu daerah.

7. Melakukan Penelitian Tentang Lagu Daerah

Kenapa penelitian? Hal ini untuk memastikan fakta-fakta yang ada di lapangan. Semisal penelitian tentang ketertarikan masyarakat dalam menyanyikan lagu daerah; sejauh mana peran pemerintah dalam melestarikan lagu daerah; dan topik lainnya. 

Diharapkan dari penelitian itu tersaji data secara ilmiah dan nyata yang bisa menjadi strategi dalam upaya pelestarian lagu daerah.

Nah itulah tadi cara melestarikan lagu daerah di era modern yang sederhana dan sepertinya cukup bisa dilakukan oleh kita. Semoga artikel ini membantu, dan terimaksih telah membaca.
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter