Thursday, October 19, 2017

8 Makanan Khas Sumatera Yang Mesti Kamu Coba

Makanan Khas Sumatera. Sumatera merupakan salah satu pulau besar di Indonesia. Dari Aceh sampai Lampung luas Sumatera sekitar 473.481 km persegi. 

Dengan berbagai macam suku, agama dan kepercayaan beragam penduduknya hidup berdampingan. Sumatera juga dikenal dengan sebutan Andalas, di pulau ini juga terdapat banyak sekali wisata yang populer.

Makanan Khas Sumatera
Berbagai macam makanan

Di sumatera juga terdapat kota-kota yang cukup terkenal diantaranya Medan, Padang, Palembang, Aceh, Batam dan Bandar Lampung. 

Meskipun terpisah dari pulau Jawa yang relatif lebih terdepan, namun Sumatera tak terlalu tertinggal jauh. 

Bahkan Kota Medan sudah cukup baik fasilitasnya, selain itu Kota Palembang juga pernah dan akan memnggelar event international seperti seperti Sea Games, Asian Games, Piala Asia dan Piala AFF.

Beragamnya latar belakang masyarakat Sumatera membuat banyak aneka makanan khas asal Sumatera. 

Beberapa makanan bahkan cukup terkenal sampai ke mancanegara dan menjadi identitas bangsa. 

Salah satu ciri khas makanan asal Sumatera adalah penggunaan rempahnya yang cukup beragam, apa saja makanan-makanan itu, mari kita lihat daftarnya.

1. Rendang (Sumatera Barat)

Nama rendang mungkin tak asing ditelinga masyarakat tanah air. Rasanya yang lezat membuat makanan ini pernah dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia. 

Pada tahun 2011 melalui jajak pendapat internet yang melibatkan 35.000 responden yang digelar CNN International, menetapkan rendang sebagai hidangan peringkat pertama dalam daftar ‘World’s 50 Most Delicious Foods’. 

Masakan khas Sumatera asal Sumatera Barat ini  memang digemari hampir semua kalangan masyarakat Indonesia.  Sangking nikmatnya, beberapa produsen makanan mie instan membuat varian rasa mie rasa rendang.

2. Sate Padang (Sumatera Barat)

Masih dari provinsi Sumatera Barat, Sate Padang merupakan satu dari benyaknya jenis sate di Indonesia. 

Yang membedakan sate padang dengan lainnya adalah tidak adanya tambahan kecap seperti halnya sate-sate pada umumnya. 

Bumbu berwarna kuning pada sate ini menjadikan rasanya sangat lezat. Sate padang ini hampir ada di semua wilayah Indonesia. 

Biasanya ada pedagang yang menjual berkeliling dengan logat penawaran unilk yaitu “Te Padang, Te Padang”

3. Nasi Padang (Sumatera Barat)

Yang satu ini sepertinya ada di mana-mana biasanya di jual di warung makan padang. Nasi padang atau masakan padang sudah menjadi teman masyarakat tanah air, bahkan kita juga bisa menemui nasi padang di negara lain seperti Malaysia dan Singapura. 

Yang unik dari nasi padang adalah perbandingan jumlah porsi ketika dimakan di tempat dengan yang dibungkus, dimana ketika dibungkus porsinya akan lebih banyak. 

Nah sangking populernya masakan padang ini, banyak juga warung masakan padang yang bukan orang asli padang.

4. Pempek (Sumatera Selatan)

Makanan ini  berbahan dasar tepung yang diberi ikan lalu ada tambahan cuka. Pempek sangat identik dengan kota Palembang saja, padahal di kota-kota lain di Sumatera Selatan seperti Baturaja, Muara Dua, Prabumulih dan Pagar Alam makanan ini juga begitu banyak.  

Saat ini pempek telah berkembang menjadi banyak inovasi,  contohnya ada pempek kapal selam, pempek lenjer adaan dan lainnya. 

Sebenarnya tak susah menemukan pempek di berbagai daerah, namun mencoba pempek langsung buatan orang asli “Wong Kito” tentu lebih nikmat. “Cuko nyo lemak nian” (rasa cuka nya sangat nikmat).

5. Mie Aceh (Nangroe Aceh Darusallam)

Umumnya ada dua varian mie Aceh, yaitu mie goreng dan mie rebus. Sebagai variasi biasanya pedagang meggunakan kepiting, daging dan seafood. 

Variasi inilah yang menambah makin nikmatnya mie aceh ini. Mie aceh bisa makin nikmat jika didampingi minuman khas aceh yaitu es timun.


6. Pidang (Sumatera Selatan)


Pindang merupakan makanan khas sumatera selatan yang mesti anda coba selain pempek. Bahan utama untuk membuat pundang adalah ikan patin yang dimasak dengan bumbu seperti cabe merah, cabe rawit, bawang putih, bawang merah, nanas dan bumbu lainnya. Salah satu pindang yang cukup terkenal adalah pindang meranjat.

7. Seruit (Lampung)

Seruit adalah makanan khas provinsi Lampung, yaitu masakan berbahan dasar ikan yang digoreng atau dibakar dicampur sambel terasi, tempoyak (olahan durian) atau mangga. 

Jenis ikan yang digunakan biasanya ikan sungai seperti belide, baung, layis dll, ditambah lalapan. Nah kalau di Lampung ada juga tradisi nyeruit yang artiya makan seruit bersama-sama.

8. Bika Ambon (Sumatera Utara)

Kalau yang mengira bika ambon berasal dari Ambon ternyata Anda salah. Makanan ini berasal dari Medan. 

Makanan ini terbuat dari telur, gula, dan santan. Jika Anda pergi ke Medan makan akan banyak sekali penjual oleh-oleh bika ambon ini.

Nah itulah daftar makanan khas sumatera yang kudu anda coba. Walau anda tidak berkunjung ke sumatera, Anda bisa menjajalnya di daerah Anda. 

Hal ini karena bisa jadi ada penjual makanan-makanan diatas. Selamat mencoba.
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter