Thursday, October 26, 2017

9 Fakta Tentang Papua Yang Mendunia

Majalah Lampung. Fakta tentang Papua Salah satu wilayah di Indonesia yang terbilang punya potensi menakjubkan adalah Papua. 

Kenapa dibilang menakjubkan? Hal ini karena adanya berbagai hal yang tidak dimiliki oleh wilayah lain di Indonesia. 

Potensi itu seperti tambang emas, tambang tembaga, sumberdaya hutan, sumberdaya kelautan, pariwisata bahkan sampai ke sumberdaya manusianya. 

Semua potensi itu saat ini sedang digenjot kemajuannya, insfratuktur mulai di bangun sebagai salah satu katalisatornya. 

Jalan trans papua diharapkan bisa memecah keterisolasinya Papua dan kemudian mengangkat semua potensi itu.

Selain menakjubkannya papua dari segi potensi, tentu kita semua paham bahwa sebenarnya wilayah papua memang banyak yang masih terisolir. 

Topografi wilayahnya yang rata-rata pegunungan membuat akses darat sedikit tersendat, dampaknya transportasi andalan disini adalah menggunakan pesawat perintis. 

Hal ini juga mempengaruhi berbagai aspek, salah satunya harga-harga barang di papua. Kalau dibandingkan dengan daerah lain tentu harga beli barang di papua lebih mahal.

Meski ada ketertinggalan, namun seperti yang telah dibahas pada paragrah pertama bahwa papua punya banyak sekali potensi. 

Nah untuk itu kami membuat beberapa daftar fakta-fakta tentang papua yang mungkin saja belum banyak diketahui orang. Berikut adalah daftarnya.

1. Papua Adalah Daratan Teringgi Di Indonesia

Puncak Jaya, pegunungan jayawijaya papua dengan ketinggian 4884 Mdpl menjadikan tempat ini sebagai yang tertinggi di tanah air. 

Sangking tingginya gunung ini bahkan telah dijadikan salah satu dari seven summit dunia. Mencapai puncak jaya banyak diidamkan pendaki nasional maupun internasional.

2. Papua Satu-Satunya Wilayah Bersalju Di Indonesia

Di puncak jayawijaya terdapat salju yang bersifat abadi, artinya ada di sepanjang tahun. Untuk sampai disini memang harus mendaki pegunungan yang cukup terjal. 

Salju di papau adalah satu-satunya yang ada di Indonesia.


Ilustrasi : Source blog.oup.com

3. Papua Punya Gunung Emas

Terlalu berlebihan memang kata “gunung emas”, namun faktanya di papau ada tambang emas yang cukup besar. Proses petambangan ini dijalankan oleh perusahaan PT Freeport Indonesia. 

Menurut beberapa sumber dan ahli, diprediksi emas diwilayah ini belum akan habis dalam waktu yang lama.

4. Papua Tuan Rumah Pon

Pekan olahraga nasional (PON) ke 20 tahun 2020 rencanya akan digelar di wilayah timur Indonesia yaitu papua. 

Walau ada banyak kabar yang memberitakan bahwa papua belum siap, namun nyatanya sudah ada pembangunan fasilitas olahraga. 

Salah satunya adalah stadion cantik di Timika yang kualitasnya terlihat seperti di Eropa.

5. Banyak Satwa Endemik Di Papua

Umumnya kita mengenal burung cendrawasih adalah satwa endemik disini. Namun sebenarnya ada juga satwa lain seperti kura-kura reimani, kasuari gerambil tunggal, kasuari kerdil, nuri sayap hitam, kanguru pohon mantel emas, hiu karpet berbintik, tikus raksasa mallomys, tikus pohon kecil dan beberapa satwa lainnya.

6. Papua Pabrik Pemain Bola

Bagi pecinta bola tanah air tentu setuju jika tanah papua di cap sebagai pabrik pemain bola kelas bintang. 

Terbukti salah satu pemain legenda Persipura Boaz pernah diwawancarai khusus oleh pihak FIFA. Tak hanya Boaz, beberapa nama beken juga menjadi pemain utama di timnas seperti Okto Maniani, Titus Bonai, Osvaldo Hai, Marinus, Imanuel Wanggai, Patrick Wanggai, Ricardo Salampesi, Ortizan Salosa, dan masih banyak lagi. 

Kualitas permainan pemain asal papua memang bisa dibilang diatas rata-rata, skil individu dan kerjasama para pemain sangat apik dilihat.


Fakta tentang Papua

7. Persipura Dan Persiwa Klub Bola Sukses Indonesia Asal Papua

Pesipura Jayapura, klub yang bermarkas di Stadion Mandala ini adalah klub yang sukses di persepakbolaan tanah air, beberapa kali klub ini menjuarai liga tanah air dan mewakili nama Indonesia di pentas asia baik di AFC Cup maupun AFC Champions League. 

Selain nama Persipura tentu ada Persiwa Wamena yang juga pernah mewakili Indonesia di ajang AFC Cup. Walaupun saat ini Persiwa Wamena turun kasta namun sejarah pernah mencatatnya sebagai klub yang disegani.

8. Wisata Papua Mendunia

Salah satu tempat wisata di papua yang sangat terkenal sampai ke beberapa negara adalah Raja Ampat. 

Namun selain itu ada tempat lain yang juga terkenal antara lain Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Danau Sentani Lembah Baliem dan lainnya.

9. Hutan Papua Jadi Surga Flora dan Fauna

Wilayah papua yang didominasi oleh hutan membuatnya menjadi salah satu habitat subur bagi tumbuhan dan satwa. 

Hutan juga menjadi salah satu sumber untuk mencari bahan makanan oleh warga yang tinggal disekitar hutan.

Nah itulah 9 fakta tentang Papua yang mendunia, tentu fakta diatas adalah sedikit contoh saja dari banyaknya fakta lain yang luar biasa dan mendunia. 

Semoga kedepannya papua terus berkembang dan maju mengolah berbagai potensi itu sehingga dapat memajukan daerah papua. Terimakasih.
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter