Tuesday, October 24, 2017

Cara Membuat Gantungan Kunci Dari Biji Palem Raja

Cara membuat gantungan kunci dari biji Palem Raja. Salah satu benda yang sering yang sehari-hari digunakan adalah kunci. 

Ukurannya yang kecil membuat benda ini sering diimbuhi gantungan agar mudah terlhat. Karena tak jarang kunci sering hilang, “selip” atau tertinggal saat dibawa atau diletakan. 

Nah, untuk kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat gantungan kunci dengan memanfaatkan barang yang tidak terpakai dan sering dijumai di sekitar kita. 

Namanya adalah biji atau buah palem raja. Namun sebelum itu mari kita mengenal lebih dahulu tanaman jenis palmae ini;

Gambar gantungan kunci dari biji Palem Raja
Cara Membuat Gantungan Kunci Dari Biji Palem Raja
  • Kingdom: Plantae
  • Subkingdom: Tracheobionta
  • Superdivisi: Spermatophyta
  • Divisi: Magnoliophyta
  • Kelas: Liliopsida
  • Subkelas: Arecidae
  • Ordo: Arecales
  • Famili: Arecaceae
  • Genus: Roystonea
  • Spesies: Roystonea regia
Palem raja ini sering digunakan sebagai jalur hijau dipinggir jalan maupun tanaman perindang pekarangan rumah. 

Cara menanamnya pun cukup mudah yaitu hanya dengan membenihkan dari bijinya saja. Hampir sepanjang tahun tanaman ini berbuah, namun memang buahnya tidak dapat untuk dikonsumsi.

Oleh sebab itu tak jarang di bawah tanaman ini banyak buahnya yang dibiarkan terbengkalai begitu saja.

Dalam kesempatan ini tim Majalah Lampung mencoba mengulas bagaimana cara memanfaatkan barang yang tak bernilai ini menjadi sebuah gantungan kunci yang memiliki nilai jual. Sebelumnya inilah bahan-bahan dan alat yang dibutuhkan:

1. Buah palem raja
2. Air bersih
3. Kawat gantungan kunci
4. Plitur
5. Pisau
6. Ember
7. Kuas cat
8. Paku 1 biji

Proses pembersihan: Pertama bersihkan bujinya dari sisa kulit, daging buah dan serat buahnya dengan air. Jika serat biji susah untuk dibersihkan dengan air maka gunakanlah pisau untuk memotongnya. 

Kalau ingin hasil yang sangat bersih maka rendam bijinya di air selama sekitar24 jam. Setelah itu keringkan, usahakan jangan dibawah terik matahari, panas menyebabkan warnanya pudar.

Pemasangan kawat gantungan kunci: Pasangkan kawat gantungan kunci di bagian atas buji yang ada bekas tangkainya. Bagian ini keras, lubangi terlebih dahulu dengan paku, jika ada bor maka akan lebih mudah dan cepat.

Proses pemolesan: Di bagian ini adalah memberikan plitur pada biji agar warnanya terlihat mengkilat dan nampak lebih indah. 

Gunakan plitur yang warna kayu sehingga memberikan kesan natural pada bijinya. Setelah kering maka gantungan kunci sia untuk digunakan.

Cukup mudah dan simpel kan caranya! 

Selain bisa digunakan sendiri untuk dirumah, gantungan ini juga bisa dijual jika memang produksinya banyak. Bisa juga digunakan untuk souvenir pernikahan atau event-event tertentu.

Nah, itulah ulasan mengenai cara membuat gantungan kunci dari biji Palem Raja. Memanfaatkan barang yang tak bernilai dan biasa diaggap sampah menjadi benda bernilai merupakan langkah bijak terhadap lingkungan. Selamat mencoba, terimakasih.
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter