Tuesday, October 10, 2017

Cara Menanam Sirih Gading Di Pot Dan Dalam Air Yang Mudah

Cara Menanam Sirih Gading Di Pot Dan Dalam Air Yang Mudah. Tabik pun. Kali ini tim Majalah Lampung akan membahas mengenai bagaimana cara membudidayakan tanaman yang terkenal cukup mudah ditanam yaitu Sirih Gading. Yak, tanaman yang indah ini bernama latin Epipremnum aureum dan juga tergolong tanaman hias yang digemari oleh beberapa masyarakat.

Sebenarnya cara penanaman Sirih Gading sangat mudah karena hanya dengan cara memotong bagian batangnya saja, lalu selanjutnya diletakan pada media tanam yang anda ingingkan. Nah untuk media ini ada 2 macam yang biasanya digunakan yaitu tanah (bahan organik) dan air.

Pada kesempatan ini kami akan membahas cara menanamnya dengan tanah yaitu menggunakan pot dan dengan air menggunakan botol bekas.

1. Cara Menanam Sirih Gading Di Pot



Berikut adalah bahan yang digunakan untuk menanam di dalam pot

  • Tanah atau media lain seperti arang sekam dan koko pit
  • 1 buah Pot
  • 2 batang potongan Sirih Gading dengan panjang 10 cm

Catatan: untuk medianya usakan dicampur tanah yang subur, boleh dicampur pupuk organik atau pupuk kandang. Hal ini untuk menambah nutrisi dan hara tanah agar terjamin kebutuhannya saat sudah tumbuh nanti. Penggunaan pot juga bisa menggunakan bekas botol mineral bekas atau lainnya yang kira-kira bisa menampung media taman dengan aman.

Selanjutnya untuk potongan batangnya usahakan agak jauh dari pucuknya, kira-kira 10 cm. Saat menanamnya jangan juga terbalik arahnya. Bagian atas (arah ke pucuk) di bagian atas.

2. Cara Menanam Sirih Gading Di dalam air

Berikut adalah bahan yang digunakan untuk menanam di air yang sebenarnya tidak jauh berbeda

  • Air
  • Botol bekas
  • 5 batang potongan Sirih Gading dengan panjang 15 cm

Catatan: air yang digunakan ukuraanya bisa merendam sekitar 5 cm batang dari Sirih Gading. Atau sebenarnya kurang lebih seperempat batangnya terendam. Namun tidak ada aturan baku, yang penting selama pertumbuhan ada air yang bisa jadi media tumbuh. Kira-kira bisa dilihat pada gambar ini. Oa jika dirumah ada akuarium bekas, bisa juga ditanam disitu, akan lebih terlihat bagus ketika sudah tumbuh karena akarnya nampak dari luar dan bisa jadi tempat hidup ikan.


Nah cukup mudah kan cara penanamannya, untuk perawatannya pun gampang. Karena nyaris kami tidak mengalami gangguan. Hanya sesekali mesti dibersihkan dari rumput dan juga isi air yang jadi media dalam botolnya. Oa usahakan juga saat awal penanaman dijauhkan dari kontak sinar matahari langsung.

Yang menjadi kelebihan dari tanaman ini adalah bisa ditaman di dalam ruangan dan juga di luar ruangan. Jika didalam ruangan bisa menjadi hiasan yang memepercantik ruangan tamu , kamar bahkan sampai ke dapur Anda.

Di area taman juga bisa ditaman dengan merambatkan di pohon atau bunga lainnya. Kabar baiknya manfaat bunga sirih gading ini mampu menyerap berbagai bahan racun yang ada di udara. Jadi selain mempercantik area sekitar juga bisa menyehatkan lingkungan.

Nah itulah sedikit ulasan dari kami mengenai cara menanam Sirih Gading di pot dan dalam air yang mudah. Semoga bisa membantu Anda dan selamat mencoba.  Oa ada juga yang menamai tanaman ini dengan nama Sirih Jepang loh.
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter