Sunday, October 15, 2017

JOB Pertamina Talisman OK Berikan Kesempatan Mahasiswa Belajar

Majalah Lampung. Pertamina sebagai perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan memang sudah pasti mempunyai kewajiban terhadap kondisi lingkungan pasca kegiatan pertambangan mereka. 

Salah satunya adalah JOB Pertamina Talisman OK yang dalam hal ini memegang izin pinjam pakai kawasan hutan atau IIPKH.

Awal Oktober lalu tiga mahasiswa Jurusan Kehutanan Universitas Lampung mendapat kesempatan magang di JOB Pertamina Talisman OK.  

Tiga mahasiswa ini menyusul dua mahasiswa yang sebelumnya telah selesai terlebih dahulu dalam program magang ini.

Selama mengikuti kegiatan magang tiga mahasiswa (Wawan Setiawan, Agung Dwi Prasetyo dan Dimas Ramadhan) tersebut di ajak melihat sumur bor minyak dan area revegetasi disekitar sumur baik yang masih aktif maupun sumur mati.


JOB Pertamina Talisman OK

Adapun pohon yang di pakai dalam revegetasi ini yaitu Salam, Pulau, Bungur dan Sungkai. “Meski belum lama terkena kemarau pohon-pohon yang ditanam terlihat cukup apik kondisinya, percepatan tumbuhnya juga terbilang tinggi, hal itu dapat dilihat dari ketinggian pohon-pohonnya” ujar Wawan salah seorang mahasiswa.


JOB Pertamina Talisman OK

Setelah di perlihatkan lahan revegetasi di dekat lokasi pertambangan ke tiga mahasiswa tersebut diajak ke Hutan Lindung Bukit Nanti. 

Dimana JOB Pertamina Talisman OK melakukan kegiatan penghijauan dan penanaman kembali kawasan daerah aliran sungai. 

Di area penghijauan seluas 80 ha ini juga diibatkan masyarakat penggarap yang berjumlah 33 kepala keluarga tersebar di 50 bidang garapan.

Selama kegiatan magang ini, mahasiswa berkeliling petak penanaman dan mengorientasi area kegiatan. Adapun pohon yang dipilih dalam penghijauan ini adalah Karet dan Cempaka yang ditanam diantara tanaman kopi garapan masyarakat.

Keberhasilan penanaman di lokasi ini terbilang tinggi, dari target tinggi pohon 2 meter, saat ini sudah banyak pohon yang mencapai ketinggian 5 meter. 

Ketinggian pohon tersebut sebagai salah satu indikator berhasilnya kegiatan ini. Maklum saja, dalam proses penanaman dan pemeliharaannya ada pengawasan yang terpadu oleh pihak JOB Pertamina Talisman OK.

Tak hanya penanaman saja, pihak JOB Pertamina Talisman OK juga mengajak masyarakat agar memanfaatkan limbah sisa proses penggilangan kopi (dedek) menjadi pupuk kompos untuk pohon revegetasinya. 

Dengan penambahan EM4 yang di semprotkan diatas dedek lalu dibiarkan dalam beberapa waktu.

JOB Pertamina Talisman OK

Dengan adanya kegiatan penghijauan yang melibatkan masyarakat sekitar seperti ini bisa jadi semboyan hutan lestari masyarakat sejahtera tercipta. 

Apalagi jika perusahaan besar sekelas pertamina yang lain menerapkan hal serupa.
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter