Saturday, November 25, 2017

10 Masjid Megah Di Lampung Yang Mempesona

Majalah Lampung. - Ada banyak masjid megah di Lampung, masjid tersebut dibangun dengan desain arsitektur yang menakjubkan. 

Bagi umat islam, masjid merupakan tempat ibadah yang pasti menjadi bangunan penting, fungsi utama masjid tentu adalah sebagai tempat ibadah.

Namun menurut beberapa sebagian orang, masjid kini bukanlah sakedar tempat beribadah saja. Fungsi dan perannya telah melebar sebagai lembaga pembelajaran agama yang terorganisasi.

Struktur bangunan maupun desain arsitekturnya pun kini semakin beragam dan begitu menarik bahkan mampu menjadi ikon suatu wilayah.

Terlepas dari fungsi utamanya sebagai tempat sembahyang atau solat, kita bisa melihat masjid-masjid di berbagai tempat mejadi ikon.

Contohnya Masjid Agung Semarang, Masjid Istiqlal Jakarta dan masjid-masjid lainnya di Indonesia dan luar negeri.

Nah, Lampung juga memiliki banyak sekali masjid yang megah dengan arsitektur indah yang menjadi sebuah kebanggan daerah-daerah. 


Apalagi saat ini berbagai daerah di Lampung membangun yang namanya islamic center. Dan  berikut ini adalah masjid megah di Lampung dengan desain arsitektur yang menawan.

1. Masjid Taqwa Metro
Rasanya, warga Kota Metro sangat mengenal bangunan megah di pusat kota ini. Setelah belum lama ini masjid direnovasi, kini bangunanmya nampak sangat indah dari berbagai sudut. 

Boleh dibilang masjid Taqwa menjadi ikon Kota Metro dan menjadi salah satu masjid termegah di Provinsi Lampung. Menurut beberapa sumber, masjid ini mampu menampung lebih dari 2000 jemaah.

Ukuran bangunan utamanya sama dengan bangunan lama yakni 45 x 45 meter hanya saja bangunan baru masjid ini dibangun berlantai dua. 

Di waktu-waktu solat, masjid ini juga cukup ramai oleh jemaah solat, apalagi disaat solat jumat. Di masjid ini juga sering diasakan pengajian-pengajian akbar.


Masjid Megah Di Lampung
Foto oleh @aldi_milanto21 VIA @Masjid_lampung

2. Masjid As-Shobur (Menara Asmaul Husnah) Islamic Center Tubaba
Kabupaten yang baru saja mekar dari Tulang Bawang yaitu Tulang Bawang Barat atau biasa disebut Tubaba baru saja merampungkan pembangunan masjid nan megah.

Masjid ini bernama Masjid As-Shobur (Menara Asmaul Husnah) yang menjadi islamic center di Tulang Bawang Barat. Desain masjid ini benar-benar apik dengan dikelilingi danau.

Langit-langit di masjid ini pun nampak elegan dan indah dengan tulisan arab Asmaul Husnah. Masjid ini diresmikan langsung oleh Menteri Agama Republik Indonesia Drs. Hi. Lukman Hakim Saifudin  pada tanggal 11 Oktober 2016.

Kemegahan masjid ini juga sering disorot oleh media-media lokal bahkan sampai nasional.


Masjid Megah Di Lampung

Foto by @irfanmug092 and @samsonnurulhyud VIA @Masjid_lampung

3. Masjid Islamic Center Baitul Mukhlisin Lampung Barat
Berada di Kawasan Sekuting Terpadu yang telah tertata apik, masjid ini nampak sangat megah. Selain tempat pusat kegiatan agama yang mencakup ibadah, da'wah, dan ta'lim, Islamic Center di Kabupaten Lampung Barat masjid ini juga sering menjadi tempat kunjungan masyarakat sekitar atau luar daerah.

Saat ini Masjid bersanding dengan sekolah lapangan dan komplek terpadu di lingkungan yang sejuk di Kota Liwa.

Masjid Megah Di Lampung
Foto oleh @masjid_lampung

4. Masjid Puncak Sumberjaya
Orang-orang sering menyebutnya dengan nama masjid puncak Sumberjaya, hal ini karena letaknya persis di depan Rest Area Sumberjaya.

Nama asli dari masjid ini adalah Masjid Jami Aminatul Jannah. Masjid ini berdiri kokoh di atas perbukitan Lampung Barat. Arsitekturnya begitu indah, dikelilinigi alam pegunungan Lampung Barat, masjid ini sangat fotogenik.

Jika anda melintasi jalan lintas Sumatera arah ke Kota Liwa via Bukit Kemuning maka sempatkanlah mampir disini untuk solat dan merasakan dinginnya air wudhu disini. Nah, setelah solat sempatkan pergi ke belakang masjid untuk melihat pemandangan pegunungan di Lampung Barat.

Masjid Megah Di Lampung
Foto oleh @adysastrae VIA @Masjid_lampung

5. Masjid Kubah Intan 
Seperti namanya, Masjid Kubah Intan ini memiliki bentuk kubah intan. Masjid ini terletak di jantung Kota Kalianda Lampung Selatan dan telah menjadi salah satu bangunan ikon Kabupaten Lampung Selatan.

Kubah berwarna biru di masjid ini nampak berkilau ketika malam hari, selain bangunan yang megah, lingkungan masjid disini juga tertata rapih dan bersih.

Masjid Megah Di Lampung
Foto oleh @lampuung VIA @Masjid_lampung

6. Masjid Agung Al Furqon
Masjid Agung Al Furqon Bandar Lampung atau Masjid Al Furqon adalah salah satu masjid terbesar di kota Bandar Lampung. Letaknya di jantung kota dengan menghadap laut teluk betung yang mengarah ke pulau jawa. 

Alamatnya di Jl. Diponegoro atau tepatnya di persimpangan antara Jl. Dr. Susilo dan Jl. Diponegoro dekat perkantoran Pemda Kota Bandar Lampung. 

Kalau masyarakat Bandar Lampung biasanya mengenal sekitaran sini dengan nama Lungsir dan Bundaran Furqon. Masjid ini juga sering digunakan untuk pengajian rutin dan pernikahan warga masyarakat.

Di depan masjid terdapat menara yang berdiri kokoh berwarna hijau, dari komplek masjid ini dapat terlihat pemandagan Laut Teluk Betung dan Kota Bandar Lampung di bagan pesisir pantai.

7. Islamic Center Kotabumi
Islamic center Kotabumi merupakan Islamic Center Kabupaten Lampung Utara. Tak hanya masjid saja di dalam komplek ini terdapat fasilitas pendukung seperti gedung serba guna.

Islamic Center Kotabumi ini menempati area seluas 3.5 hektar yang sebelumnya merupakan bekas lahan terminal Kotabumi.


Letaknya persis di samping Pasar Sentral Kotabumi dan berada di jalan lintas Sumatera. Jadi ketika lewat, maka nampaklah kompklek masjid ini.

Masjid Megah Di Lampung
Foto oleh Majalah Lampung

8. Masjid Istiqlal Bandarjaya
Bukan hanya Jakarta yang memiliki Masjid Istiqlal, di Lampung pun terdapat masjid dengan nama yang sama yaitu Masjid Istiqlal Bandar Jaya Lampung Tengah, terletak di tengah kota kecil bernama Bandar Jaya, masjid ini menjadi salah satu ikon dan punya nilai sejarah.

Masjid Megah Di Lampung
Foto: Majalah Lampung


9. Islamic Center Sukadana
Komplek Islamic Center ini dilengkapi dengan bangunan masjid, asrama haji, dan berbagai sarana pendukungnya. Islamic Center kebanggaan masyarakat Kabupaten Lampung Timur.

10. Islamic Center Arrayan Pesawaran
Islamic center pesawaran terlihat sangat ikonik dan khas. Warna hijau dan adanya menara masjid yang tinggi membuat masjid ini tampak elegan dan mewah. 

Alamatnya di Jl Jend Ahmad Yani Gedong Tataan. Sejak diresmikan pada tahun 2015  masjid ini sudah menjadi kebanggan bagi masyarakat Pesawaran.

Nah itulah daftar 10 Masjid megah di Lampung yang mempesona dan juga dijadikan sebagai pusat kegiatan agama, selain fungsi utamanya yaitu ibadah.
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter