Monday, November 6, 2017

3 Pasar Tradisional Di Way Tenong Lampung Barat

Majalah Lampung - Pasar Tradisional Di Way Tenong Lampung Barat. Pasar tradisional merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli serta ditandai dengan adanya transaksi penjual pembeli secara langsung dan biasanya ada proses tawar-menawar, bangunan biasanya terdiri dari kios-kios atau gerai, los dan dasaran terbuka yang dibuka oleh penjual maupun suatu pengelola pasar. 

Keberadaan pasar tradisonal hampir ada di penjuru Indonesia, dari pelosok desa/dusun samapi ke perkotaan.

3 Pasar Tradisional Di Way Tenong Lampung Barat
Gapura Pasar Senin

Pasar tradisional ini menyediakan bahan pokok kebutuhan masyarakat seperti sembako, pakaian, jasa, alat kendaraan sampai ke perhiasan. Nah, tak ketinggalan juga di Way Tenong Lampung Barat terdapat pasar tradisional.

Way Tenong adalah sebuah kecamatan yang ada di Kabupaten Lampung Barat. Way Tenong tergolong wilayah yang cukup ramai dan banyak penduduknya. Kelurahan yang cukup ramai diantaranya Fajar bulan, Mutar Alam, Tambak Jaya dan Sukaraja.

Di Way Tenong terdapat 3 pasar tradisional yang sampai saat ini masih beroprasi. Pasar-pasar tersebut berada di beberapa desa yang tersebar dan bergiran waktu bukannya. 

Ya, tidak setiap hari pasar di Way Tenong ini buka, pasar tersebut buka sesai dengan nama harinya. Dan berikut adalah daftar pasar-pasar tersebut:


1. Pasar Kamis


Pasar kamis terletak di Desa Sukaraja. Sesuai dengan namanya, pasar ini buka pada hari kamis saja. Biasanya pengunjung pasar ini dari beberapa desa yang ada di sekitarnya seperti Sukananti, Padang tambak, Tegajul, Talang Sawah, Sidomakmur, Tambak Asri, Tanjung Raya, Sanyir dan Air Putih. 

Jam bukanya pagi hari mulai jam 07:00 dan biasanya pedagang mulai menutup tempat jualannya sekitar jam 13:00. Namun jika ada perayaan hari besar biasanya bisa sampai sore karena adanya pembludakan pengunjung.

2. Pasar Senin

Pasar senin terletak di Fajar Bulan Way Tenong. Untuk hari bukanya pada hari senin saja sedangkan jam buka sama dengan pasar kamis, hanya saja di pasar senin ini lebih luas dan banyak pedagangnya. 

Di dekat pasar ini juga ada berbagai fasilitas seperti pom bensin, bank dan banyak pertokoan serta bengkel.

3 Pasar Tradisional Di Way Tenong Pasar Senin

3. Pasar Minggu


Pasar minggu terletak di Fajar Bulan. Letaknya tidak jauh dengan pasar senin. Buka pada hari minggu, untuk jam nya sama dengan pasar senin.

Itulah pasar-pasar tradisional yang ada di Way Tenong Lampung Barat. 

Keadaan pasar masih sangat tradisonal. Masih banyak jajanan pasar di ketiga pasar ini, jika anda yang hobi makan jajajan pasar bisa menyempatkan untuk mengunjunginya.
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter