Monday, November 6, 2017

5 Tempat Wisata Di Way Tenong Yang Menarik

Majalah Lampung. Tempat Wisata Di Way Tenong. Way Tenong adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Lampung Barat yang  terkenal sebagai penhasil kopi, sayuran, padi dan lada.

Way Tenong juga didiami oleh beberapa etnis dan suku yang cukup beragam sepertI Semende, Jawa, Sunda, Lampung, Bali, Padang dan batak  Batak. 

Pekerjaan para penduduk pun masih bergantung pada hasil perkebunan,yang mana kopi menjadi komoditi utama yang menopang perekonomian kecamatan ini,dan juga memiliki keindahan alam yang bisa di jadikan salah satu alternatif untuk berwisata di daerah kabupaten Lampung Barat. 

Hamparan lahan perkebunan kopi serta beberapa titik persawahan cukup indah dipandang. Udara di Kecamatan Way Tenong juga tergolong sejuk bahkan di beberaa titik bisa dikatakan dingin.

Sama seperti wialayah lain di Indonesia, tentunya Way Tenong menyimpan potensi wisata. Beberpa diantaranya memang sudah terekspose namun banyak juga yang belum di ekspose sehingga belum banyak yang mengenalnya.

Beberapa waktu lalau kami mencoba mengeksplore Way Tenong dan hasilnya berikut Tim Majalah Lampung memberikan daftar tempat wisata yang ada di Way Tenong yang menarik untuk dijasikan destinasi kunjungan wisata.

1. Gemburak Kecil Dan Gemburak Besar


Gemburak atau nama sebenarnya adalah sumber air panas ini terletak di dua tempat yang berbeda. Gemburak kecil ada di tambak asri bawah sedangkan gemburak besar ada di Sidomakmur (masuk kawasan hutan). 

Di tempat ini sering dikunjungi beberapa wisatawan yang ingin menikmati air panas sembari mandi air panas untuk menghilangkan penyakit kulit. 

Sayangnya sampai saat ini belum ada pengelolaan yang serius, sehingga tempat wisata ini terkesan apa adanya. 

Selengkapnya baca disini: Perjalanan ke Gemburak Besar Sidomakmur

Padahal jika dikelola, bisa jadi kedua tempat ini bisa menjadi destinasi unggulan di wlayah Lampung Barat. Hal ini karena adanya fenomena geotermal yang jarang ada di tepat lain.


Tempat Wisata Di Way Tenong

2. Air Terjun Sanyir

Air terjun ini terletak dikelurahan Tambak Jaya atau yang biasa dikenal dengan nama Desa Sanyir. Ketinggianya sekitar 20 m. 

Keadaanya masih sangat natural, belum ada pengelolaan. Akses menuju kesini jugabelum mudah dijangkau. Namun keindahan dan suasananya cukup rekomended.

3. Air Terjun Mabar

Air terjun mabar terletak di Mabar Way Tenong, ketinggiannya sekitar 25 meter. Akses menuju tempat ini bisa melalui Desa Sukaraja. 

Air terjun ini dikelilingi oleh perkebunan kopi milik warga, kondisi airnya cukup jernih.


Tempat Wisata Di Way Tenong

4. Gemburak Purunan Talang 6

Talang 6 merupakan dusun di Padang Tambak Way Tenong, sedangkan gemburaknya ada di kawasan TNBBS yang aksesnya melalui Talang 6. 

Untuk berkunjung kesini sebaiknya perlu izin dari pihak TNBBS. Sebenarnya pemandangan dari Talang 6 ini cukup indah karena letaknya diatas bukit yang tinggi.

5. Sawah Tanjung Raya

Sebenarnya persawahan ini hanyalah sawah milik warga, namun banyak orang menjadikan lokasi ini sebagai tempat foto-foto. 

Hal ini karena keindahan persawahan yang berbentuk miring dengan latar belakang pegunungan yang indah. Gundukan persawahan cukup cantik saat dipandang dan sangat fotogenik.


Tempat Wisata Di Way Tenong

Nah, itulah tempat-tempat wisata yang ada di Way Tenong. Semoga bisa menjadi referensi anda saat berada di daerah ini. Selamat ber wisata, dan terimakasih.
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter