Saturday, November 4, 2017

Air Terjun Beringin Bukit Kemuning Lampung Utara

Majalah Lampung -  Air Terjun Beringin Bukit Kemuning Lampung Utara. Air terjun atau biasa disebut curup, curug arter merupakan formasi geologi dari arus air yang mengalir melalui bebatuan yang mengalami erosi dan jatuh ke bawah dari atas ketinggian. 

Fenomena alam ini mebuat sebuah pemandangan alam yang biasannya indah. Dari hal ini tak jarang air terjun dijadikan sebagai destinasi wisata. Salah satunya adalah air terjun Beringin Bukit Kemuning Lampung Utara.

Air terjun ini beralamat di Kecamatan Bukit Kemuning. Ketinggian air terjun ini sekitar 40 sampai 50  meter dengan kondisi air yang masih sangat jernih.  Dari Jalan Lintas Sumatera arah ke Lampung Barat, lokasi air terjunnya tidak terlalu jauh. Hanya sekitar 3 km saja. Kalau dari arah Bandar Lampung, gang masuknya ada di kiri jalan.

Air Terjun Beringin
Gambar Air Terjun Beringin

Air terjun ini dikelola oleh masyarakat Desa Tanjung Baru. Sebenarnya air terjun ini merupakan titik pemberhentian  Abung River Tubing. Namun jika ingin menikmati air terjun tanpa bertubung juga bisa.

Untuk sampai di air terjun ini memang harus berjalan kaki menuruni bukit. Namun masyarakat sudah membuat anak tangga yang sudah bagus, sehingga lebih memudahkan untuk berjalan kaki.  Air terjun ini sebenarnya ta jauh dari pasar bukit kemuning, jika menggunakan kendaraan roda 4 hanya memakan waktu sekitar 10 menit saja.

Selain air terjun, pemandangan disini juga masih sangata asri, ada perkebunan milik warga yang nampak hijau.  Ada juga perbukitan yang juga punya keindahan yang bisa melepas kepenatan. untuk anda yang ada di sekitaran Bukit Kemuning, Way Kanan, maupun Kotabumi air terjun ini bisa menjadi salah satu list untuk piknik akhir pekan.

Saat kami mengunjungi lokasi ini, kebetulan juga ada beberapa pejabat dari Lampung Utara dan masyarakat pengelola air terjun ini. Kedua pihak tersebut berkomitmen untuk mempromosikan air terjun ini.

Sebenarnya debit air dan lebar air terjunnya mengecil karena adanya tambang batu yang tepat diatas air terjun ini. Namun tidak mengurangi keindahan air terjun secara signifikan.

Keberadaan air terjun Beringin Bukit Kemuning Lampung Utara ini bida menjadi alternatif liburan akhir pekan di wilayah Lampung Utara dan sekitarnya.  Apalagi jika sekaligus menikmati wisata terpadu abung river tubing. Sehabis ber jeram ria langsung mandi dibwah air terjun yang istimewa ini.
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter