Thursday, November 2, 2017

Abung River Tubing, Rafting Asik Di Bukit Kemuning

Majalah Lampung. Wisata Abung River Tubing. Assalamualaikum. Tabik Pun. Bagi Anda yang gemar wisata arung jeram, tentu kabar ini menjadi kabar baik untuk Anda. 

Kenapa? Karena ada salah satu wisata arung jeram di Lampung yang menantang dan boleh dibilang sangat mantap. 

Dimana lokasinya? Ada di Kecamatan Bukit Kemuning Lampung Utara. Sekitar satu jam perjalanan dari Kotabumi (arah ke Lampung Barat).

Pada Bulan Oktober kemarin tim Majalah Lampung menjajal keseruan ber-arung jeram disini. 

Bersama beberapa anggota Tapis Blogger, Istri Bupati Lampung Utara (Bu Endah), Istri Wakil Bupati Lampung Utara, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, pejabat Lampung Utara, Kepala Desa, Camat serta penulis Lampung.

Arung jeram ini dikelola oleh masyarakat sekitar, secara keseluruhan mereka membedakan paket menjadi dua macam yaitu paket pendek dan paket panjang. Berikut adalah penjelasannya:

Gambar Abung River Tubing 

Abung River Tubing

Paket panjang
  • Lama perjalanan: sekitar 7-8 jam perjalanan
  • Biaya atau harga: 110.000 rupiah 
  • Fasilitas: makan siang dan snack 
  • Panjang lintasan: 8 km
Paket pendek
  • Lama perjalanan: sekitar 1-2 jam perjalanan
  • Biaya atau harga: 85.000 ruiah
  • Fasilitas: makan siang dan snack
  • Panjang : 4 km
Perbedaan dari ke dua paket ini ada pada panjang perjalanan arum jeram yang ditempuh. Jika paket panjang maka akan melewati sekitar 15 air terjun dan melintasi tebing yang sangat indah, sampai-sampai dijuluki “Green Canyon”. 


Tebing tersebut ada di kanan kiri sungai yang menjadi rute selama perjalanan. Jeram yang ada di paket panjang ini pun lebih menantang dibandaingkan yang pendek.

Sedangkan jika paket pendek hanya akan berjumpa dengan satu air terjun saja di titik pemberhentian. Namun paket pendek juga sangat seru karena jeram dan derasnya aliran air mampu memacu adrenalin.

Selama perjalanan ber-arum jeram ria pemandangan yang tersaji berupa hutan dan perkebunan milik warga masyarakat. Air sungai disini juga masih dalam keadaan jernih sehingga, kenyamanan akan terjamin.


Abung River Tubing


Selama perjalanan wisatawan akan ditemani beberapa pendamping arum jeram sehingga tak perlu khawatir.

Selain itu fasilitas seperti pelampung, pelindung siku (deker) dan helm juga dalam kondisi baik. Meskipun arum jerma menggunakan ban fuso bekas, namun keamanan dan kenyamanan sangat diperhatikan oleh pihak pengelola.

Titik pemberhentian arung jeram ini ada di spot yang sangat cantik yaitu di air terjun beringin. Air terjun ini mempunyai tinggi hampir 50 meter dan cukup deras alirannya. 

Setelah puas ber-arum jeram, wisatawan bisa mandi dan selfi ria di air terjun yang nampak megah ini.

Nah, itulah ulasan dari hasil perjalanan Tim Kami mengunjungi Wisata arum jeram di Bukit Kemuning bernama wisata Abung River Tubing. 

Spot ini cukup rekomended untuk Anda yang hobi berarung jeram atapun yang penasaran mencobanya. 

Sedikit info, jika ingin melihat gambar atau ingin info lebih  bisa mengikuti akun resminya di instagram @abung_river_tubing
6 comments:
Write comments
  1. Waaah, yang ini bikin envy! Nyesel banget nggak ikutan. Nyobain dikit pas rombongan datang di arter beringin. Itupun gagal karena ujungnya malah sibuk ngejer sepatu hanyut. Tapii, tetap seru, sih... It was one side of life experiences :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe sempga Mb Izzah dilain waktu bisa nyobain

      Delete
  2. Wooowww. Trek yg panjang pasti seru banget yaaaa. Semoga next time bisa nyobaik deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asli seru, Amin. Mb Rinda juga semoga dilain waktu bisa nyobain

      Delete

Join Our Newsletter