Monday, November 6, 2017

Arung Jeram Way Besai Lampung Barat Yang Asik

Arung Jeram Way Besai Lampung Barat. Arung jeram atau bahasa Inggrisnya rafting adalah sebuah aktifitas olahraga yang memadukan unsur petualangan adventure, edukasi, dan rekreasi dengan mengarungi alur sungai yang ber ‘jeram’ menggunakan media boat karet, dayung, kayak, dan kano. 

Akivitas ini sering dianggap cukup manantang bagi setiap orang, maklum saja sembari menikmati jeram kadang ada beberapa batu yang di tengah lintasan. 

Namun dibalik semua itu ada alat yang sudah aman sebagai upaya perlindungan cedera atau hal yang tidak diinginkan.

Komponen utama dalam arung jeram tentunya adalah sungai, tanpa adanya sungai yang mengalirkan air maka mustahil aktivitas ini bisa terlaksana. 

Di Lampung memang cukup banyak sungai, namun tidak semua sungai bisa dijadikan untuk ber arung jeram. Biasanya ada faktor faktor yang diperhatikan sebelum menetapkan track jeram.

Salah satu arung jeram di Lampung yang sudah cukup terkenal adalah arung jeram Way Besai atau juga disebut wisata way besai. 


Arung Jeram Way Besai Lampung Barat
Source thrillophilia.com

Wisata ini terletak di Sumberjaya Lampung Barat. Sungai ini memiliki panjang sekitar 113 kilometer, 7 kilometer di antaranya telah dikembangkan untuk wisata arung jeram. 

Start point untuk jalur rafting dimulai dari Pekon Sidang Jaya hingga finish di Pekon Sukananti, Kecamatan Sumber Jaya. 

Waktu tempuh untuk rafting sekitar 2,5 hingga 3 jam. Bisanayanya orang meamanggil titik startnya adalah pendopo di jerambah Lampung Barat. 

Rute atau lintasan rafting Sungai Way Besay termasuk ke dalam kategori grade II dan III sehingga aman untuk diarungi.

Sebenarnya wisata ini sudah cukup dikenal namun ada beberapa yang menanyakan, apakah wisata ini masih ada? Berapa biaya untuk menikmati wisata ini. 

Nah, Beberapa waktu lalau tim Majalah Lampung mencoba mendatangi tempat wisata ini, namun di secretnya tidak ada pihak pengelola. 

Mungkin karena sudah kesorean, namun ada salah satu masyarakat yang sedkiti mengenal tentang arung jeram ini. 

Menurut ia, sampai saat ini wisata ini masih ada, bahkan kadang ada salah satu organisasi SISPALA dari sebuah SMA disini yang ber arung jeram disini.

Untuk biaya arung jeram disini menurut website resmi dinas pariwisata Provinsi Lampung (www pariwisatalampung com) Rp. 350.000,00 untuk sekali trip. 

Biaya tersebut sudah termasuk semua peralatan yang diperlukan ketika melakukan arung jeram, seperti perahu karet, pelampung, dan pemandu.

Saai itu tim kami juga melihat titik start nya, dan melihat sungai yang menjadi lintasan. Sungainya memang tergolong keruh, hal ini dikarenakan adanya penambang pasir di sungai way besai ini. Terlihat juga beberapa masyarakat yang memncing dan menjala ikan disungai.




Nah, itulah info mengenai Arung Jeram Way Besai Lampung Barat, semoga bisa menjadi referensi anda. Terimaksih.

Informasi: 
Panjang Lintasan Arung Jeram Way Besai Lampung Barat: 7 kilometer
Biaya Arung Jeram Way Besai Lampung Barat: Rp. 350.000,00
Alamat Arung Jeram Way Besai Lampung Barat: Desa Sindang Pagar
Grade Arung Jeram Way Besai Lampung Barat: Grade II dan III
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter