Thursday, November 2, 2017

Bendungan Terbesar Di Lampung Utara, Way Rarem

Majalah Lampung. Bendungan Terbesar Di Lampung Utara (WayRarem). Assalamualaikum. Tabik Pun. 

Salah satu tempat wisata di Lampung Utara yang terkenal dan hits adalah Waduk Way Rarem atau Bendungan Way Rarem. 

Wisata alam ini bahkan mampu menarik wisatawan dari luar Lampung Utara, karena panorama alam yang disajikan disini memang indah.

Dalam kesempatan ini Tim Majalah Lampung mengunjungi Way Rarem sembari menikmati keindahannya dengan memandangnya sembari menyantap makan siang dan berkeliling menggunakan perahu milik penambak ikan disini.

Tentu warga Lampung sudah sering mendengar salah satu bendungan terbesar di Lampun ini. Way Rarem adalah sebuah bendungan yang difungsikan sebagai saluran irigasi, penampung air, tambak dan juga wisata. 

Menurut beberapa sumber, Way Rarem meiliki luas sekitar 49,2 ha dan tinggi bendungan sekitar 59 m. 

Pembangunan bendungan ini terbukti berhasil, tercatat beberapa wilayah  di Lampung teraliri air dari bendungan megah ini seperti Tulang Bawang dan Abung.

Bendungan Terbesar Di Lampung


Untuk mencapai lokasi ini sebenarnya cukup mudah, sudah ada jalan raya yang mulus sampai ke lokasi. Kalau dari Kotabumi jaraknya sekitar 36 km sedangkan dari Kota Bandar Lampung jaraknya sekitar 113 km. 

Waktu tempuh dari Kotabumi kurang dari 1 jam saja sedangkan kalau dari Bandar Lampung sekitar 2 jam setengah.

Sejarah bedungan Way Rarem ini dimulai dari pembangunannya tahun 1980 dan pada tahun 1984 diresmikan oleh presiden RI Soeharto. 

Sejak saat itu banyak masyarakat yang menjadikan tempat ini sebagai destinasi rekomended. Bahkan setiap akhir pekan tempat ini sangat ramai pengunjung. 

Apalagi saat hari lubur atau hari raya. Sampai saat ini Way Rarem masih ramai wisatawan.

Lau sebenarnya apa saja sih yang bisa dinikmati di Way Rarem? Ada wahana permainan seperti bebek-bebekan, sepeda air dan perahu. 

Berkeliling bedungan dengan perahu merupakan salah satu yang Tim Majalah Lampung lakukan. Keseruan menaiki perahu tradisional menjadi salah satu penghilang rasa penat. 

Pemandangan hamaran bendungan yang luas dan beberapa keramba serta bukit-bukit yang nampak dari kejauhan mampu memanjakan mata.


Bendungan Terbesar Di Lampung


Berbagai fasilitas juga sudah cukup baik disini. Bendungan terbesar di Lampung Utara, bernama  Way Rarem ini adalah salah satu spot wisata yang mesti Anda jadikan list destinasi piknik atau liburan. 

Untuk Anda yang tertarik mengunjungi lokasi ini, berikut adalah alamat Way Rarem: Pekurun, Abung Pekurun, Kabupaten Lampung Utara.

Tags: Sejarah Bendungan Way Rarem | Asal Usul Way Rarem | Gambar Bendungan Way Rarem | Bendungan Way Rarem Kotabumi | Sejarah Bendungan Way Rarem Lampung Utara | Bendungan Terbesar Di Lampung | Tempat Angker Di Lampung Utara
8 comments:
Write comments
  1. Naik sepeda air seru kali, yaaa... Walau cuma sempat naik perahu, tapi asyik juga. Penasaran pingin mampir ke kerambanya, sebenernya. Pingin mancing juga, hehe.. Sayang di sisi yang didatangi kemaren lumayan banyak sampah, yaa... Kalo badan ga capek kudunya kita nyempatin operasi semut buat bantu ngurangin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau naik sepeda air sepertinya memang seru. Untuk operasi sampah sepertinya ide bagus

      Delete
  2. Sayang belum melihat dari lokasi wisatanya. Justru kesana pas si bawah kebun sawit di seberang lokasi wisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lokasi wisata lebih apik sebenarnya, tapi di "sawitan" pemandangannya juga memukau

      Delete
  3. Replies
    1. Asli Bang, libur akhir pekan enak nih disini

      Delete
  4. Pengen kesana ah, keren dan besar banget kayaknya

    ReplyDelete

Join Our Newsletter