Thursday, November 2, 2017

Biaya Bayar Pemutihan Pajak Kendaraan

Biaya bayar pemutihan pajak Kendaraan. Assalamualaikum. Tabik pun. Kabar baik bagi warga Lampung. Pemerintah menyelenggarakan pemutihan pajak kendaraan bermotor. 

Sebenarnya tidak hanya di Lampung saja, di beberapa daerah lain di Indonesia juga menyelenggarakan pemutihan pajak kendaraan. 

Banyak warga yang merasa senang, karena kendaraan mereka yang telah menunggak beberapa tahun bisa dibayar dan bebas tunggakan pajak.


Dari kabar tersebut juga banyak masyarakat yang bertanya-tanya. Dimana bayar pemutihan pajak? Berapa biaya pemutihan pajak? Kapan jadwalnya? Bagaimana prosesnya? 

Nah, pada artikel ini Tim Majalah Lampung akan membahas hal tersebut. Ini karena salah seorang tim kami ikut serta dalam program pemutihan pajak.

Tanggal 30 oktober 2017 lalu, sorang  Tim kami yang mempunyai motor dengan tunggakan pajak 5 tahun mendatangi kantor samsat di Kota Liwa Lampung Barat. 

Hal ini karena motornya ber STNK Lampung barat. Menurut baner yang dipasang di beberapa titik, lokasi pembayaran pemutuhan pajak ada di kantor samsat masing-masing kabupaten.

Dalam kesempatan ini motor ia berstatus tunggakan pajak 5 tahun, dari tahun 2012 ini menghabiskan biaya pemutihan pajak sebesar 930.000 rupiah. 

Ia kurang tahu persis bagaimana hutungan rinci sehingga total ia harus membayar adalah 930.000 rupiah. Biaya ini juga sudah termasuk bayar untuk ganti plat motor. 

Dalam kesempatan ini kami pun berselancar di dunia maya dan mendapatkan informasi dari salah satu media online mengenai itung-itungan bayaran pemutiahan pajak 2017. Dan berikut hasilnya:

Dengan rumus ; SWDKLLJ + PNBP x Jumlah tunggakan = hasil. Dari hasil tersebut baru ditambahkan PKB, dan hasil itulah yang dibayarkan oleh masyarakat. Contohnya untuk hitungan roda dua telat 5 tahun: 35.000 + 25.000 x 5 + 200.000 = yang dibayarkan. (SUMBER:FAJARSUMATERA.COM)

Catatan: motor yang digunakan tim kami adalah jenis motor bebek honda revo edisi pertama.

Persyaratannya pun cukup mudah, cukup membawa STNK dan BPKP (fotocopy 2 Rangkap) serta menggesek nomor rangka motor dan mesin pada kendaraan. 

Untuk kertas gesekan ini ada di samsat, namun jika anda tidak mau membawa motor ke samsat bisa meminta kertas gesekan untuk pemutihan ini di biro jasa pajak terdekat. Artinya motor tidak wajib dibawa.


Pada kesempatan ini tm kami menuturkan bahwa pelayanan pemutihan pajak di samsat liwa sangat baik. 

Ada petugas polisi yang sigap melayani para peserta pemutihan pajak. Pelayanan petugas adminnya pun cepat tanggap. 

Di kantor yang ber alamat di Way Mengaku Liwa ini juga nampak puluhan orang sedang mengikuti pemutihan pajak.

Sempat juga ia menanyakan biaya balik nama pada STNK, salah seorang petugas mengatakan biaya yang mesti dikeluarkan untuk balik nama STNK (ganti nama pemilik dulu ke sekarang) sekitar Rp 390.000.

Untuk anda warga Lampung yang ingin ikut dalam program pemutihan pajak ini diberi waktu sampai 31 Desember 2017. 

Jadi kalau anda punya motor mati pajak, silahkan memanfaatkan moment langka ini. Karena tidak setiap tahunnya ada.

Demikianlah ulasan kami mengenai biaya bayar pemutihan pajak kendaraan. Semoga dapat membantu anda dan terimaksih telah membaca. 

Ayo manfaatakan program pemutihan pajak ini.

Oa, karena STNK pemohon ini si proses untuk diganti baru. Namun si pemohon pajak akan diberikan surat jalan sementara (STNK sementara). Dalam hal ini tim kami STNK asli jadi dalam waktu 2 hari saja. 
2 comments:
Write comments

Join Our Newsletter