Thursday, November 16, 2017

Hubungan Antara Biodiversitas Dengan Karya Seni, FGD Event

Majalah Lampung - Hubungan Antara Biodiversitas Dengan Karya Seni. Ketika berbicara mengenai hubungan antara biodoversitas dengan karya seni tentu kita akan sedikit bertanya-tanya. 

Apa hubungannya? Dari segi mana nyambungnya? Kan jauh berbeda antara biodiversitas dengan bidang seni! 

Lalu dimana sih letak keterkaitan antara kedua bidang ini. Mulanya tim Majalah Lampung juga tak seberapa paham sampai akhirnya Kapuslitbang Biodiversitas LPPM Unila, Bainah Sari Dewi yang juga Dosen Jurusan Kehutanan Unila mengundang kami untuk berdikusi mengenai hal ini.

Hubungan Antara Biodiversitas Dengan Karya Seni
Pemateri

Selasa 14 november bertempat di ruang rapat lantai 5 gedung rektorat Universitas Lampung, digelar sebuah forum group discussion mengenai “inspirasi biodiversitas terhadap karya seni” dengan pembicara dari salah satu dosen Unila Bapak Izal.

Biodiversitas adalah sebuah nilai keragaman pada suatu wilayah, baik tumbuhan maupun hewan. Tingkat keanekaragaman yang tinggi biasaanya menjadi salah satu parameter kesuksesan dalam sebuah pelestarian. 

Oleh sebab itu wilayah yang biasanya belum banyak tereksplorasi memiliki tingkat keanekaragaman yang tinggi. Kecuali yang beriklim sub tropis yang memiliki homogenitas wilayah sehingga keanekaragamannya rendah.

Indonesia berada di bawah garis khatulistiwa sehingga berikilim tropis, oleh sebab itu Indonesia merupakan salah satu negara dengan tingkat keanekaragaman sangat tinggi baik flora maupun fauna, bersanding dengan negara lain seperti Brazil, Kolombia, Ekuador, Meksiko, Australia.

Nah, lalu apa hubungan keanekaragaman tersebut dengan karya seni? Karya adalah sebuah cipta atau buatan yang dihasilkan dari sebuah proses, sedangkan seni adalah kumpulan ekspresi yang dituangkan dalam sebuah media. 

Seni sering dikaitkan dengan kreatifitas dan emosi seseorang. Jadi kurang lebih karya seni adalah sebuah hasil cipta yang dituangkan dalam sebuah media hingga menjadi sebuah bentuk baik barang, gambar, tulisan, alat, gerak dan lainnya.

Dalam kehidupan sehari-hari, tentu kita sering berinteraksi dengan sebuah karya seni. Contohnya ukiran kayu di pintu rumah anda, meja, kursi, alat musik dan lainnya. Hal mendasar yang baru kami pahami dari hubungan antara bidodiversitas dengan karya seni adalah bahan dasar pembuatannya.

Pintu terbuat dari kayu, kayu berasal dari pohon, pohon adalah bagian dari sumber biodiversitas flora. Lebih jauh lagi misalkan alat musik angklung dan seruling dari bambu, keduanya terbuat dari batang bambu yang merupakan biodiversitas flora. Selanjutnya kulit hewan yang dijadikan bedug, ataupun gendang dan lainnya.

Hubungan Antara Biodiversitas Dengan Karya Seni
Dihimpun dari berbagai sumber

Hal yang jauh tidak disadari adalah inspirasi lagu dari nama-nama hewan seperti dibawah ini
  • Burung kakak tua
  • Naik-naik kepuncak gunung
  • Kucing garong
  • Buaya darat
  • Buaya buntung
Judul lagu diatas terinspirasi dari nama-nama fauna yang ada disekitar kita. Sebenarnya daftar lagu diatas baru sedkit saja, masih banyak lagi judul lagu maupun lirik lagu yang mengandung unsur flora dan fauna di dalamnya. 

Dari sini memang kita dapat sedikit mengkaitkan hubungan antara biodiversitas dengan karya seni. Selain lagu kita juga bisa melihat berbagai macam tarian seperti tari sekapur sirih dan tari cendrawasih yang keduanya mamakai judul lahu dari alam.

Biodiversitas dapat menjadi sebuah ide dalam membuat karya sekaligus menjadi bahan dalam membuat karya seni. Jadi fungsi biodiversitas tidak semata sempit di ranah lingkungan saja, namun telah merambah ke bidang seni. 

Kurang lebih seperti itu tangkapan tim kami dalam acara FGD yang dihadiri berbagai macam UKM (unit kegiatan mahasiswa) dari Unila ini.
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter