Friday, November 17, 2017

Jumlah Badak di SRS Taman Nasional Way Kambas

Jumlah badak di SRS Taman Nasional Way Kambas. Sebagai warga masyarakat Lampung tentu kita boleh bangga dengan kekayaan alam yang dimiliki provinsi yang menjadi gerbang Pulau Sumatera ini. 

Lampung punya garis pantai yang panjang, punya daerah kawasan perkebunan yang luas, punya penduduk yang banyak, potensi wisata yang banyak dan yang tak kalah penting Lampung punya kawasan konservasi yang cukup lengkap. 

Kawasan konservasi di Lampung ada berbagai macam seperti taman nasional, cagar alam, taman hutan raya, kesatuan pengelolaan hutan, mangrove center dan kebun raya serta masih banyak lagi. Kita patut bersyukur kepada Allah Swt atas semua limpahan yang diberikan ini.


Jumlah badak di SRS Taman Nasional Way Kambas


Salah satu kawasan konservasi di Lampung yang cukup terkenal adalah adanya dua taman nasional yaitu taman nasional bukit barisan selatan (TNBBS) dan juga taman nasional way kambas (TNWK). Keduanya menjadi penyangga siklus kehidupan di wilayah sai bumi rua jurai ini.

Di taman nasional way kambas yang sudah menjadi ikon sejak lama adalah adanya satwa gajah Sumatera. 

Maklum saja karena disini jumlah gajahnya cukup banyak, baik yang liar maupun yang jinak. Bahkan adanya gajah di TNWK turut menjadi ikon atau kekhasan provinsi Lampung.

Sebenarnya di TNWK terdapat satwa lain yang juga hidup di kawasan hutan seperti badak sumatera, mentok rimba, rusa, babi hutan, berbagai macam burung dan harimau Sumatera. 

Semua hewan tersebut di lindungi di dalam kawasan hutan. Bahkan saat ini SRS (Suaka Rhino Sumatera) sedang fokus untuk mengkonservasi badak sumatera yang jumlahnya kian memperhatinkan.

Pada kesempatan yang terbilang amat langka, tim Majalah Lampung tergabung dalam acara jejak petualang way kambas yang masih dalam rangka perayaan festival way kambas. 

Di kesempatan ini salah seorang tim berkesempatan masuk ke kawasan SRS way kambas untuk menengok keadaan penagkaran badak disana.

Jumlah badak di SRS Taman Nasional Way Kambas

Tim langsung disambut oleh pihak pengelola SRS, tim diajak melihat salah satu badak bernama Harapan yang lahir di Amerika lalu dibawa ke Indonesia. 

Sebenarnya ada 7 ekor badak di SRS pada saat itu (Tahun 2017), namun karena rombongan tim terlalu banyak, kami hanya diijinkan untuk melihat salah satunya saja. Dan berikut adalah jumlah badak yang ada di SRS way kambas beserta nama-namanya.
  • Andalas
  • Ratu
  • Andatu (anak dari Andalas dan Ratu, ada juga yang menyebutnya anugerah dari tuhan)
  • Rosa 
  • Bina
  • Delilah
  • Harapan (anak dari Ipul dan Emi, badak di kebun binatang Cincinati USA)

Ketujuh badak ini ditangkarkan di SRS way kambas, yang dipagar keliling agar tetap bisa terkontrol oleh petugas.  

Pagar penangkaran pun dialiri listrik dengan tegangan yang tinggi, untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.  Adanya SRS way kambas ini tentu diharapkan untuk menjaga agar spesies kunci ini tidak punah. Badak di TNWK juga termasuk dalam key spesies.

Jumlah badak di SRS Taman Nasional Way Kambas

Tidak semua orang bisa mengunjungi SRS, ada surat izin masuk ke SRS way kambas yang begitu ketat. Selain itu persyaratan juga sangat diperhatikan, dari administrasi sampai ke kesehatan juga akan di cek sebelum masuk ke area suakanya badak Sumatera ini. 

Oleh sebab itu tim Majalah Lampung sangat bersyukur dan merasa terhormat saat diajak ke tempat ini. 

Nah, itulah kira-kira ulasan singkat mengenai jumlah badak di SRS taman nasional way kambas. Semoga kedepannya populasi badak bisa terselamatkan dengan adanya SRS ini.
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter