Sunday, November 5, 2017

Kemegahan Islamic Center Kotabumi Lampung Utara

Islamic Center Kotabumi Lampung Utara. Beberapa waktu lalu tim Majalah Lampung mengunjungi salah satu bangunan megah nan ikonik di Kotabumi Lampung Utara yaitu Islamic Cnter Kotabumi. 

Kunjungan ini masih dalam rangkaian kegiatan eksplore Lampung utara bersama para blogger dan penulis Lampung serta pejabat daerah Lampung Utara.  

Islamic Center Kotabumi adalah Islamic Center Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung ini ber alamat lengkap di:

Islamic Center Kotabumi Lampung Utara
Tampak Bagian Paling Depan

Kelurahan: Tanjungharapan
Kecamatan: Kotabumi Selatan
Kabupaten: Lampung Utara
Provinsi: Lampung 
Koordinat: 4°50'33"S   104°52'10"E
Lokasi terdekat: Pasar Sentral Kotabumi
Arahan Lokasi: Kalau dari tugu payan mas ambil arah ke Lambar via luar kota (arah RS Handayani)

Di kawasan islamic center ini terdapat taman yang cukup luas sehingga sering dijadikan untuk tempat bersantai. 

Selain masjid, disini juga terdapat fasilitas pendukung lainnya seperti perkantoran, gedung serba guna dengan daya tampung hingga 2000 orang. 

Menurut beberapa sumber luas total komplek ini sekitar 3.5 hektar yang sebelumnya merupakan lahan terminal regional Kotabumi yang tak terawat.

Islamic ini diresmikan oleh gubernur Lampung pada saat itu yaitu bapak Sjachroedin Z.P, pada tahun 2011. 

Peresmian Islamic center ini sekaligus sebagai persiapan Lampung Utara sebagai tuan rumah MTQ ke-39 tingkat Provinsi Lampung tahun 2011.

Ada keunikan arsitektur pada bangunan masjid islamic center Kotabumi yaitu pada kubah bangunan masjid berbentuk siger yang berputar dengan jumlah 99 yang maknanya 99 Asmaul Husna (nama-nama Allah SWT). Ada juga teropong bintang untuk menghitung hilal. 

Sebenarnya dari atas menara bisa melihat pemandangan hirup pikup Kotabumi. Di masjid ini juga sering diadakan pengajian, bahkan pernah mendatangkan ustad kondang tanah air seperti Ustad Solmed.

Islamic Center Kotabumi Lampung Utara
Masjid Islamic Center Kotabumi Lampung Utara

Bangunan masjid dan kompleknya dari awal di cat berwarna hijau ini menjadi alternatif masyarakat sekitar untuk bersanatai bersama rekan, keluarga dan sanak saudara. 

Tempat ini juga bisa menjadi salah satu spot wisata di Kotabumi. Apalagi tidak ada biaya masuk atau bayar parkir tentu bisa jadi wisata gratis.

Saat kami berkunjung juga terlhat beberapa orang sedang duduk bersanatai. Selain itu juga terlihat sedang ada pengaspalan pada jalan di sekitaran komplek yang menambah indah dan rapih.

Nah, kalau anda ke Kotabumi jangan lupa sempatkan mampir ke masjid ini untuk sembahyang dan juga menikmati kemegahan masjid islamic center Kotabumi.
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter