Thursday, November 16, 2017

Pengaruh Stimulan Terhadap Produktivitas Resin Atau Getah Pinus

Majalah Lampung. Pengaruh Stimulan Terhadap Produktivitas Resin Atau Getah Pinus. Salah hutan pinus yang sangat luas di Indonesia adalah hutan pinus milik perusahaan Perhutani. 

Perum Perhutani adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN )di Indonesia yang memiliki tugas dan wewenang untuk menyelenggarakan perencanaan, pengurusan, pengusahaan dan perlindungan hutan di wilayah kerjanya.

Pengaruh Stimulan Terhadap Produktivitas Resin Atau Getah Pinus
Gambar stimulan (foto by Majalah Lampung)

Dalam hal ini produk yang dihasilkan dari pohon pinus adalah resin pinus dan batang pinus. 

Beberapa produk dari resin pinus adalah cat, pelapis ban, tinta, plastik, lem semir sepatu dan masih banyak lainnya.  

Sedangkan dari batangnya bisa digunakan untuk bangunan dan alat perkakas lainnya.

Getah yang dihasilkan pohon Pinus  digolongkan sebagai resin yang berbentuk cairan asam-asam resin dalam terpentin yang menetes keluar apabila saluran resin pada kayu atau kulit pohon jenis jarum tersayat atau pecah baik sengaja maupun tidak sengaja. 

Dalam hal ini pengambilan resin punis disebut penyadapan. Getah yang berasal dari pohon Pinus berwarna kuning pekat dan lengket, yang terdii dari campuran bahan kimia yang komplek serta memiliki aroma resin ini terbilang wangi karena beberapa kandungan kimia didalamnya. 

Hasil penyulingan getah Pinus menghasilkan gondorukem, terpentin, dan sisa kotoran.

Di perum perhutani Jawa Tengah yaitu RPH Bogangin BKPH Gombong Utara, getah pinus disadap oleh masyarakat sekitar, nantinya hasil sadapan dijual kembali ke pihak Perhutani. 

Dalam hal ini terjadi hubungan timbal balik yang positif. Setiap masyarakat penyadap diberi lahan garapan masing-masing yang menjadi tanggung jawabnya.

Salah satu kendala pada penyadapan pinus adalah getahnya yang kadang sukar keluar. Ada banyak penyebab memang. 

Secara garis besar dibagi menjadi 2 faktor yaitu intern dan ekstern. Faktor ekstern berupa tempat tumbuh serta tindakan dalam pemeliharaan hutan yang mempengaruhi produksi getah secara langsung melalui faktor intern.

Faktor intern (genetik) antara lain: umur pohon, diameter pohon, jumlah dan ukuran saluran damar, kondisi suplai nutrisi dan kondisi suplai air terutama pada bagian luka. 

Faktor ekstern (lingkungan) antara lain : kualitas tempat tumbuh, kerapatan pohon dan iklim serta intensitas matahari.

Nah pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai pengaruh stimulan terhadap produktivitas resin atau getah pinus. 

Stimulan adalah cairan yang mampu merangsang keluarnya getah pinus ini. Di RPH Bogangin ini stimulan ada 2 macam yaitu stimulan A dan B. 

Perbedaan pemberian stimulan ini terletak pada penggunaanya. Stimulan A untuk ketinggian kurang daro 600 MDPL sedangkan B diatas 600 MDPL.

Kenapa perbedaannya berdasarkan ketinggian? Hal ini karena makin tinggi suatu permukaan daratan maka suhunya semakin rendah dan mengakibatkan rongga pada saluran getah pinus sukar mengeluarkan getahnya karena terjadi pembekuan secara cepat. 

Oleh sebab itu jenis stimulannya berbeda, hal ini agar produktivitasnya tetap sama antara yang daratan rendah dan yang lebih tinggi. 

Pengaruh pemberian stimulan pada pohon pinus ini memang memberi dampak pada hasil sadapannya. Jika tidak diberi stimulan, penyadap mengaku hasilnya turun jauh (mengurang).

Pengumpulan Getah (foto by Majalah Lampung)

Stimulan ini memang tidak dijual oleh pihak perhutani, melainkan diberikan secara gratis kepada para penyadap di hutan pinus milik perhutani tersebut. 

Cara pemberian stimulan adalah dengan cara menyemprotkannya pada lubang sadapan di pohon pinusnya.

Demikianlah pembahasan kami mengenai pengaruh stimulan terhadap resin atau getah pinus, artikel ini dibuat oleh salah satu anggota tim Majalah Lampung yang melakukan praktik (magang) selama 1 bulan di lokasi. Terimakasih semoga menginformasi.

Hastag: Cara Memperlancar Getah Pinus | Obat Pelancar Getah Pinus | Teknik Penyadapan Getah Pinus | Obat Pelancar Getah Pinus | Alat Penyadap Getah Pinus | Teknik  Penyadapan Getah Pinus | Harga Getah Pinus Per Kg | Stimulan Getah Pinus | Harga Getah Pinus 2017 | Obat Pohon Pinus | Laporan Penyadapan Getah Pinus | KPH Kedu Selatan | 

No comments:
Write comments

Join Our Newsletter