Tuesday, December 5, 2017

10 Cara Hemat Anak Kosan Saat Ini

10 Trik Cara Hemat Anak Kosan. Anak kosan memang mempunyai kisah tersendiri yang kadang menyimpan keseruan maupun kepedihan. 

Keseruan datang ketika uang bulanan datang, namun kepedihan datang ketika akhir bulan dimana dompet menipis. 

Tapi sebenarnya jika anak kosan pandai mengatur keuangan atau punya trik agar uangnya bisa sampai di akhir bulan bahkan punya uang tabungan mereka bisa jumawa setiap saat.


Cara Hemat Anak Kosan
Masak Sendiri Cara Hemat Anak Kosan 


Anak kosan mutlak menjadi penyetir uangnya sendiri, jadi kurang, lebih, maupun cukupnya tergantung ia mengendalikannya. Tak jarang anak kosan bisa menabungkan uangnya untuk jajan dan jalan-jalan serta beli buku namun ada banyak juga yang uang bulanan habis entah kamana tak bersisa dan tak berbekas.

Nah, sebenarnya bagaimana sih trik hemat anak kosan? Bisa kah? Mudahkah? Berikut tim Majalah Lampung mencoba memberikan trik agar hemat yang bisa diterapkan untuk anda yang mungkin anak kosan.

TRIK 1. Masak Di Kosan

Makan adalah kebutuhan utama setiap manusia yang hidup di muka bumi ini. Untuk anak kosan tentu berbeda dengan sewaktu ia tinggal bersama orang tua. 

Ketika dirumah mau makan tinggal ke dapur atau ruang makan biasanya sudah ada sajian makanan. Tetapi berbeda ketika di kosan, mau makan kita mesti beli atau masak terlebih dahulu.

Cara Hemat Anak Kosan
Cara Hemat Anak Kosan 


Yang namanya perut memang kadang tidak bisa diajak kompromi, bagi anak kosan makan adalah kebutuhan terpenting yang wajib. 

Nah bagaimana cara mengiritnya? Sebenarnya cukup mudah, anak kosan mesti mau masak sendiri. Cukup masak nasi dengan magic com saja dan sayur serta lauknya beli. Kalaupun sayur dan lauknya masak sendiri maka akan semakin irit.

Secara matematis harga beras dan nasi berbeda, ketika anak kosan masak sendiri di kosan 1 kg beras bisa dimasak selama 3 sampai 4 hari bahkan bisa 7 hari (tergantung porsi makan). 

Harga 1 kg beras sekitar Rp 10.000, artinya Rp 10.000 bisa mengisi perut 3 sampai 7 hari. Untuk sayur dan lauknya hitung saja sehari Rp 10.000 (sayur dan lauk) untuk 3 kali makan.

Bandingkan dengan beli nasi diwarung makan, saat ini nasi dengan telur berkisar dari harga Rp 7.000 sampai 10.000, artinya jika sehari makan 3 kali maka bisa menhabiskan Rp. 30.000.

Itu baru dengan menu telur ayam, jika menggunakan ayam atau ikan maka harganya akan lebih tinggi.

Dari hitungan di atas, tentu anak kosan bisa menyimpulkan mana yang lebih irit? 

Masak dikosan atau makan diwarung? 

Nilai lebih dari masak dikosan tentu bisa makan kapan saja karena nasi sudah siap siaga disantap.

TRIK 2. Nyuci sendiri 

Saat ini memang kemudahan membuat banyak orang terlena, juga dengan para anak kosan. Adanya loundry di banyak sekitar kos-kosan mendukung mereka untuk malas mencuci pakaian sendiri. 

Padahal ada uang bulanan yang akan dikeluarkan untuk membayar jasa loundry. Saat ini harga jasa loundry per kg berkisar antara Rp/ 5.000. 

Jika dalam sebulan cucian anak kosan 10 kg maka biaya yang dikeluarkan sebesar 50.000. 

Bandingkan jika mencuci pakain sendiri, harga detergen per bungkus Rp 1.000 rupaih plus pewangi 1.000, jika dalam sebulan anak kosan mencuci 5 kali maka biaya yang dikeluarkan sebesar Rp. 10.000 saja. 

Perbandingannya cukup jauh kan!


Nyuci Baju

TRIK 3. Jangan Beli Pakai Gengsi

Nah, inilah yang kadang sering diabaikan oleh anak kosan. Tekadang hanya untuk gensi-gengsian, anak kosan rela membeli barang-barang atau perlengkapan di tempat yang ternama sehingga harganya jadi melejit alias lebih mahal. 

Padahal di tempat lain yang tokonya “gk ternama” harganya jauh lebih murah dengan kualitas yang sama atau tak jauh beda. 

Anak kosan mesti ingat kata-kata bijak yang sering muncul yakni “gak perlu mewah untuk kelihatan gagah”. Jangan nurutin gengsi, ada hal penting lain yang harus anak kosan pentingkan.

TRIK 4. Hemat Kuota, Cari Spot Wifi

Saat ini kebutuhan akan paket data sangatlah besar dan terbilang penting. Sangking pentingnya sampai berlebihan, buka ini, itu, nonton ini, itu dan lainnya. 

Nah, kalau anak kosan tidak bisa mengurangi pemakaian yang berlebihan, anak kosan mesti memanfaatkan spot wifi gratis di sekitar. Dengan begitu uang untuk membeli kuota bisa lebih ditekan lagi.


TRIK 5. Makan Saat Lapar Perut Jangan Lapar Mata


Apa maksud dari trik kelima ini? Jadi begini, terkadang anak kosan membeli makan saat rasa ingin bukan rasa lapar. Hal ini sering juga terjadi bukan pada makanan namun pada barang. 

Contoh, Si A membeli tas karena ia ingin tasnya, bukan karena ia tidak punya tas. Jadi pada prinsipnya adalah penuhi kebutuhanmu kalau mau irit, tapi kalau kamu memenuhi keinginanmu bisanya kamu akan jadi anak kosan yang boros.

TRIK 6. Pilih Kosan Yang Strategis

Trik keenam ini berpangaruh terhadap trik ke 1 sampai 4 loh. Strategi memilih kosan juga penting untuk anak kosan. Sebelum kamu menyewa kosan, pastikan kondisi sekitarnya mendukungmu untuk irit. 

Coba banyangkan jika di sekitar kosanmu hanya ada tempat makan cepat saji yang harganya tinggi, dompetmu bakal cepat tipis kan! 

Usahakan memilih kosan yang berdekatan dengan tempat makan murah, tempat wifi gratis dan yang paling utama dekat dengan tempat anak kosan kerja, kuliah atau sekolah.

Syukur-sykur kalau kamu jadi anak kosan yang kosannya ada wifi gratis, harganya murah, dekat kantor/kampus/sekolah, dan dekat tempat-tempat makan murah. 

Jadi usahakan untuk memilih kosan yang strategis sebelum kamu menyewa. Ubek-ubek daerah sekitar dan coba googling di internet.


TRIK 7. Simpan Uang Bulanan


Menabung memang menjadi hal yang berat untuk anak kosan, tapi tidak mustahil dilakukan loh. Nah, bagaimana triknya? 

Cukup mudah, sisipkan 30% uang bulanan dari orang tuamu untuk ditabung. Jika belum sangat urgent, jangan gunakan uang itu tapi kalau memang medesak dan sangat-sangat penting maka bisa kamu gunakan di akhir bulan.


Cara Hemat Anak Kosan
Menabung

TRIK 8. Kendaraan Untuk Jalan, Bukan Untuk Jalan-Jalan

Jika anak kosan membawa kendaraan maka sudah pasti ia mengeluarkan biaya untuk membeli bahan bakar. 

Semakin sering digunakan maka semakin banyak bahan bakar yang digunakan. Jika digunakan seperlunya hanya untuk pulang pergi atau keperluan penting maka anaka kosan bisa hemat, tetapi kalau untuk jalan-jalan maka akan ada biaya lebih untuk beli bahan bakar.

TRIK 9. Coba Cari Tambahan Uang 

Sebenarnya ada beberapa pekerjaan yang bisa dilakukan oleh anak kosan yang sedang kuliah atau sekolah. 

Apa saja? 

Berikut ini adalah pembahasannya: syukur-syukur jika bisa menambah uang jajan dan siapa tau bisa mengurangi biaya kiriman orang tua sehingga bebannya berkurang.

Hidup di perantauan ala anak kosan memang menuntut untuk mandiri dan pandai mengatur keuangan.  Supaya uang saku anak kosan yang terima di awal bulan cukup, tentu anak kosan mesti bisa irit. 

Irit tidak mesti harus sengsara loh, jika pintar main trik dan seni berhemat anak kosan bisa tetep hidup gagah sambil menabung dan menyelesaikan apa yang menjadi tanggung jawabnya dan yang terpenting tidak meguras uang orang tuanya.

Kehidupan anak kosan di perantauan memang membutuhkan tingkat survive yang tinggi. Keterbatsan kadang sering menerpa, jadi meski pandai menontrol diri. 

Tetapi kadang juga anak kosan yang uang bulannanya lancar pun sering tidak bisa mengontrol nafsunya. Semoga dengan adanya 10 Trik Cara Hemat Anak Kosan Saat Ini bisa membantu anda yang anak kosan untuk hidup hemat, terimakasih.

Hastag: Cara Mengatur Keuangan Bulanan Anak Kos | Cara Menabung Ala Anak Kost | Contoh Daftar Belanja Bulanan Anak Kos | Cara Hidup Anak Kost Yang Baik | Tabel Pengeluaran Anak Kost | Cara Mengatur Keuangan Mahasiswa Kos | Contoh Anggaran Anak Kos | Cara Hemat Hidup Ngekos |
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter