Tuesday, December 5, 2017

2 Manfaat Damar Mata Kucing Secara Umum

Majalah Lampung. Manfaat Damar Mata Kucing Secara Umum. Damar mata kucing merupakan salah satu pohon yang di beberapa wilayah telah dibudidayakan untuk diambil resin dan kayu nya.

Pohon dengan nama ilmiah Shorea javanica ini memliki banyak nama daerah atau sebutan lain diataranta Damar Puteh (Aceh), Damar sibosa-sibosa (Tapanuli), Damar Saga (Sumatera Barat), Damar Mata Kucing (Sumsel dan Lampung), Damar Kaca (Bengkulu) dan Pelalar (Jawa). 

Sebenarnya selain resin, damar mata kucing juga bisa diambil batangnya untuk bahan bangunan, biasanya orang lebih mengenal kayu merenati. 

Resin damar merupakan salah satu komoditi yang menjadi incaran sejak jaman kolonial belanda. Untuk lebih mengenal pohon yang umur panen nya menunggu lama ini berikiut adalah klasifikasinya

Gambar Pohon Damar


Klasifikasi 
Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Superdivisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Subkelas: Dilleniidae
Ordo: Theales
Famili: Dipterocarpaceae
Genus: Shorea
Spesies: Shorea javanica K. & V

Pohon damar mata kucing mempunyai manfaat dan fungsi baik yang dapat dirasakan secara langsung maupun tidak langsung. Baik untuk manusia maupun mahkluk hidup laiinya. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat dari pohon damar mata kucing secara garis besarnya.

1. Manfaat Pohon Damar Secara Ekologi

Budidaya pohon menghasilkan dampak positif bagi lingkungan. Pohon dapat menyerap karbondioksida dan juga menyediakan oksigen bagi manusia. 

Keberadaan pohon juga dapat mengurangi run off sehingga potensi erosi  dan longsor bisa terminimalisir.

Manfaat juga bisa berdampak pada perbaikan struktur tanah pada lokasi penanaman pohon. Pohon  damar dapat menyediakan unsur hara tambahan dari ranting maupun daunnya yang gugur serta batangnya yang telah lapuk.

Vegetasi pohon damar juga membantu mengurangi pemanasan global. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa efek rumah kaca dan industri berdampak pada memanasnya suhu bumi. 

Salah satu upaya untuk mengatasi ini dengan cara menurunkan suhu rata-rata bumi melalui pengurangan penggunaan rumah kaca serta perbanyak menanam pepohonan.

Pohon damar juga dapat menyediakan habitat bagi satwa-satwa yang tingal disekitarnya. Contoh satwa burung yang dapat membuat sangkar di pohon. 

Satwa-satwa lain seperti primata juga dapat menjadikan pohon damar sebagai ruang mereka. Serangga-serangga kecil juga banyak yang menjadikan pohon damar sebagai habitat.

2. Manfaat Pohon Damar Secara Ekonomi


Resin yang dihasilkan dari pohon damar digunakan untuk industri cat, vernis, linoleum, juga dalam industri farmasi, kosmetika, serta bahan aditif pangan. 

Harga resin damar pun terbilang cukup tinggi di pasaran yaitu di kisaran Rp 20.000 sampai Rp.30.000 (saat ini bisa lebih atau kurang).


Gambar Resin Damar

Selain untuk keperluan diatas, pohon damar juga menghasilkan kayu yang cukup diminati. Pohon damar mata-kucing menghasilkan kayu ringan yang tergolong meranti putih. 

Warnanya putih kekuningan ketika masih segar, menjadi kecoklatan bila mengering. Seratnya berpadu, dan teksturnya kasar sedang namun merata, kira-kira seperti itulah kayu yang dihasilkan.

Kayu damar biasa digunakan untuk kusen pintu dan jendela; panil-panil kayu untuk atap, dinding, dan lantai; mebel; pembuatan perahu; tubuh kendaraan; serta berbagai peralatan. Kayunya juga baik  untuk pembuatan venir kayu, kayu lapis, dan bubur kayu.

Dari hasil pohon damar yaitu resin dan kayu tersebut tentu membantu perekonomian bagi masyarakat yang membudidayakannya. 

Apalagi jika dikelola secara optimal dan harganya sesuai serta pengelolaan yang bagus.

Salah satu contoh daerah yang berhasil dalam membudidayakan damar adalah di Kabupaten Pesisir Barat Provinsi Lampung. 

Dilansir dari WWF yang mengulas data dari Badan pendapatan daerah pesisir barat bahwa 80 persen dari pendapatan rata-rata perkapita masyarakat Pesisir Krui, berasal dari produksi resin damar dengan PDB 14,5 milyar rupiah. 

Selain itu, damar sebagai produk komoditi yang diekspor juga menjadi sumber devisa bagi negara. Angka tersebut bukanlah angka yang kecil.

Sebenarnya masih banyak manfaat lain dari pohon damar mata kucing. Namun itulah 2 manfaat pohon damar mata kucing secara umum. 

Semoga keberadaan pohon damar tetap lestari dan semakin memberikan manfaat positif baik bagi ekologi maupun ekonomi.
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter