Monday, December 18, 2017

23 Tempat Wisata Di Lampung Timur Yang Wajib Dikunjungi

Majalah Lampung - Tempat wisata di Lampung Timur. Kabupaten Lampung Timur adalah salah satu kabupaten di Provinsi Lampung yang banyak memiliki potensi wisata.  Kabupaten ini memiliki total luas wilayah 5.325,03 km² dan berpenduduk sebesar 1.008.797 jiwa (Statistik 2015 oleh Wikipedia).

Tempat Wisata Di Lampung Timur
Peta destinasi wisata Lampung Timur

Pada kesempatan Festival Way Wambas tim Majalah Lampung diundang oleh Diskominfo Lamtim untuk bergabung dalam acara Festival tahunan yang terbilang megah ini. 

Salah seorang tim bergabung bersama rombongan Tapis Blogger dan Genpi Lampung untuk melakukan jejak petuang di Way Kambas.

Dalam acara tersebut dibagikan peta lokasi poensi wisata yang ada di Lampung Timur. Peta tersebut memuat daftar 10 potensi wisata yang memuat titik kordinat berdasarkan letak geografisnya beserta gambar dan alamatnya. Berikut adalah daftranya

1. Taman Nasional Way Kambas TNWK
Alamat TNWK terletak di Desa Labuhan Ratu Lama Lampung Timur. Tentu nama TNWK sudah banyak terdengar oleh masyarakat. 

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa TNWK adalah kawasan taman nasional yang didalamnya terdapat mamalia raksasa yaitu gajah (Elephas Maximus). Selain itu juga saat ini TNWK sedang berkonsentrasi untuk melestarikan Badak.


Tempat Wisata Di Lampung Timur
Wawan Setiawan Majalah Lampung

Di TNWK sendiri terdapat beberapa spot untuk berwisata yaitu Pusat Konservasi Gajah (PKG), Way Kanan Resort dan atraksi gajah.  Salah satu tempat yang sangat bagus untuk hunting adalah di PKG. Di sore hari sunset disini sangat indah. Ada juga rawa entok rimba yang didalamnya terdapat banyak entok rimba.

Ada juga beberapa desa penyangga yang juga patut untuk di kunjungi seperti Brajaharjo dan Desa Margahayu.

2. Danau Way Jepara
Alamat Danau Way Jepara terdapat di Desa Labuhan Ratu. Disini terdapat pemandangan danau nan cantik. Anda yang hobi memancing juga bisa menyalurkannya disini.

3. Pesanggerahan Curug
Alamat terletak di desa curup, mataram baru. Di tempat ini wisatawan dapat melakukan pemancingan dan juga ada pesanggerahan.

4. Pantai Muara Gading Mas
Pantai ini beralamat di Desa Muara Gading Mas. Aktivitas wisata yang bisa dilakukan adalah ekowisata mangrove, wisata bahari dan juga melihat kampung nelayan.

Foto Ist

5. Desa Tradisional Wana
Di desa ini terdapat rumah adat Lampung yang masih lestari sampai saat ini. Anda bisa menyaksikan tari budaya dan peninggalan budaya Lampung di Desa Wana Melinting.

6. DAM Negara Batin
Alamat di Desa Sukadana Timur. Objek Wisata disini yaitu wisata tirta, pemancingan dan outbound.

7. Museum Budaya
Museum di Lampung Timur bernama museum budaya. Didalamnya terdapat peninggalan sejarah dan budaya. Anda yang gemar dengan sejarah masa lampau bisa mengunjungi museum ini.

8. BBIH Pekalongan
Jika pergi ke Kota Metro atau ke Lampung Timur melewati Jalan Lintas Timur anda akan melewati tempat penjualan bibit buah maupun bunga di Pekalongan.  Anda bisa membeli oleh-oleh berbentuk bibit pohon atau bunga hias. Selain itu yang anda yang ingin membeli untuk pertanian dan perkebunan pun ada.

Harga bibit di BBIH (Buah-buahan Induk, Benih, Pemanenan Buah) ini tergolong murah. Bibit buah mangga, alpukat, kelengkeng, rambutan, durian dan lainnya dibuka dengan harga Rp.10.000 (sesuai dengan besar dan kualutasnya).

9. DAM Beringin Indah
DAM atau bendungan ini baru-baru ini menjadi pusat perhatian setelah Bupati Lampung Timur mulai memperbaiki tempat ini sebagai kawasan wisata.  DAM ini terletak di Desa Negara Nabung. Spot ini cocok untuk berwisata bersama keluarga.

10. Taman Purbakala Pugung Raharjo
Salah satu Taman Purbakala yang ada di Lampung adalah Taman Purbakala Pugung Raharjo. Tempat wisata ini sudah cukup terkenal. Bahakan pernah dijadikan salah satu cover sebuah novel. Alamat situs ini di Desa Pugung Raharjo Kecamatan Sekampung Udik.

Foto Google

Itulah 10 potensi yang dicantumkan dalam peta info pada saat itu. Sebenarnya masih ada banyak sekali tempat wisata yang ada di Lampung Timur yang wajib untuk dikunjungi para pecinta wisata. Dibawah ini merupakan daftar lanjutannya versi kami.

11. Ekowisata Desa Margasari
Di Lampung terdapat lokasi yang dijadikan Lampung Mangrove Center (LMC) letaknya di Desa Margasari Kecamatan Labuhan Maringgai. Disini juga ada ekowisata yang dikelola oleh masyarakat desa melalui kelompok-kelompok masyarakat. 

Beberapa kegiatan ekowisata yaitu berperahu mengelilingi hutan mangrove, aktivitas birdwatching dan menanam mangrove.

Tempat Wisata Di Lampung Timur
Burung Kuntul (Foto Puja Angriana Majalah Lampung)

Disini juga recomended untuk yang hobi fotografi, tepatnya di area tambak milik masyarakat.  Ada ribuan Burung Kuntul yang setiap hari berlalu lalang di sekitar hutanmangrove (Bakau) dan tambak. Jika musim panen udang, maka burung tersebut bergerombolan datang kearah tambak.

12. Desa Brajaharjosari
Desa wisata ini berbatasan langsung dengan kawasan TNWK. Wisata disini yaitu berpetualang ke area TNWK, mengunjungi pengrajin tungku masak, pasar tradisional, wisata berkuda dan berkunjung ke rumah salah seorang pelestari adat Bali.

13. Camp ERU Dusun Margahayu
Camp ERU atau Elephant Respont Unit adalah sebuah camp yang berisi gajah dan pawang gajah yang berfungsi sebagai penanganan konflik gajah dengan manusia. 

Warga Dusun Margahayu melalui POKDARWIS (kelompok sadar wisata) membuat sebuah paket wisata ke camp ini.

Tempat Wisata Di Lampung Timur
Kebersamaan saat kunjungan Jejak Petulanag Way Kambas

Nantinya pengunjung dapat mengunjungi sekaligus memandikan gajah yang ada di camp.  Selain itu pengunjung akan diajak menyusuri pinggiran hutan primer TNWK dan melihat pembuatan tiwul serta menyantap makanan khas tradisonl.

14. Pantai Cemara
Pantai Cemara letaknya berada di Desa Bandar Negari, Kecamatan Labuhan Maringgai. Pantai ini menyajikan wisata bahari berupa hamparan pantai.

15.Waterboom Tirta Kencana 
Waterboom ini terletak Desa Srimenanti, Kecamatan Bandar Sribawono. Tempat ini cocok untuk liburan bersama keluarga. Letaknya yang berada di dekat JL Lintas Sumatera menjadikan akses ke Waterboom ini mudah dijangkau.

Foto Ist

16. Ekowisata Mangrove Purworejo
Desa ekowisata mangrove Lampung ini terletak di Desa Purworejo Kecamatan Pasir Sakti. Disini terdapat wisata mangrove walk. Tempat ini juga sering dijadikan lokasi penelitian oleh mahasiswa baik dari Lampung maupun dari provinsi lainnya.

17. Wisata Mangrove Sriminosari
Di tempat ini menyajikan pemandangan laut dan juga mangrove. Saat ini juga sudah di sedikan gajebo yang menambah nyaman pengunjung. 

Wisata mangrove Sriminosari terletak di Kecamatan Labuhan Ratu. Bersebelahan dengan Desa Margasari. Saat hari-hari libur tempat ini sangat ramai oleh para wisatawan.


18. Wisata Goa Pandan 
Wisata Goa Pandan yang terletak di Desa Girimulyo, Kecamatan Marga Sekampung, Kabupaten Lampung Timur. Wisata goa ini menjadi populer akhir-akhir ini.

Sumber foto: http://www.razonewane.com

19. Wisata Batu Tanjung Bintang
Disini terdapat batu besar yang sangat fofogenik. Wisat Taman Batu Granit Tanjung Bintang menjadi pilihan lokasi wisata para pecandu foto. Pemandangan dari atas batu juga cukup indah.

Pengunjung di Taman Batu Granit Tanjung Bintang Sedang Berpose | Foto: Istimewa

20. Kolam Renang Pitaloka Lampung Timur
Kolam renang ini tak jauh dari Kota Metro. Umumnya pengunjung yang datang dari Metro dan beberapa daerah Lampung Tengah.

21. Pantai Kuala Penet
Pantai ini sangat fotogenik, anda yang ingin berwisata kesini juga bisa membeli oleh-oleh udang dari tambak masyarakat yang panen.

22. Islamic Center Sukadana
Fungsi utamanya adalah tempat ibadah. Disini juga cocok untuk wisata religi dan pendidikan agama. Bangunan masjid sangat megah dan di depan ada taman yang indah.

Sumber foto: @pramramon

23. Sumur Tujuh
Alamatnya berada di Desa Sukaraja Kecamatan Marga Tiga. Lokasi wisata Tuju Sumur ini sangat mudah dijangkau, yaitu  berjarak 22 Km dari komplek perkantoran Pemkab Lampung Timur dengan waktu tempuh sekitar setengah jam.

Nah itulah daftar 23 tempat wisata di Lampung Timur yang menarik dan bisa menjadi destinasi anda.  Akses ke Kabupaten ini cukup baik, dari pusat ibu Kota Bandar Lampung pun hanya sekitar 2 sampai 3 jam. Selamat berkunjung.
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter