Sunday, December 10, 2017

3 Fase Penyembuhan Luka

Fase Penyembuhan Luka. Assalamualaikum. Tabik Pun. Kali ini kita akan membahas mengenai fase fase pada penyembuhan luka. 

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa luka didefinisikan sebagai hilangnya atau rusaknya sebagian jaringan tubuh. 

Banyak hal yang bisa menyebabkan terluka diataranya trauma benda tajam dan tumpul, terkena zat kimia, adanya perubahan suhu, sengatan aliran listrik, benturan, gesekan dan masih banyak lainnya.


Fase Penyembuhan Luka
Fase Penyembuhan Luka


Luka biasanya diidentikan dengan rasa sakit yang ditimbulkan. Rusaknya jaringan sel memang berakibat pengiriman rasa sakit ke dalam otak kita. 

Mungkin kita pernah menangis akibat sakit dari luka pada masa kanak-kanak. Namun tak jarang juga rasa sakit akibat luka membuat menangis orang dewasa. 

Ketika terjadi luka maka beberapa efek yang akan muncul diantaranya: Hilang sebagian atau seluruh organ; Perdarahan dan pembekuan darah; Adanya Respon stres simpatis; Adanya Kontaminasi bakteri; Kematian sel-sel tubuh yang mengalami luka.

Saat luka, sebenarnya tubuh kita telah di desain oleh sang pencipta untuk melakukan proses penyembuhan secara alami. 

Contohnya pengiriman sel darah putih ke area luka dan percepatan pembekuan darah. Ketika kita luka, Lalu sebenarnya ada berapa fase penyembuhan luka yang terjadi sih ?  berikut adalah penjelasan singkatnya:

1. Fase Atau Tahap Inflamasi

Pada tahap atau fase ini pembuluh darah yang mengalami putus pada luka mengalami pendarahan lalu tubuh dalam akan berusaha menghentikannya melalui cara vasokonstriksi, pengerutan ujung pembuluh dan juga reaksi hemostasis. Waktu fase ini sekitar kurang lebih lima hari.

2. Fase Atau Tahap Proliferasi

Dalam fase ini terjadi penguatan pada tepi-tepi organ yang mengalami luka. Di fase proliferasi ini serat dibentuk dan dihancurkan kembali untuk penyesuaian dengan tegangan di area luka yang cenderung mengerut nantinya. 

Proses berhenti setelah epitel saling menyentuh dan menutup seluruh permukaan luka tersebut. Setelah tertutupnya luka, maka akan terjadi fase berikutnya.

3. Fase Atau Tahap Penyudahan

Selanjutnya fase terakhir, pada fase penyudahan ini berujung pada pembentukan rupa organ baru setelah mengalami luka. 

Namun sebelumnya ada proses pematangan berupa penyerapan jaringan, pengerutan hingga akhirnya perupaan jaringan organ kembali. 

Fase ini berlangsung cukup lama tergantung luka dan faktor lain. Adapun faktor yang mempengaruhi penyembuhan luka diatarnya:

Usia si penderita luka: Secara medis anak-anak dan orang dewasa memiliki kemampuan penyembuhannya lebih cepat dari pada orang tua.

Konsumsi Nutrisi: Beberapa nutrisi yang dapat mempercepat penyembuhan luka antara lain makanan yang kaya protein, karbohidrat, lemak, vitamin C dan A, dan mineral seperti Fe, Zn.

Terkena Infeksi: Infeksi luka akan menghambat proses penyembuhan pada luka yang diderita oleh seseorang. Infeksi bersumber dari adanya bakteri pada luka atau pun benda disekitar yang terdapat bakteri.

Selain itu ada juga faktor lain seperti oksigenasi, hematoma, iskemia, diabetes, keadaan luka serta obat.

Nah, itulah fase penyembuhan luka yang terjadi pada tubuh, perlu diperhatikan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi penyembuhan tersebut dapat mempengaruhi kecepatan kesembuhan seseorang dari luka yang dideritanya.
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter