Wednesday, December 13, 2017

6 Jurnal Penelitian Kehutanan

Majalah Lampung. Jurnal Penelitian Kehutanan. Jurnal merupakan suatu kutipan dari dalam sebuah laporan suatu kajian atau kegiatan. 

Di dalam jurnal terdapat point-point penting dari laporan tersebut. Topik jurnal mencakup berbagai bidang, salah satunya bidang kehutanan. 

Kehutanan merupakan suatu kepengurusan yang bersangkut paut dengan hutan, kawasan hutan dan hasil hutan yang diselenggarakan secara terpadu.

Di Indonesia terdapat beberapa jurnal kehutanan baik jurnal kehutanan terakreditasi maupun yang belum terakreditasi. 

Publikasi melalui jurnal dapat memberikan informasi mengenai hasil riset atau suatu kajian yang nantinya dapat memberikan suatu ilmu pengetahuan.

Di beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki fakultas atau jurusan kehutanan mahasiswa s1 mereka diwajibkan untuk membuat sebuah jurnal. 

Hasil penelitian mereka dalam skrispi di tulis ringkas lalu diterbitkan dalam jurnal yang ada di kampusnya maupun jurnal-jurnal di luar kampus bahkan luar negeri. Berikut adalah contoh jurnal-jurnal kehutanan.

1. Jurnal Penelitian Kehutanan Wallacea (JPK Wallacea)

Jurnal ini adalah publikasi ilmiah hasil penelitian bidang kehutanan.  Jurnal JPK Wallacea diterbitkan oleh Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Makassar. 

Penerbitan JPK Wallacea dilakukan dua kali setahun (April dan Agustus). Jurnal ini telah mendapat akreditasi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia pada tanggal 07 Oktober 2013 dengan Akreditasi No. 561/Akred/P2MI-LIPI/09/2013.


Jurnal Penelitian Kehutanan


Publikasi ilmiah meliputi: silvikultur, konservasi sumberdaya hutan, perlindungan hutan, biometrika hutan, keteknikan dan pemanenan hutan, pengolahan hasil hutan, hasil hutan bukan kayu, ekonomi kehutanan, dan sosiologi kehutanan.


2. Jurnal Penelitian Kehutanan Sumatrana 


Jurnal ini adalah publikasi ilmiah yang memuat hasil-hasil penelitian bidang kehutanan. Meliputi aspek konservasi, perlindungan hutan, silvikultur, teknolooi dan bahan baku, biometrika, sosial ekonimi dan kebijakan kehutanan. Jurnal ini diterbitkan oleh balai penelitian dan pengembangan lingkungan hidup Palembang.


Jurnal Penelitian Kehutanan



3. Jurnal Menejemen Hutan Tropik


Jurnal Manajemen Hutan Tropika adalah artikel ilmiah berkala dan pemikiran konseptual pengelolaan hutan tropis yang mencakup semua aspek perencanaan kehutanan, kebijakan kehutanan, pemanfaatan sumber daya hutan, ergonomi hutan, ekologi hutan, inventarisasi hutan, silvikultur, dan pengelolaan ekosistem regional.

Jurnal ini merupakan publikasi dari perguruan tinggi di Bogor yaitu Institut Pertanian Bogor (IPB).


Jurnal Penelitian Kehutanan

4. Jurnal Sylva Lestari 

Jurnal Sylva Lestari (Journal of Sustainable Forest) menerbitkan artikel penelitian asli yang berkaitan dengan semua aspek kehutanan dan lingkungan. 

Jurnal ini merupakan media untuk menyebarkan penelitian teoritis dan eksperimental asli, serta ulasan teknis.  Jurnal Sylva Lestari diterbitkan oleh Jurusan Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung.

Jurnal Penelitian Kehutanan

5. Jurnal Ilmu Kehutanan  Forest And Society

Jurnal Ilmu Kehutanan / Jurnal Ilmu Hutan diterbitkan dua kali setahun (Januari-Maret dan Juli-September) oleh Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM). 

Jurnal ini sebagai media untuk mengkomunikasikan dan memotivasi kegiatan penelitian, menerbitkan artikel penelitian, komunikasi singkat, dan ulasan di berbagai aspek kehutanan.

6. Jurnal Hutan Lestari

Jurnal ini adalah salah satu jurnal penelitian kehutanan yang diterbitkakn oleh fakultas kehutanan Universitas Tanjungpura (UNTAN)

Jurnal Penelitian Kehutanan

Nah, itulah referensi jurnal-jurnal terkait atau tentang kehutanan. Semoga daftar 6 jurnal penelitian kehutanan tersebut dapat menjadi bahan rujukan bacaan anda. 

Dan juga untuk yang ingin mempublikasikan jurnal. Untuk membacanya anda cukup mengunduh di masing-masing laman resmi jurnal-jurnal diatas. 

Sedangkan untuk anda yang ingin submit silahkan masuk ke laman lalu membaca cara dan ketentuan serta syarat yang ada di masing- masing penerbitan jurnal tersebut.

No comments:
Write comments

Join Our Newsletter