Friday, December 8, 2017

8 Cara Melestarikan Sumberdaya Alam dengan Bijak

Majalah Lampung. Cara Melestarikan Sumberdaya Alam. Sumber daya alam sepertinya adalah kata yang sering kita dengar sejak dulu. Sejak awal masuk dunia pendidikan kita sudah dikenalkan mengenai apa itu sumber daya alam.  

Sumber daya alam (biasa disingkat SDA) adalah segala sesuatu yang berasal dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup. 

Biasanya sumberdaya alam dibedakan menjadi sumberdaya alam yang bisa diperbaharui dan yang tidak bisa diperbaharui.

Di dalam sumbedaya alam tersebut terdapat 2 komponen yaitu komponen biotik dan abiotik. 

Contoh komponen biotik antara lain tumbuhan, hewan dan mikroorganisme sedangkan abiotik yaitu tanah, batu dan air serta lainnya yang tidak bernyawa.

Salah satu sumberdaya alam berupa air

Cara Melestarikan Sumberdaya Alam


Keberadaan sumberdaya alam sangatlah penting bagi kehidupan manusia. Coba sekarang kita hitung benda, bahan atau alat yang ada disekitar kita. 

Hampir semua diolah dari sumberdaya baik itu yang bisa diperbaharui dan yang tidak bisa diperbaharui.

Nasi dan beberapa makanan yang kita konsumsi berasal dari sumberdaya alam yang bisa diperbaharui. 

Namun ada beberapa benda yang kita pakai dan tidak bisa diperbaharui contohnya batubara. Batubara saat ini menjadi salah satu sumberdaya untuk membankitkan tenaga listrik ke rumah-rumah. 

Bahan bakar kendaraan seperti bensin (premium), pertalite, pertamak dan gas bumi adalah contoh sumberdaya alam yang pokok dan tidak bisa diperbaharui. 

Sumberdaya alam yang ada dibumi  dapat dikelompokan menjadi 5 unsur yakni
  • Atmosfer: merupakan lapisan udara yang mengelilingi bumi
  • Hidrosfer: merupakan lapisan di bumi berupa ekosistem
  • Litosfer: merupakan batuan yang menyusun lapisan bumi 
  • Biosfer: merupakan kehidupan di bumi yang terdiri dari tumbuhan dan binatang
  • Antrofosfer:  yaitu manusia yang hidup
Ke lima komponen tersebut saling berkaitan. Contohnya manusia yang menggunakan udara untuk bernafas dan membutuhkan makanan serta sumber-sumber energi seperti mineral makro lainnya. Kebutuhan tersebut di dapat dari 4 komponen diatas.

Nah, untuk mejamin ketersediaan keberadaan sumberdaya alam maka manusia mesti bijak dalam menggunakannya. 

Selain menggunakan tentu juga manusia mempunyai tugas untuk melestarikannya, agar ketersediaanya terjamin di masa sekarang dan di masa yang akan datang. 

Bagaimana cara melestarikan sumberdaya alam? Berikut adalah contoh-contoh kegiatan pelestarian sumberdaya alam.

1. Inovasi dari Energi Alternatif yang Tidak Habis 

Beberapa negara maju telah menggunakan sumberdaya alam yang tidak habis seperti energi matahari, angin, panas bumi menjadi energi listrik. 

Inovasi tersebut merupakan salah satu cara menjaga sumberdaya alam yang tidak dapat diperbaharui seperti batubara dan minyak.


Salah satu pemanfatan tenaga air menjadi alternatif

2. Menggunakan Sumberdaya dengan Bijak

Semakin hari dapat dipastikan suatu sumberdaya alam yang tidak dapat diperbaharui semakin berkurang. Beberapa sumberdaya tersebut semestinya kita gunakan dengan bijak dengan tidak berlebihan.  

Matikan aliran lsitrik jika sudah tidak digunakan, hemat bahan bakar kendaraan dengan beralih kendaraan umum. 

Sumberdaya yang bisa diperbaharui pun mesti bijak dalam menggunakannya. Contoh adalah kertas, meskipun pohon bisa ditanam lagi tetapi butuh waktu untuk menunggunya panen.

3. Daur Ulang

Beberapa bahan yang habis pakai biasanya dapat digunakan lagi dengan mendaur ulang. Contohnya limbah-limbah organik yang dapat dijadikan pupuk. 

Bahkan bungkus sisa makanan yang terbuat dari plastik pun dapat dimanfaatkan menjadi aneka kreasi hiasan atau benda lainnya. 

Banyak juga saat ini barang yang bernilai dengan bahan dasar barang bekas seperti lemari, furniture, tas, dan lainnya.

Daur ulang dapat mengurangi ketergantungan terhdap bahan baku utama yang alsi. Selain itu juga mengurangi jumlah sampah atau barang bekas yang dapat berdampak negatif. Apalagi barang bekas yang susah didaur ulang.

4. Buang Sampah pada Tempatnya

Sampah berserakan di berbagai tempat dapat membuat sumberdaya alam mengalami kontaminasi. Contohnya air sungai dan air sumur yang dapat kotor akibat adanya sampah yang dibuang ke sungai.

Sampah juga dapat mempengaruhi kualitas udara karena adanya bau yang ditimbulkan. Kesuburan tanah juga dapat terpengaruh oleh sampah.


5. Pengawetan Sumberdaya Alam


Beberapa sumberdaya yang bisa diawetkan mampu memberikan tabungan di masa depan. Contohnya kayu, benih atau bibit tanaman, olahan makanan yang diawetkan, air kemasan dan sumbedaya lainnya.

6. Mengolah Limbah 

Limbah-limbah sisa industri menyebabkan banyak dampak negatif. Jika tidak diolah secara benar maka limbah ini dapat merusak lingkungan. 

Lingkungan yang tercemar seperti tanah dan air serta udara yang bisa mengandung bahan kimia. Itu juga nantinya berdampak pada tumbuhan dan mahluk hidup disekitarnya yang akan terkontaminasi.

7. Upaya Konservasi Hutan dan Daerah Aliran Sungai serta Kawasan Pesisir


Hutan merupakan kawasan yang memiliki fungsi sebagai penyangga kehidupan. Hutan mampu menyimpan air, menjaga kesuburan tanah dan juga penyedia udara. 

Kawasan lain yang mesti di konservasi adalah daerah aliran sungai dan kawasan pesisir pantai, keduanya sebagai kawasan penyangga.

8. Mengajak Masyarakat untuk Berpartisipasi Melestarikan Sumberdaya Alam

Alam merupakan anugerah dari tuhan untuk kita, kebesaran tuhanlah yang menyediakan bahan untuk hidup kita. 

Mengajak untuk yang kebaikan merupakan hal positif, salah satunya mengajak masyarakat untuk menjaga melestarikan Sumberdaya Alam.

Nah, itulah 8 cara melestarikan sumberdaya alam. Semoga SDA kita di bumi tetap aman atau lestari. Anugerah dari tuhan ini mari dijaga bersama-sama. 

Semoga cara sederhana menurut kami ini dapat berguna untuk kita semua. Salam Lestari !
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter